Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh isu terbaru pendidikan yakni implementasi pendekatan pembelajaran aktif yang dipopulerkan oleh Tanoto Foundation yang dikenal dengan istilah MIKIR. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran MIKIR di satuan PAUD dan pendidikan dasar di sekitar Jawa Tengah; dan mengetahui aspek HOTS yang dicapai saat menerapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan MIKIR. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pengambilan datanya melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran MIKIR dengan siswa aktif mengalami, berinteraksi, komunikasi dan refleksi dapat menstimulasi kemampuan berpikir tingkat tinggi HOTS. Aspek HOTS yang terstimulasi pada siswa meliputi kemampuan mengevaluasi, menganalisis, dan mencipta. Hasil kajian berimplikasi pada penyesuaian rencana pembelajaran, penentuan metode dan media pembelajaran, pemenuhan sarana prasarana, dan evaluasi pembelajaran secara komprehensif, termasuk pemilihan teknik dan instrumen penilaian. Implikasi lain yakni pendekatan MIKIR tidak hanya dapat diterapkan di prasekolah ataupun pendidikan dasar, namun bisa diaplikasikan di setiap jenjang pendidikan. Pendekatan tersebut juga adaptif terhadap dinamika kurikulum di Indonesia.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.