- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Peran Taman Budaya dalam Pembentukan Moral dan Karakter Siswa SDN 2 Kalikebo
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6333Keywords:
Taman Budaya, Moral Anak, Karakter SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran  "Taman Budaya" sebagai sarana pengembangan nilai moral dan karakter peserta didik di SDN 2 Kalikebo. Program ini dirancang untuk menanamkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, tanggung jawab, gotong royong, toleransi, dan disiplin melalui pendekatan berbasis budaya yang terintegrasi dalam pembelajaran dan kegiatan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi kegiatan yang terkait dengan pelaksanaan Taman Budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Taman Budaya memberikan dampak positif yang signifikan dalam pengembangan karakter siswa. Program ini berhasil meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya nilai moral dan membantu mereka untuk lebih disiplin, toleran, serta mampu bekerja sama dalam kelompok. Guru dan pihak sekolah berperan aktif sebagai fasilitator dan teladan, sementara keterlibatan orang tua dan masyarakat turut mendukung keberhasilan program ini. Kesimpulannya, Taman Budaya merupakan sarana yang efektif untuk membentuk peserta didik yang tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga berakhlak mulia, menjadikannya model yang layak diterapkan di sekolah lain.
Downloads
References
Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126. https://doi.org/10.30997/jsh.v8i2.886
Annisya, Y., & Suyanti, R. D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Kemampuan HOTS Siswa Kelas XI Pada Materi Asam Basa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1178–1189. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1935
Azmi, S. (2016). Self regulated learning salah satu modal kesuksesan belajar dan mengajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 19–20.
Baturetno, W., Fathoni, A., Zifa, M., & Prastiwi, Y. (2023). The Role of Teachers in Fostering the Entrepreneurial Attitude of Elementary School Students through Scouting. Jurnal Prima Edukasia, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jpe.v11i1.49951
Diputera, A. M., Damanik, S. H., Medan, U. N., & Utara, S. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. 8(1), 1–12.
Halimah, D., & Juju, U. (2016). Marketing Strategy To Improve Students and Graduates Quality. TRIKONOMIKA, 15(2), 89. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v15i2.388
Handayani, H. R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rpp Dan Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Teknik Iht (in House Training). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 32–36. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.66
Hanifah, N. (2019). Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di sekolah Dasar. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197–202.
Hariandi, A., Suryadi, D., Methalia, E., Agustin, I. D. H., & Muliani, R. (2023). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter terhadap Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9704–9711. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3299
Mulyani, N. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru Pada MTsN 1 Serang Melalui Peningkatan Kompetensi Profesional Dan Pedagogik. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 87. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1826
Normina, N. (2017). Pendidikan dalam Kebudayaan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 17–28.
Nurzannati, C., & Mukhlis, M. (2022). Higher Order Thinking Skills pada Soal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa. Jurnal Sastra Indonesia, 11(3), 245–253. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i3.59592
Puteri, N. H., & Sugiyono. (2022). The Availability of Facilities and Infrastructure and the Quality Assurance of Education at MTs Darul Huda Mataraman During the Covid-19 Pandemic. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220129.068
Sarifudin, A. (2019). peningkatan kinerja guru dalam implementasi penilaian sistem SKS melalui supervisi akademik pengawas sekolah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), 417–434.
Sarre, S., Maben, J., Aldus, C., Schneider, J., Wharrad, H., Nicholson, C., & Arthur, A. (2018). The challenges of training, support and assessment of healthcare support workers: A qualitative study of experiences in three English acute hospitals. International Journal of Nursing Studies, 79, 145–153. https://doi.org/10.1016/j.ijnurstu.2017.11.010
Shiddiq, R. (2020). Peran Guru Dan Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Qathrunâ, 7(2), 105. https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i2.3536
Simanjutak, T. H. K. (2016). Strategi Taman Budaya Jawa Timur Dalam Menanamkan Karakter Nasionalisme (Cinta Seni Dan Budaya Daerah) Pada Masyarakat Kota Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3), 1916–1931.
Sriyanto Agung. (2019). Hubungan Antara Kebiasaan Belajar dan Sumber Belajar Dengan Hasil belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III SDN Gugus Dwarawati Banyumanik Kota Semarang. In Skripsi.
Sun, H., Xie, Y., & Lavonen, J. (2022). Exploring the structure of students’ scientific higher order thinking in science education. Thinking Skills and Creativity, 43, 100999. Supriani, Y., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10. https://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/90
Utari, N. M. W., Widiada, I. K., & Nisa, K. (2022). Kesulitan Guru dalam Menyusun Soal HOTS Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas Tinggi di SDN Gugus V Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2413–2419.
Widodo, L. S., Prayitno, H. J., & Widyasari, C. (2021). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Daring dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Basicedu, 5(5), 3902–3911.