Hidden Curriculum Buku Pelajaran Sosiologi: Transfer Ideologi Antar Generasi

Authors

  • Anisatul Khanifah Sosiologi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Moh. Mudzakkir Sosiologi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6654

Keywords:

hidden curriculum, buku pelajaran sosiologi, anak usia dini.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hidden curriculum dalam buku pelajaran Sosiologi SMA dari era Megawati hingga Jokowi, serta mekanisme transfer ideologi dari siswa kepada anak usia dini. Dengan menggunakan analisis konten dan teori Reproduksi Ideologi Althusser, penelitian ini menemukan bahwa buku pelajaran Sosiologi mengarahkan siswa untuk memandang ketidaksetaraan sosial sebagai masalah individual, bukan struktural, serta menanamkan nilai nasionalisme dan multikulturalisme. Transfer ideologi ini berlangsung melalui learning continuum, di mana siswa SMA mentransfer nilai-nilai tersebut kepada anak-anak usia dini melalui interaksi sosial, yang memperkuat penerimaan terhadap hierarki sosial yang ada. Buku teks, meski memberikan ruang terbatas untuk kritik terhadap pemerintah, berfungsi tidak hanya sebagai sumber pengetahuan, tetapi juga sebagai alat untuk mempertahankan status quo sosial, ekonomi, dan politik yang ada. Penelitian ini merekomendasikan evaluasi kurikulum untuk mendorong pemikiran kritis, mengintegrasikan perspektif kritis, serta pemberdayaan siswa dalam mengkritisi ketidakadilan struktural.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhamduddin. (2016). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1, 43.

Althusser, L. (2007). Lenin and Philosophy, and Other Essays (Darmawan (Ed.); I). Resist Book.

Azizah, F. N. (2014). Analisis Struktural-Semiotik Roman La Vie Devant Soi Karya Romain Gary [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/13600

Azmi, S. (2023). Kajian Kurikulum dan Perkembangan Kurikulum di Indonesia (N. Fahriza (Ed.); I). PT. Literasi Nusantara Abdi Grup.

Capturing Ordinary Days: The Learning Continuum. (2024). Montessoriguide.Org. https://montessoriguide.org/the-learning-continuum

Depdiknas. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Ketentuan Pokok, Pengembangan Silabus, Penilaian Berbasis Kelas, Pengelolaan dan pelaksanaan KBK. Jakarta Pusat, 3804248(4), 1–30. Berbasis Kompetensi Juni 2002.pdfhttps://repositori.kemdikbud.go.id/9209/1/Kurikulum

Ebadi, S. H. (2013). Hidden Curriculum: An Apparent Challenge or an Unexplored Opportunity? International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 2(2), 52–67. https://doi.org/10.6007/ijarped/v2-i2/9784

Edi, S. (2018). Ideologi, Kekuasaan, Dan Pengaruhnya Pada Arah Sistem Pendidikan Nasional Indonesia (1950-1965). Journal of Indonesian History, 7(1), 19–34. https://journal.unnes.ac.id/sju/jih/article/view/25371

Elisanti, & Rostini, T. (2009). Sosiolgi untuk SMA/MA Kelas XI (KTSP) (T. Prabowo (Ed.); I). Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasonal.

Hakim, L. (2024). Human Development Index Dan Indeks Literasi. Ushuluddin.Ptiq.Ac.Id. https://ushuluddin.ptiq.ac.id/2024/11/25/human-development-index-dan-indeks-literasi/

Harosid, H. (2019). Kurikulum 2013 Revisi 2017. Scribd. Com, 5. https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/wp-content/uploads/sites/6/2018/09/GAMBARAN-UMUM-K13-REVISI-2017.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Wamendik.pdfhttps://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan

Khanifah, A., & Pribadi, F. (2022). Peran Aplikasi Ruang Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Saat Pandemi Covid-19. Joyful Learning Journal, 11(3), 92–99. https://doi.org/10.15294/JLJ.V11I3.52201

Laning, V. D. (2009a). Sosiologi untuk Kelas XI SMA/MA (KTSP) (M. M. Wari (Ed.)).

Laning, V. D. (2009b). Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X (KTSP) (M. M. Wari (Ed.)). Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasonal.

