- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemecahan Masalah di Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6394Keywords:
Pendekatan matematika realistik, motivasi dan keterampilan pemecahan masalah, siswa sekolah dasarAbstract
Pendidikan yang memberikan kebebasan belajar bagi siswa sangat penting untuk membangun semangat dan motivasi dalam menyelesaikan tantangan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan motivasi belajar dan pemecahan masalah siswa kelas III. Dengan desain quasi-eksperimen dan pendekatan grup pretest-posttest, penelitian ini melibatkan 20 siswa melalui sampling jenuh. Instrumen berupa tes dan angket digunakan untuk mengukur motivasi serta keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PMR memiliki dampak positif yang signifikan. Analisis data menggunakan uji-t sampel berurutan mengungkapkan thitung ≥ ttabel (0,68920 > ttabel 2,10982), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini menunjukkan bahwa penerapan PMR mampu meningkatkan motivasi dan keterampilan pemecahan masalah siswa dibandingkan sebelum intervensi dilakukan. Secara praktis, temuan ini memperkuat pentingnya penggunaan PMR dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. PMR tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep matematika, tetapi juga meningkatkan motivasi dan pemecahan masalah, yang sangat dibutuhkan siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Annisya, Y., & Suyanti, R. D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Kemampuan HOTS Siswa Kelas XI Pada Materi Asam Basa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1178–1189. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1935
Ardiansyah, D. N., & Rochmawati, R. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2033–2041. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2404
Arini, L., & Sari, D. P. (2023). Analisis Keefektifan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 7(2), 355–362. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v7i2.4553
Astuti, N. D., & Octaviani, S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Teori Belajar Bruner. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 1–5.
Dewi, R. K. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Soal Cerita Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Baturan 2 Gamping Sleman. Jurnal Elementary, 5(2), 163. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.9079
Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.121
Jimry, J. (2020). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dan Pengajaran Melalui Model Kurikulum Yang Efisien. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan, 2(2), 13–24. https://doi.org/10.51730/ed.v2i2.49
Magdalena, I., Kurniawan, I., Pratiwi, A. D., Fitriah, H., Firlyansyah, H., & Yuliyani, T. (2022). Efektifitas Pendekatan Matematika Realistik terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Anwarul, 2(6), 427–435. https://doi.org/10.58578/anwarul.v2i6.693
Marinda, L. (2020). Piaget dan Problematikanya Pada Pendahuluan. Jurnal An-Nisa :Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 116–152.
Negari, B. D., Aji, J. L. F. P., Mujakki, M. F., Syafuddin, R., & Afnan, A. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas 4-F MIN 2 Mojokerto. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 5, 36–44. https://doi.org/10.51178/jesa.v5i1.1857
Ningtiyas, P. W., & Surjanti, J. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1660–1668. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.630
Nurhikmayati, I. (2017). Kesulitan Berpikir Abstrak Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 159–176. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no2.2017pp159-176
Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29–38. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1220
Pasaribu, L. H., & Hasanah, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Self-Efficacy Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Eduscience, 9(3), 698–706. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3433
Rukhmana, T. (2022). Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa. Repository.Umsu, 9(May), 6.
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis hots edisi revisi: higher order thinking skills (Vol. 1). Tira Smart.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.
Yuriansyah, Widowati, A., & Wulandari, B. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Dan Komunikasi Melalui Pendekatan Matematika Realistik Di Sdn 001/Iv Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 656–664.