Peran Taman Budaya dalam Pembentukan Moral dan Karakter Siswa SDN 2 Kalikebo

Authors

  • Susanti Susanti Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Muthmainah Muthmainah Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6333

Keywords:

Taman Budaya, Moral Anak, Karakter Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran  "Taman Budaya" sebagai sarana pengembangan nilai moral dan karakter peserta didik di SDN 2 Kalikebo. Program ini dirancang untuk menanamkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, tanggung jawab, gotong royong, toleransi, dan disiplin melalui pendekatan berbasis budaya yang terintegrasi dalam pembelajaran dan kegiatan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi kegiatan yang terkait dengan pelaksanaan Taman Budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Taman Budaya memberikan dampak positif yang signifikan dalam pengembangan karakter siswa. Program ini berhasil meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya nilai moral dan membantu mereka untuk lebih disiplin, toleran, serta mampu bekerja sama dalam kelompok. Guru dan pihak sekolah berperan aktif sebagai fasilitator dan teladan, sementara keterlibatan orang tua dan masyarakat turut mendukung keberhasilan program ini. Kesimpulannya, Taman Budaya merupakan sarana yang efektif untuk membentuk peserta didik yang tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga berakhlak mulia, menjadikannya model yang layak diterapkan di sekolah lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126. https://doi.org/10.30997/jsh.v8i2.886

Annisya, Y., & Suyanti, R. D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Kemampuan HOTS Siswa Kelas XI Pada Materi Asam Basa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1178–1189. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1935

Azmi, S. (2016). Self regulated learning salah satu modal kesuksesan belajar dan mengajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 19–20.

Baturetno, W., Fathoni, A., Zifa, M., & Prastiwi, Y. (2023). The Role of Teachers in Fostering the Entrepreneurial Attitude of Elementary School Students through Scouting. Jurnal Prima Edukasia, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jpe.v11i1.49951

Diputera, A. M., Damanik, S. H., Medan, U. N., & Utara, S. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. 8(1), 1–12.

Halimah, D., & Juju, U. (2016). Marketing Strategy To Improve Students and Graduates Quality. TRIKONOMIKA, 15(2), 89. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v15i2.388

Handayani, H. R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rpp Dan Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Teknik Iht (in House Training). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 32–36. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.66

Hanifah, N. (2019). Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di sekolah Dasar. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197–202.

Hariandi, A., Suryadi, D., Methalia, E., Agustin, I. D. H., & Muliani, R. (2023). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter terhadap Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9704–9711. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3299

Mulyani, N. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru Pada MTsN 1 Serang Melalui Peningkatan Kompetensi Profesional Dan Pedagogik. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 87. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1826

Normina, N. (2017). Pendidikan dalam Kebudayaan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 17–28.

Nurzannati, C., & Mukhlis, M. (2022). Higher Order Thinking Skills pada Soal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa. Jurnal Sastra Indonesia, 11(3), 245–253. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i3.59592

Puteri, N. H., & Sugiyono. (2022). The Availability of Facilities and Infrastructure and the Quality Assurance of Education at MTs Darul Huda Mataraman During the Covid-19 Pandemic. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220129.068

Sarifudin, A. (2019). peningkatan kinerja guru dalam implementasi penilaian sistem SKS melalui supervisi akademik pengawas sekolah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), 417–434.

Sarre, S., Maben, J., Aldus, C., Schneider, J., Wharrad, H., Nicholson, C., & Arthur, A. (2018). The challenges of training, support and assessment of healthcare support workers: A qualitative study of experiences in three English acute hospitals. International Journal of Nursing Studies, 79, 145–153. https://doi.org/10.1016/j.ijnurstu.2017.11.010

Shiddiq, R. (2020). Peran Guru Dan Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Qathrunâ, 7(2), 105. https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i2.3536

Simanjutak, T. H. K. (2016). Strategi Taman Budaya Jawa Timur Dalam Menanamkan Karakter Nasionalisme (Cinta Seni Dan Budaya Daerah) Pada Masyarakat Kota Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3), 1916–1931.

Sriyanto Agung. (2019). Hubungan Antara Kebiasaan Belajar dan Sumber Belajar Dengan Hasil belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III SDN Gugus Dwarawati Banyumanik Kota Semarang. In Skripsi.

Sun, H., Xie, Y., & Lavonen, J. (2022). Exploring the structure of students’ scientific higher order thinking in science education. Thinking Skills and Creativity, 43, 100999. Supriani, Y., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10. https://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/90

Utari, N. M. W., Widiada, I. K., & Nisa, K. (2022). Kesulitan Guru dalam Menyusun Soal HOTS Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas Tinggi di SDN Gugus V Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2413–2419.

Widodo, L. S., Prayitno, H. J., & Widyasari, C. (2021). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Daring dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Basicedu, 5(5), 3902–3911.

Downloads

Published

14-12-2024

How to Cite

Susanti, S., & Muthmainah, M. (2024). Peran Taman Budaya dalam Pembentukan Moral dan Karakter Siswa SDN 2 Kalikebo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1603–1612. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6333

Issue

Section

Articles