Implementasi Metode Asy-Syafi’i pada Anak di Pondok Tahfidz Al-Qur’an Al-Ikhlas

Authors

  • Sukarta Sukarta Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia https://orcid.org/0009-0003-2632-3991
  • Abdulloh Fuadi Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • Nasarudin Nasarudin Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Mataram, Gibraltar

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6498

Keywords:

Metode Asy-Syafi’i, Pembelajaran Al-Qur’an, Pondok Tahfidz

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi implementasi metode Asy-Syafi’i Al-Qur'an kepada anak di Pondok Tahfidz Al-Qur’an Al-Ikhlas menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Data utama dikumpulkan melalui wawancara dengan pimpinan, pengasuh asrama, dan staf pengajar, sementara data sekunder diperoleh dari referensi seperti jurnal dan buku yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Asy-Syafi’i terbukti berkontribusi dalam pembelajaran Al-Qur'an. Lebih dari separoh anak berhasil membaca Al-Qur’an dengan tartil, dan hampir semua anak menunjukkan peningkatan ketepatan makhraj huruf. Metode ini juga mampu memotivasi belajar anak, menciptakan lingkungan interaktif, dan mendukung antusiasme mereka dalam menghafal Al-Qur'an. Selain membangun keterampilan teknis membaca Al-Qur'an, metode ini mendorong kedisiplinan, kepercayaan diri, dan kecintaan terhadap Al-Qur’an. Dengan pendekatan terstruktur dan personalisasi, metode Asy-Syafi’i menjadi model pembelajaran Al-Qur'an yang efektif dan direkomendasikan untuk diterapkan di berbagai institusi pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2022). Efektivitas Metode Asy-Syafi’i dalam Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 56–58. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v6i1.5196

Aisyah, N. (2020). Implementasi Program Tahsin dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 120–122.

Aisyah, S. (2023). Penerapan Metode Asy-Syafi’i dalam Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an di Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 21(4), 120–122.

Al-Fatih, M. (2020). Panduan Praktis Tajwid dan Waqaf. In Pustaka Islam (Vol. 54).

Apriyanti, E., & Basri, H. (2020). Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Di Pondok Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan. Tamaddun. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.4928

Aulia, F. (2020). Pengaruh Strategi dan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 45–47.

Hakim, A. (2019). Efektivitas Metode Asy-Syafi’i dalam Meningkatkan Pengucapan Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 45–58.

Hakim, N. (2021). Peran Kreativitas Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 22(2), 67–69.

Hidayat, R. (2020). Efektivitas Munaqosah dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 14(3), 45–47.

Jannah, N., Nasarudin, N., Husnan, H., Helwani, A., Mujiburrahman, M., & Satrillah, F. (2023). Counseling For Teaching Arabic At Schools. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 6(2). https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v6i2.20858

Kurnaedi, A. Y. (2018). Tajwid Lengkap Asy-Syafi’i. Pustaka Imam Asy-Syafi?I hlm.

Kurnaedi, A. Y., & Praktis, I. T. (2016). Metode Asy-Syafi’i dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Ilmu, 52–55.

Nasarudin. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab Pada Awal Penerapan K-13 Di Madrasah Aliyah Mataram – NTB. ARMALA, 1(1), 1–23. https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/armala/article/view/73

Nasarudin. (2023). Evaluasi Pembelajaran. In PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN Teori dan Praktik dalam Konteks Pembelajaran. GET Press.

Nasarudin, Mahaly, S., Munjiah, M., Mappanyompa, & Dkk. (2024). Studi Kasus dan Multi situs dalam Pendekatan Kualitatif. Gita Lentera.

Nasarudin, N. (2018). Tathbîq Manhaj Ta’lîm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah ‘Ala Asâs Al-Tahshîl Al-Dirâsî Fî Al-Jâmi’ât Al-Islâmiyyah Bi Mataram Indonesia. Arabiyat, 5(2), 374–391. https://doi.org/10.15408/a.v5i2.8940

Nasarudin, N., Nurjannah, N., Muhirdan, M., Syafii, A. H., Husnan, H., & Marlina, H. (2024). Model of Arabic Language Learning Management in Child-Friendly Schools for the Development of Character Education in the Independent Curriculum. Al Bayan, 16(2). https://doi.org/10.24042/albayan.v16i2.24164

Nasarudin, Nurjannah, Alfian, M. I., & Izomi, M. S. (2023). Urgensi Konsep Diferensiasi Carol Ann Tomlinson Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. PINBA VII IMLA.

Nasarudin, Syafii, A. H., Nurjannah, Muhirdan, Husnan, & Marlina, H. (2024). Model Manajemen Sekolah Ramah Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Kurikulum Merdeka. Obsesi, 8(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6093

Nasution, R. (2021). Penerapan Metode Asy-Syafi’i dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 123–134.

Nuraini. (2021). Penerapan Metode Tahsin dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 88–90.

Rachman, T., & Zaini, L. (2022). Percepatan Penguasaan Hafalan Surah Pendek dengan Metode Asy-Syafi’i di Pondok Tahfidz An-Nur. Jurnal Tahfidz Dan Pendidikan, 18(4), 89–101.

Rahman, A. (2021). Pentingnya Penguasaan Tajwid dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 19(1), 56–58.

Rahman, A. (2022). Efektivitas Metode Asy-Syafi’i dalam Pembelajaran Tajwid di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 134–136.

Rahman, F. (2018). Implementasi Metode Asy-Syafi’i di Pondok Pesantren Darul Qur’an. Jurnal Studi Islam, 10(2), 67–80.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Surasman, O. (2020). Kunci praktis Membaca Al-Qur’an Baik dan Benar. In Gema Insani Press. Gema Insani Press.

Suryani, N., & Maulana, R. (2020). Pengaruh Metode Asy-Syafi’i terhadap Kecepatan Membaca Al-Qur’an secara Tartil pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Qur’an, 7(1), 32–44.

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (Sage (Sixt). Sage Publication Inc.

Zainuddin, A. (2021). Pentingnya Waqaf dalam Pembelajaran Tajwid Al-Qur’an. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20(3), 75–77.

Zannah, M. (2020). Implementasi Metode Asy-Syafi’i Pada Program Tahsin Al-Qur’an Di Mts Al-Husna Kampung Salak Bagan Sinembah Raya. In Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara Medan (Vol. 44).

Downloads

Published

23-12-2024

How to Cite

Sukarta, S., Fuadi, A., & Nasarudin, N. (2024). Implementasi Metode Asy-Syafi’i pada Anak di Pondok Tahfidz Al-Qur’an Al-Ikhlas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1757–1766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6498

Issue

Section

Articles