Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI

Author


Fahmi Fahmi(1Mail), Muhammad Syabrina(2), Sulistyowati Sulistyowati(3), Saudah Saudah(4),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Palangaka Raya, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Palangaka Raya, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Palangaka Raya, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Palangaka Raya, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 284KB]

Published : 2020-09-14

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 2042 times PDF Downloaded: 3083 times

Abstract


Strategi guru merupakan unsur penting dalam proses pembelajaran. Mengenalkan konsep dasar literasi kepada anak usia dini sebagai bekal memasuki jenjang pendidikan selanjutnya, selain itu, anak juga dituntut paham tentang konsep literasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru untuk mengenalkan konsep dasar literasi di PAUD sebagai persiapan memasuki SD/MI, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penggunaan strategi dalam mengenalkan konsep dasar literasi di PAUD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, adapun tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan trianggulasi tehnik dan trianggulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukan bahwa guru menggunakan beberapa strategi untuk mengenalkan konsep dasar literasi diantaranya strategi belajar langsung atau melalui bermain, melibatkan anak dalam kegiatan pembelajaran, bermain peran, bercerita, atau mendongeng. adapun faktor yang mempengaruhui guru untuk menggunakan staregi dalam mengenalkan konsep dasar literasi ialah karateristik peserta didik yang berbeda, kemampuan anak masih rendah, tuntutan orang tua dan adanya prasyarat untuk masuk SD/MI.


Keywords


strategi guru; konsep dasar literasi

References


Andiyani, S. L. (2015). Penggunaan Media Balok Huruf Pada Kemampuan Mengenal Huruf Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 1(4).

Anitah, S. (2007). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Asiah, N. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 19. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2746

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya.

E.Mulyasa. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. In Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Vol. 3). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar Anak Usia Dini. In Jakarta: Depdiknas.

Hasanah, U. (2019). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291

Karima, R., & Kurniawati, F. (2020). Kegiatan Literasi Awal Orang Tua pada Anak Usia Dini. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 6980. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-06

Khirjan, N. dan D. Y. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah : Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan Abstrak. 4(1), 434441. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif,. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Drucker, K. T. (2012). PIRLS 2011 International Results in Reading. In TIMSS & PIRLS International Study Center. https://doi.org/10.1097/01.tp.0000399132.51747.71

Nuraeni, N. (2014). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143. https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i2.1069

Nurmadiah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 3(1), 128. https://doi.org/10.28944/afkar.v3i1.101

Permendikbud No. 137 Tahun 2014.

Rachmat, F. (2017). Kontribusi Permainan Konstruktivis (Media Balok) Dengan Peningkatan Kemampuan Kognitif. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 238251. https://doi.org/10.21009/jpud.112.04

Ruhaena, L. (2015). Model Multisensori: Solusi Stimulasi Literasi Anak Prasekolah. Jurnal Psikologi, 42(1), 47. https://doi.org/10.22146/jpsi.6942

Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332

Suriati, S., Kuraedah, S., Erdiyanti, E., & Anhusadar, L. O. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299

Susilowati, R. (2014). Strategi Belajar Out Door Bagi Anak PAUD. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 6582.

Theresia, A. sum dan T. E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315

Undang-Undang No 14 Tentang Guru dan Dosen, Pemerintah Indonesia (2005).

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003, Kemendikbud (2003).

Zati, V., D., A. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 1821. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/viewFile/11539/10110


Refbacks

  • There are currently no refbacks.