Mamduh, N., & Hidayat, R. (2019). Reproduksi Ideologi pada Buku Teks Sosiologi SMA Kurikulum 2006 dan 2013. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 1(2), 117–131. https://doi.org/10.52483/ijsed.v1i2.11

Markos, L. (2013). The Dangers of Egalitarianism in a Democracy. Theimaginativeconservative.Org. https://theimaginativeconservative.org/2013/03/the-dangers-of-egalitarianism-democracy.html

Maryani, I., & Dewi, F. (2018). Pelaksanaan Hidden Curriculum Pada Mata Pelajaran Pendidikan Al-Islam di Sekolah Dasar. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 8–15. https://media.neliti.com/media/publications/240831-pelaksanaan-hidden-curriculum-pada-mata-1161b1a6.pdf

Maryati, K., & Suryawati, J. (2013). Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X (Kurikulum 2013) (R. P. Sitepu & R. Sitompul (Eds.); I). Esis dan Erlangga.

Maryati, K., & Suryawati, J. (2014). Sosiologi untuk SMA/MA Kelas XI (Kurikulum 2013) (R. P. Sitepu & R. Sitompul (Eds.); I). Esis dan Erlangga.

Maryati, K., & Suryawati, J. (2015). Sosiologi untuk SMA/MA Kelas XII (Kurikulum 2013) (R. P. Sitepu & R. Sitompul (Eds.); I). Esis dan Erlangga.

Maryati, K., Suryawati, J., & Suminar, N. R. (2022). Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X (Kurikulum Merdeka) (M. Yulianti & R. Sitepu (Eds.); I). Erlangga.

Muis, A. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK , KTSP , dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1), 42–59. https://media.neliti.com/media/publications/458292-none-12a72879.pdf

Prasya, I. (2024). Apa itu Kurikulum 2013 Revisi? Perubahan dan Implementasinya. Studiliv.Com. https://studiliv.com/kurikulum-2013-revisi/

Pritchett, L., & Beatty, A. (2012). The Negative Consequences of Overambitious Curricula in Developing Countries. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2235869

Purwasih, J. H. G., & Pratiwi, S. S. (2021). Sosiologi untuk SMA/MA Kelas XI (Kurikulum Merdeka) (Supriyatno, E. O. M. Anwas, K. N. Iftitah, & Meylina (Eds.); I). Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Purwasih, J. H. G., & Pratiwi, S. S. (2022). Sosiologi untuk SMA/MA Kelas XII (Kurikulum Merdeka) (I. R. Ernawati (Ed.); I). Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasonal.

Rasidi. (2019). Manajemen Kurikulum: Telaah Komparatif Antara Kurikulum Program Reguler dan Akselerasi (M. Z. Rosyid (Ed.); I). Literasi Nusantara.

Sekretariat Kabinet RI. (2014). Presiden Bentuk Komite Persiapan Pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Setkab.Go.Id. https://setkab.go.id/presiden-bentuk-komite-persiapan-pelaksanaan-masyarakat-ekonomi-asean/

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (Ed.); I). Penerbit Alfabet.

Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971

Suwarno. (2012). Peran Guru dalam Keberhasilan Implementasi Kurikulum 2004. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 2(1), 65–73. https://doi.org/10.21831/jep.v2i1.656

Syafii, A. (2018). Ideologi Pendidikan Dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi Mengacu KKNI dan SNPT Berparadigma Integrasi-Interkoneksi. Pendidikan Agama Islam, 15, 146. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jpai/article/view/2018.152-04

Uce, L. (2016). Analisis terhadap KBK, KTSP dan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 16(2), 216–229.

Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., LeliAlhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. In Kemendikbud. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1711503412_manage_file.pdf

Waridah, S., Sukardi, J., & Sunarto, P. (2003). Sosiologi untuk SMA Kelas X (Kurikulum 2004) (1st ed.). Bumi Aksara.

Waridah, S., Sunarto, & Isdiyano. (2005). Sosiologi untuk SMA Kelas XII (Kurikulum 2004). Bumi Aksara.

Downloads

Published

30-12-2024

How to Cite

Khanifah, A., & Mudzakkir, M. (2024). Hidden Curriculum Buku Pelajaran Sosiologi: Transfer Ideologi Antar Generasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1887–1906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6654

Issue

Section

Articles