- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Supervisi Klinis pada Kinerja Kepala Sekolah SD di Pedan
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v%25vi%25i.6397Keywords:
Kompetensi manajerial, supervisi klinis, kinerja kepala sekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi kepala sekolah terhadap kualitas pengelolaan pendidikan di tingkat sekolah dasar. Pendekatan kuantitatif dengan metode analisis statistik digunakan untuk menguji pengaruh kompetensi manajerial dan supervisi klinis terhadap kinerja kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui instrumen yang valid dengan sampel acak. Hasil menunjukkan kompetensi manajerial memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja, sedangkan supervisi klinis efektif meningkatkan mutu pembelajaran melalui pembinaan guru. Secara simultan, kompetensi manajerial dan supervisi klinis menyumbang 94,8% terhadap kinerja kepala sekolah, sementara 5,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Studi ini memberikan landasan empiris bagi perbaikan kebijakan pendidikan dan pengembangan kepala sekolah, menegaskan pentingnya penguatan kompetensi manajerial dan supervisi klinis untuk menciptakan pendidikan berkualita
Downloads
References
Akdon. (2017a). Budaya Kerja Kepala Madrasah. Medan: CV Pusdikra Mitra Jaya. Tim Pengembang Bahan Ajar LPPKS. Human Resource Development International, 6(3), 343–354. https://doi.org/10.1080/13678860110096211
Akdon. (2017b). Peningkatan Kedisiplinan di Sekolah melalui Token Economic. Jurnal Prima Edukasia, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jpe.v11i1.49951
Amiruddin dkk. (2018). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Teknik Kelompok,. Jurnal Prima Edukasia, 7(2), 182–196. https://doi.org/10.21831/jpe.v7i2.28738
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara.
Istianah. (2019). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Personil Sekolah pada SMP Negeri 1 Banda Aceh,. Jurnal PolGov, 5(2), 181–228. https://doi.org/10.22146/polgov.v5i2.8271
Kunandar. (2017a). Pengaruh Kompetensi dan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru SDN di Kecamatan Pamulang. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(1), 1–13. https://doi.org/10.32509/wacana.v20i1.1165
Kunandar. (2017b). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Teknik Kelompok. Jurnal Eduscience, 9(3), 698–706. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3433
Lestari, E., Nulhakim, L., & Indah Suryani, D. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 338–345. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.338-345
Martin & Pear. (2015). Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(1), 76–94. https://doi.org/10.21831/jep.v18i1.38688
Meidiana, A. & D. (2020). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru. International Journal of Instruction, 17(3), 137–156. https://doi.org/10.29333/iji.2024.1738a
Pebriani. (2017). Budaya Kerja Kepala Madrasah. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 5, 36–44. https://doi.org/10.51178/jesa.v5i1.1857
Salmi, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas Xii Ips.2 Sma Negeri 13 Palembang. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865
Saptono, B. (2022). Implications of child-friendly school policies in reducing cases of violence against children in elementary schools. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 96–103. https://doi.org/10.21831/jpe.v10i1.45816
Sardiman. (2017). Penggunaan Bahan Ajar Matakuliah Pembelajaran Saintifik Berdasarkan Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1529
Singh, C. K. S., Singh, T. S. M., Ja’afar, H., Tek, O. E., Kaur, H., Mostafa, N. A., & Yunus, M. M. (2020). Teaching strategies to develop higher order thinking skills in english literature. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(8), 211–231.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.
Suparno. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. International Journal of Contemporary Studies in Education (IJ-CSE), 3(2), 94–106. https://doi.org/10.56855/ijcse.v2i2.780
Susilowati. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 32–39. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.314
Susilowati, S. & P. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru SDN di Kecamatan Pamulang. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 62–65. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838
Ulfah, A. H., Retnawati, H., & Supahar, S. (2023). Way of Biology Teachers to Train HOTS to the Students in Online Learning Process. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 7845–7854. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.3736