Penggunaan Metode Token Ekonomi untuk Meningkatkan Motivasi dan Kedisiplinan Siswa Kelas III

Authors

  • Watinah Watinah Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Anwar Senen Universitas Negeri Yogyakarta,

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6400

Abstract

Pendidikan karakter sangat penting dikembangkan nilai-nilai etika seperti kepedulian, kejujuran, keadilan, tanggung jawab, dan rasa hormat terhadap diri dan orang lain. Hal ini bisa ditanamkan sejak dini kepada siswa. Salah satunya yang harus ditekankan dalam Pendidikan sekolah juga tentang motivasi dan kedisiplinan. Kedua hal ini penting sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode token ekonomi terhadap motivasi belajar dan kedisiplinan siswa di kelas III pada mata pelajaran IPA. Studi quasi eksperimen ini menggunakan sampling jenuh dari 20 siswa kelas III. Desain grup pretest-posttest digunakan dalam satu kelompok. Penelitian menggunakan tes. Dalam penelitian ini, teknik analisis deskriptif digunakan untuk analisis data, yang menggunakan uji sampel berurutan. Sebelum uji hipotesis, uji prasyarat seperti uji normalitas dan homogenitas dilakukan. Jika dibandingkan dengan siswa sebelum perlakuan, penerapan metode token ekonomi terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar dan kedisiplinan siswa. Selanjutnya pengolahan data motivasi belajar sebesar -23.094 dengan signifikansi (p) sebesar .000 dan pada variabel kedisiplinan -17.249 dengan signifikansi (p) sebesar .000. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima karena nilai signifikansi (p) < 0.05 yang mengindikasikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat pengaruh positif dari penggunaan metode token ekonomi terhadap motivasi belajar dan kedisiplinan siswa di kelas III.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

15-01-2025

How to Cite

Watinah, W., & Senen, A. (2025). Penggunaan Metode Token Ekonomi untuk Meningkatkan Motivasi dan Kedisiplinan Siswa Kelas III. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 2073–2086. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6400

Issue

Section

Articles