Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini

Sjafiatul Mardliyah(1Mail), Wiwin Yulianingsih(2), Lestari Surya Rachman Putri(3),
(1) Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
(2) Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
(3) Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Sjafiatul Mardliyah

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665

Download Full Text:   [File Size  : 735KB]  Language : ID
Received : 2020-07-14  |  Published : 2020-07-26

Abstract


Perkembangan empati dan kreativitas pada anak usia dini perlu mendapat perhatian. Hal ini memerlukan kerjasama antara sekolah, orangtua dan anak didik. Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan bentuk dan upaya KB Salam mewujudkan interkonektivitas tiga elemen tersebut dan berdampak positif terhadap tumbuhnya kreativitas dan empati pada anak usia dini. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif etnografi untuk mengungkap fakta tentang pembelajaran di KB Salam dan berdampak pada perkembangan empati dan kreaitivitas anak usia dini. Subjek penelitian adalah pendiri, pengelola, fasilitator, dan orangtua di KB Salam. Tehnik pengumpulan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KB Salam mengembangkan kurikulum pembelajaran berdimensi lokal berdasarkan filosofi dan konteks sosial budaya. Pembelajaran di KB Salam menciptakan habitus komunitas belajar dengan cara pendayagunaan metode pembelajaran yang bersinergi dengan interaksi sosial keseharian antara guru, anak didik dan orangtua. Keterlibatan orangtua dalam proses pembelajaran di sekolah untuk mengembangkan empati dan kreativitas pada anak usia dini dilahirkan oleh lingkungan sosial yang disebut sekolah keluarga.


Keywords


sekolah; keluarga; kreativitas; empati

References


Aasheim, M., Drugli, M. B., Reedtz, C., Handegard, B. H., & Martinussen, M. (2018). Change in teacher–student relationships and parent involvement after implementation of the Incredible Years Teacher Classroom Management programme in a regular Norwegian school setting. Educational Research Journal, 44(6), 1064-1083. https://doi.org/10.1002/berj.3479

Acar, E. (2011). Effect of Social Capital on Academic Succes : A Narative Synthesis. Educational Research and Review, 6(6), 456-461. https://academicjournals.org/journal/ERR/article-abstract/8BD71B95320

Akhyadi, A., & Mulyono, D. (2019). Program Parenting dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga. Abdimas Siliwangi, 1(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.22460/as.v1i1p1-8.34

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 20-26. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1

Arifiyanti, N. (2015). Kerjasama Antara Sekolah Dan Orangtua Siswa Di TK Se-Kelurahan Triharjo Sleman. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgpaud/article/view/350/317

Asmawati, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 145-164. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.10

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294-302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2

Batawy, F. (2018). Memahami Pendidikan Alternatif Dari Sanggar Anak Alam (SALAM). Dipetik April 3, 2020, dari salamyogyakarta: https://www.salamyogyakarta.com/profil/

Boonk, L., Gijselaers, H., & Brand-Gruwel, S. (2018). A review of the relationship between parental involvement indicators and academic achievement. Educational Research Review, 24, 10-30. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.02.001

Debeturu, B., & Wijayaningsih, E. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Magic Puffer Ball. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 233-240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1

Desyanty, E. S. (2016). Kompetensi Orangtua dalam Penumbuhkembangan Jiwa Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 69-84. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1268

Dewantara, K. (2011). Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Persatuan Taman Siswa.

Dimerman, S. (2009). Character is the Key: How to Unlock the Best in our Children and Our-selves. Mississauga, Canada: John wiley & Sons Canada.

Dwiningrum, S. A. (2014). Modal Sosial dalam Pengembangan Pendidikan: Perspektif Teori dan Praktek. Yogyakarta: UNY Press.

Elvida, E. (2012). Peningkatan Kreativitas Anak dengan Menggunakan Bahan Sisa di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 2 Duri. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(4)., 1-33. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1680/1449

Epstein, J. L. (2018). School, family and community partnerships in teacher' profesional work. Journal of Education for Teaching, 1-11. https://doi.org/10.1080/02607476.2018.1465669

Fuad, N. (2014). Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat: Konsep dan Stratgei Implementasi. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Garzia, M., Yufiarti, Y., & Hartati, S. (2019). Perbedaan Kesiapan Sekolah Anak Usia Dini di Daerah Pesisir Ditinjau dari Status Ekonomi Orang Tua dan Parenting. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 470-483. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2

Iis, N. (2012). Pengembangan Empati Anak Usia Dini Melalui Mendongeng di Taman Kanak-Kanak Asyiyah Pariaman. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(4)., 1-11. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1667

Irma, C., Nisa, K., & Sururiyah, S. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214-224. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Izza, H. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 951-961. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483

