Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemecahan Masalah di Kelas III SD

Authors

  • Harjoko Harjoko Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Aprilia Tina Lidyasari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6394

Keywords:

Pendekatan matematika realistik, motivasi dan keterampilan pemecahan masalah, siswa sekolah dasar

Abstract

Pendidikan yang memberikan kebebasan belajar bagi siswa sangat penting untuk membangun semangat dan motivasi dalam menyelesaikan tantangan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan motivasi belajar dan pemecahan masalah siswa kelas III. Dengan desain quasi-eksperimen dan pendekatan grup pretest-posttest, penelitian ini melibatkan 20 siswa melalui sampling jenuh. Instrumen berupa tes dan angket digunakan untuk mengukur motivasi serta keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PMR memiliki dampak positif yang signifikan. Analisis data menggunakan uji-t sampel berurutan mengungkapkan thitung ≥ ttabel (0,68920 > ttabel 2,10982), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini menunjukkan bahwa penerapan PMR mampu meningkatkan motivasi dan keterampilan pemecahan masalah siswa dibandingkan sebelum intervensi dilakukan. Secara praktis, temuan ini memperkuat pentingnya penggunaan PMR dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. PMR tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep matematika, tetapi juga meningkatkan motivasi dan pemecahan masalah, yang sangat dibutuhkan siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisya, Y., & Suyanti, R. D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Kemampuan HOTS Siswa Kelas XI Pada Materi Asam Basa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1178–1189. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1935

Ardiansyah, D. N., & Rochmawati, R. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2033–2041. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2404

Arini, L., & Sari, D. P. (2023). Analisis Keefektifan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 7(2), 355–362. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v7i2.4553

Astuti, N. D., & Octaviani, S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Teori Belajar Bruner. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 1–5.

Dewi, R. K. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Soal Cerita Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Baturan 2 Gamping Sleman. Jurnal Elementary, 5(2), 163. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.9079

Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.121

Jimry, J. (2020). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dan Pengajaran Melalui Model Kurikulum Yang Efisien. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan, 2(2), 13–24. https://doi.org/10.51730/ed.v2i2.49

Magdalena, I., Kurniawan, I., Pratiwi, A. D., Fitriah, H., Firlyansyah, H., & Yuliyani, T. (2022). Efektifitas Pendekatan Matematika Realistik terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Anwarul, 2(6), 427–435. https://doi.org/10.58578/anwarul.v2i6.693

Marinda, L. (2020). Piaget dan Problematikanya Pada Pendahuluan. Jurnal An-Nisa :Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 116–152.

Negari, B. D., Aji, J. L. F. P., Mujakki, M. F., Syafuddin, R., & Afnan, A. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas 4-F MIN 2 Mojokerto. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 5, 36–44. https://doi.org/10.51178/jesa.v5i1.1857

Ningtiyas, P. W., & Surjanti, J. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1660–1668. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.630

Nurhikmayati, I. (2017). Kesulitan Berpikir Abstrak Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 159–176. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no2.2017pp159-176

Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29–38. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1220

Pasaribu, L. H., & Hasanah, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Self-Efficacy Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Eduscience, 9(3), 698–706. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3433

Rukhmana, T. (2022). Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa. Repository.Umsu, 9(May), 6.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis hots edisi revisi: higher order thinking skills (Vol. 1). Tira Smart.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.

Yuriansyah, Widowati, A., & Wulandari, B. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Dan Komunikasi Melalui Pendekatan Matematika Realistik Di Sdn 001/Iv Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 656–664.

Downloads

Published

29-12-2024

How to Cite

Harjoko, H., & Lidyasari, A. T. (2024). Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemecahan Masalah di Kelas III SD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1847–1854. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6394

Issue

Section

Articles