- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Implementasi Metode Asy-Syafi’i pada Anak di Pondok Tahfidz Al-Qur’an Al-Ikhlas
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6498Keywords:
Metode Asy-Syafi’i, Pembelajaran Al-Qur’an, Pondok TahfidzAbstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi implementasi metode Asy-Syafi’i Al-Qur'an kepada anak di Pondok Tahfidz Al-Qur’an Al-Ikhlas menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Data utama dikumpulkan melalui wawancara dengan pimpinan, pengasuh asrama, dan staf pengajar, sementara data sekunder diperoleh dari referensi seperti jurnal dan buku yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Asy-Syafi’i terbukti berkontribusi dalam pembelajaran Al-Qur'an. Lebih dari separoh anak berhasil membaca Al-Qur’an dengan tartil, dan hampir semua anak menunjukkan peningkatan ketepatan makhraj huruf. Metode ini juga mampu memotivasi belajar anak, menciptakan lingkungan interaktif, dan mendukung antusiasme mereka dalam menghafal Al-Qur'an. Selain membangun keterampilan teknis membaca Al-Qur'an, metode ini mendorong kedisiplinan, kepercayaan diri, dan kecintaan terhadap Al-Qur’an. Dengan pendekatan terstruktur dan personalisasi, metode Asy-Syafi’i menjadi model pembelajaran Al-Qur'an yang efektif dan direkomendasikan untuk diterapkan di berbagai institusi pendidikan Islam.
Downloads
References
Abdullah, R. (2022). Efektivitas Metode Asy-Syafi’i dalam Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 56–58. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v6i1.5196
Aisyah, N. (2020). Implementasi Program Tahsin dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 120–122.
Aisyah, S. (2023). Penerapan Metode Asy-Syafi’i dalam Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an di Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 21(4), 120–122.
Al-Fatih, M. (2020). Panduan Praktis Tajwid dan Waqaf. In Pustaka Islam (Vol. 54).
Apriyanti, E., & Basri, H. (2020). Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Di Pondok Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan. Tamaddun. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.4928
Aulia, F. (2020). Pengaruh Strategi dan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 45–47.
Hakim, A. (2019). Efektivitas Metode Asy-Syafi’i dalam Meningkatkan Pengucapan Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 45–58.
Hakim, N. (2021). Peran Kreativitas Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 22(2), 67–69.
Hidayat, R. (2020). Efektivitas Munaqosah dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 14(3), 45–47.
Jannah, N., Nasarudin, N., Husnan, H., Helwani, A., Mujiburrahman, M., & Satrillah, F. (2023). Counseling For Teaching Arabic At Schools. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 6(2). https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v6i2.20858
Kurnaedi, A. Y. (2018). Tajwid Lengkap Asy-Syafi’i. Pustaka Imam Asy-Syafi?I hlm.
Kurnaedi, A. Y., & Praktis, I. T. (2016). Metode Asy-Syafi’i dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Ilmu, 52–55.
Nasarudin. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab Pada Awal Penerapan K-13 Di Madrasah Aliyah Mataram – NTB. ARMALA, 1(1), 1–23. https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/armala/article/view/73
Nasarudin. (2023). Evaluasi Pembelajaran. In PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN Teori dan Praktik dalam Konteks Pembelajaran. GET Press.
Nasarudin, Mahaly, S., Munjiah, M., Mappanyompa, & Dkk. (2024). Studi Kasus dan Multi situs dalam Pendekatan Kualitatif. Gita Lentera.
Nasarudin, N. (2018). Tathbîq Manhaj Ta’lîm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah ‘Ala Asâs Al-Tahshîl Al-Dirâsî Fî Al-Jâmi’ât Al-Islâmiyyah Bi Mataram Indonesia. Arabiyat, 5(2), 374–391. https://doi.org/10.15408/a.v5i2.8940
Nasarudin, N., Nurjannah, N., Muhirdan, M., Syafii, A. H., Husnan, H., & Marlina, H. (2024). Model of Arabic Language Learning Management in Child-Friendly Schools for the Development of Character Education in the Independent Curriculum. Al Bayan, 16(2). https://doi.org/10.24042/albayan.v16i2.24164
Nasarudin, Nurjannah, Alfian, M. I., & Izomi, M. S. (2023). Urgensi Konsep Diferensiasi Carol Ann Tomlinson Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. PINBA VII IMLA.
Nasarudin, Syafii, A. H., Nurjannah, Muhirdan, Husnan, & Marlina, H. (2024). Model Manajemen Sekolah Ramah Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Kurikulum Merdeka. Obsesi, 8(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6093
Nasution, R. (2021). Penerapan Metode Asy-Syafi’i dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 123–134.
Nuraini. (2021). Penerapan Metode Tahsin dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 88–90.
Rachman, T., & Zaini, L. (2022). Percepatan Penguasaan Hafalan Surah Pendek dengan Metode Asy-Syafi’i di Pondok Tahfidz An-Nur. Jurnal Tahfidz Dan Pendidikan, 18(4), 89–101.
Rahman, A. (2021). Pentingnya Penguasaan Tajwid dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 19(1), 56–58.
Rahman, A. (2022). Efektivitas Metode Asy-Syafi’i dalam Pembelajaran Tajwid di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 134–136.
Rahman, F. (2018). Implementasi Metode Asy-Syafi’i di Pondok Pesantren Darul Qur’an. Jurnal Studi Islam, 10(2), 67–80.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Surasman, O. (2020). Kunci praktis Membaca Al-Qur’an Baik dan Benar. In Gema Insani Press. Gema Insani Press.
Suryani, N., & Maulana, R. (2020). Pengaruh Metode Asy-Syafi’i terhadap Kecepatan Membaca Al-Qur’an secara Tartil pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Qur’an, 7(1), 32–44.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (Sage (Sixt). Sage Publication Inc.
Zainuddin, A. (2021). Pentingnya Waqaf dalam Pembelajaran Tajwid Al-Qur’an. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20(3), 75–77.
Zannah, M. (2020). Implementasi Metode Asy-Syafi’i Pada Program Tahsin Al-Qur’an Di Mts Al-Husna Kampung Salak Bagan Sinembah Raya. In Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara Medan (Vol. 44).