Kurniawan, H., & Hermawan, R. (2017). Program Parenting untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. aṣ-ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 29-39. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/190

Machmud, H., Alim, N., & Ulviya, L. (2020). Keterampilan Sosial Anak Suku Bajo di Sulawesi Tenggara. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2)., 787-802. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.459

Mardliyah , S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. (2020: 892). Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. , 892-899. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 892-899. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.476

Martinis, M. (2012). Peningkatan Kreativitas Anak melalui Melukis Menggunakan Sikat Gigi Taman Kanak-Kanak Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(4)., 1-11. http://103.216.87.80/index.php/paud/article/view/1677

Marzuki, K., & Syamsuardi, S. (2018). Penyelenggaraan Parenting Ducation Dalam Mengembangkan Kemitraan Orangtua Dengan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional & Temu Kolegial Jurusan PLS Se-Indonesia (hal. 43-47). Makasar: Jurusan PLS FIP UNM. https://ojs.unm.ac.id/prosidingpls/article/view/10051

Maynard, A. S., Monk, J., & Booker, K. (2011). Maynard, A. S., Monk, J. D., & Booker, K. W. (2011). Building empathy through identification and expression of emotions: A review of interactive tools for children with social deficits. Journal of Creativity in Mental Health, 6(2),, 166-175.https://doi.org/10.1080/15401383.2011.579874

Perdina, S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Sosial melalui Bermain Kartu Estafet pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 440-447. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2

Prahesti, S., Taulany, H., & Dewi, N. (2019). Gerak dan Lagu Neurokinestetik (GELATIK) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1),, 162-171. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289

Prentice, R. (2000). Creativity: a reaffirmation of its place in early childhood education. The Curriculum Journal, 11(2), 145-158. https://doi.org/10.1080/09585170050045173

Purnamasari, Y., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90-99. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273

Putri, L., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 715-732. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438

Putro, K. Z. (2015). Pengaruh pola asuh dan interaksi teman sebaya terhadap kecerdasan emosional anak di Ra arif rahman hakim Yogyakarta. Jurnal Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 97-108. http://digilib.uin-suka.ac.id/24107/1/Khamim%20Zarkasih%20Putro%20-%20Pengaruh%20Pola%20Asuh%20Dan%20Interaksi%20Teman%20Sebaya%20Terhadap%20Kecerdasan%20Emosional%20Anak%20Di%20Ra%20Arif%20Rahman%20Hakim%20Yogyakarta.pdf

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Rahman, U. (2009: 46). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Lentera Pendidikan. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(1), 46-57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4

Ramadhani, P., & Fauziah, P. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011-1020. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502

Richaud, M. C., Lemons, V. N., Mesurado, B., & Oros, L. (2017). Construct validity and reliability of a new Spanish empathy questionnaire for children and early adolescents. Frontiers in psychology, 8, Article 979. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00979

Robbiyah, R., Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 76-84. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.10

Rozana, A. A., Wahid, A. H., & Muali, C. (2018 ). Smart Parenting Demokratis Dalam Membangun Karakter Anak. Rozana, A. A., Wahid, A. H., & Muali, C. (2018). SmarAl-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1-16. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-01

Saleh, M. (2012). Peran Guru dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Paud Se-Kecamatan Limboto. Jurnal Pedagogika, 3, 1-8. https://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/170/peran-guru-dalam-menanamkan-pendidikan-karakter-anak-usia-dini-di-paud-se-kecamatan-limboto.html

Sari, D., & Nurjanah, A. (2020). Hubungan Game Online dengan Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. 994-999. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2)., 994-999. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.344

Sari, H., & Nofriyanti, Y. (2019). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Menganyam dengan Origami. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 146-151. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.247

Sari, M., Yetti, E., & Supena, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Kegiatan Tari Saman. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.240

Spradley, J. (2007). Metode Wawancara. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Subkhan, E. (2013). Toward Critical Educational Technology for Early Childhood Education. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(1)., 1-8. DOI 10.15294/IJECES.V2I1.9216

Sutopo, H. B. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2),, 484-493. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.170

Titi, G. (2017). Sore Yang Tidak Hujan. Dipetik April 3, 2020, dari salamyogyakarta: https://www.salamyogyakarta.com/sore-yang-tidak-hujan/

Topatimasang, R. (2013). Sekolah itu Candu. Yogyakarta: Insist Press.

Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10-19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A., Hafidah, R., Syamsuddin, M., Nurjanah, N., & Rasmani, U. (2019). ). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 295-301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.305

Wiyani, N. A. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gavamedia.

Wright, S. (2010). Understanding Creativity in Early Childhood. SAGE.


Article Metrics

 Abstract Views : 132 times
 PDF Downloaded : 40 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.