- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Hidden Curriculum Buku Pelajaran Sosiologi: Transfer Ideologi Antar Generasi
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6654Keywords:
hidden curriculum, buku pelajaran sosiologi, anak usia dini.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hidden curriculum dalam buku pelajaran Sosiologi SMA dari era Megawati hingga Jokowi, serta mekanisme transfer ideologi dari siswa kepada anak usia dini. Dengan menggunakan analisis konten dan teori Reproduksi Ideologi Althusser, penelitian ini menemukan bahwa buku pelajaran Sosiologi mengarahkan siswa untuk memandang ketidaksetaraan sosial sebagai masalah individual, bukan struktural, serta menanamkan nilai nasionalisme dan multikulturalisme. Transfer ideologi ini berlangsung melalui learning continuum, di mana siswa SMA mentransfer nilai-nilai tersebut kepada anak-anak usia dini melalui interaksi sosial, yang memperkuat penerimaan terhadap hierarki sosial yang ada. Buku teks, meski memberikan ruang terbatas untuk kritik terhadap pemerintah, berfungsi tidak hanya sebagai sumber pengetahuan, tetapi juga sebagai alat untuk mempertahankan status quo sosial, ekonomi, dan politik yang ada. Penelitian ini merekomendasikan evaluasi kurikulum untuk mendorong pemikiran kritis, mengintegrasikan perspektif kritis, serta pemberdayaan siswa dalam mengkritisi ketidakadilan struktural.
Downloads
References
Alhamduddin. (2016). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1, 43.
Althusser, L. (2007). Lenin and Philosophy, and Other Essays (Darmawan (Ed.); I). Resist Book.
Azizah, F. N. (2014). Analisis Struktural-Semiotik Roman La Vie Devant Soi Karya Romain Gary [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/13600
Azmi, S. (2023). Kajian Kurikulum dan Perkembangan Kurikulum di Indonesia (N. Fahriza (Ed.); I). PT. Literasi Nusantara Abdi Grup.
Capturing Ordinary Days: The Learning Continuum. (2024). Montessoriguide.Org. https://montessoriguide.org/the-learning-continuum
Depdiknas. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Ketentuan Pokok, Pengembangan Silabus, Penilaian Berbasis Kelas, Pengelolaan dan pelaksanaan KBK. Jakarta Pusat, 3804248(4), 1–30. Berbasis Kompetensi Juni 2002.pdfhttps://repositori.kemdikbud.go.id/9209/1/Kurikulum
Ebadi, S. H. (2013). Hidden Curriculum: An Apparent Challenge or an Unexplored Opportunity? International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 2(2), 52–67. https://doi.org/10.6007/ijarped/v2-i2/9784
Edi, S. (2018). Ideologi, Kekuasaan, Dan Pengaruhnya Pada Arah Sistem Pendidikan Nasional Indonesia (1950-1965). Journal of Indonesian History, 7(1), 19–34. https://journal.unnes.ac.id/sju/jih/article/view/25371
Elisanti, & Rostini, T. (2009). Sosiolgi untuk SMA/MA Kelas XI (KTSP) (T. Prabowo (Ed.); I). Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasonal.
Hakim, L. (2024). Human Development Index Dan Indeks Literasi. Ushuluddin.Ptiq.Ac.Id. https://ushuluddin.ptiq.ac.id/2024/11/25/human-development-index-dan-indeks-literasi/
Harosid, H. (2019). Kurikulum 2013 Revisi 2017. Scribd. Com, 5. https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/wp-content/uploads/sites/6/2018/09/GAMBARAN-UMUM-K13-REVISI-2017.pdf
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Wamendik.pdfhttps://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan
Khanifah, A., & Pribadi, F. (2022). Peran Aplikasi Ruang Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Saat Pandemi Covid-19. Joyful Learning Journal, 11(3), 92–99. https://doi.org/10.15294/JLJ.V11I3.52201
Laning, V. D. (2009a). Sosiologi untuk Kelas XI SMA/MA (KTSP) (M. M. Wari (Ed.)).
Laning, V. D. (2009b). Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X (KTSP) (M. M. Wari (Ed.)). Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasonal.
Mamduh, N., & Hidayat, R. (2019). Reproduksi Ideologi pada Buku Teks Sosiologi SMA Kurikulum 2006 dan 2013. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 1(2), 117–131. https://doi.org/10.52483/ijsed.v1i2.11
Markos, L. (2013). The Dangers of Egalitarianism in a Democracy. Theimaginativeconservative.Org. https://theimaginativeconservative.org/2013/03/the-dangers-of-egalitarianism-democracy.html
Maryani, I., & Dewi, F. (2018). Pelaksanaan Hidden Curriculum Pada Mata Pelajaran Pendidikan Al-Islam di Sekolah Dasar. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 8–15. https://media.neliti.com/media/publications/240831-pelaksanaan-hidden-curriculum-pada-mata-1161b1a6.pdf
Maryati, K., & Suryawati, J. (2013). Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X (Kurikulum 2013) (R. P. Sitepu & R. Sitompul (Eds.); I). Esis dan Erlangga.
Maryati, K., & Suryawati, J. (2014). Sosiologi untuk SMA/MA Kelas XI (Kurikulum 2013) (R. P. Sitepu & R. Sitompul (Eds.); I). Esis dan Erlangga.
Maryati, K., & Suryawati, J. (2015). Sosiologi untuk SMA/MA Kelas XII (Kurikulum 2013) (R. P. Sitepu & R. Sitompul (Eds.); I). Esis dan Erlangga.
Maryati, K., Suryawati, J., & Suminar, N. R. (2022). Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X (Kurikulum Merdeka) (M. Yulianti & R. Sitepu (Eds.); I). Erlangga.
Muis, A. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK , KTSP , dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1), 42–59. https://media.neliti.com/media/publications/458292-none-12a72879.pdf
Prasya, I. (2024). Apa itu Kurikulum 2013 Revisi? Perubahan dan Implementasinya. Studiliv.Com. https://studiliv.com/kurikulum-2013-revisi/
Pritchett, L., & Beatty, A. (2012). The Negative Consequences of Overambitious Curricula in Developing Countries. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2235869
Purwasih, J. H. G., & Pratiwi, S. S. (2021). Sosiologi untuk SMA/MA Kelas XI (Kurikulum Merdeka) (Supriyatno, E. O. M. Anwas, K. N. Iftitah, & Meylina (Eds.); I). Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Purwasih, J. H. G., & Pratiwi, S. S. (2022). Sosiologi untuk SMA/MA Kelas XII (Kurikulum Merdeka) (I. R. Ernawati (Ed.); I). Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasonal.
Rasidi. (2019). Manajemen Kurikulum: Telaah Komparatif Antara Kurikulum Program Reguler dan Akselerasi (M. Z. Rosyid (Ed.); I). Literasi Nusantara.
Sekretariat Kabinet RI. (2014). Presiden Bentuk Komite Persiapan Pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Setkab.Go.Id. https://setkab.go.id/presiden-bentuk-komite-persiapan-pelaksanaan-masyarakat-ekonomi-asean/
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (Ed.); I). Penerbit Alfabet.
Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971
Suwarno. (2012). Peran Guru dalam Keberhasilan Implementasi Kurikulum 2004. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 2(1), 65–73. https://doi.org/10.21831/jep.v2i1.656
Syafii, A. (2018). Ideologi Pendidikan Dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi Mengacu KKNI dan SNPT Berparadigma Integrasi-Interkoneksi. Pendidikan Agama Islam, 15, 146. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jpai/article/view/2018.152-04
Uce, L. (2016). Analisis terhadap KBK, KTSP dan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 16(2), 216–229.
Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., LeliAlhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. In Kemendikbud. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1711503412_manage_file.pdf
Waridah, S., Sukardi, J., & Sunarto, P. (2003). Sosiologi untuk SMA Kelas X (Kurikulum 2004) (1st ed.). Bumi Aksara.
Waridah, S., Sunarto, & Isdiyano. (2005). Sosiologi untuk SMA Kelas XII (Kurikulum 2004). Bumi Aksara.