- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630Keywords:
peran orangtua, pembelajaran dirumah, pendidikanAbstract
Studi yang dilakukan memiliki tujuan sebagai pendeskripsian peran orangtua yang dilaksanakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran pada pendidikan anak usia dini di RA Team Cendekia Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi dengan analisis data deskriptif. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran orang tua terhadap penerapan pembelajaran di rumah pada masa pandemi dalam mendidik anak meliputi pendampingan dan sebagai motivator. (2) dampak peran orang tua terhadap pembelajaran pada masa pandemi di RA Team Cendekia Surabaya, orangtua memfasilitasi keterlibatan kegiatan pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini di RA Team Cendekia Surabaya
Downloads
References
Abdulrachman, P. (2020). Panduan Orangtua Mendampingi Anak Belajar dari Rumah dengan MIKIR. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/panduan-orangtua-mendampingi-anak-belajar-dari-rumah-dengan-mikir/
Ardiyana, R. D., Akbar, Z., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dan Motivasi Intrinsik dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.253
Arifiyanti, N. (2019). Relationship between Authoritative Parenting Style and Preschools Prosocial Behavior. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 311. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.166
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Dariyo, A. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia. 17.
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003). http://www.inna-ppni.or.id/index.php/pendidikan-keperawatan
Dwita, R., & Kurniawan, K. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan. STATERA: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 76–89. https://doi.org/10.33510/statera.2019.1.1.76-89
Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD Tinjauan Teoritik & Praktik. Ar-Ruzz Media.
Gunarsa, S. D. (2004). Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga (Cetakan. 7). PT. Gunung Mulia.
Gusmaniarti, G., & Suweleh, W. (2019). Analisis Perilaku Home Service Orang Tua terhadap Perkembangan Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(1), 27–37. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i1.17
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Kemendikbud, R. I. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19: Satuan Pendidikan di Zona Kuning, Oranye dan Merah Dilarang Melakukan Pembelajaran Tatap Muka.
Maksum, A. (2013). Sosiologi Pendidikan. Sosiologi Pendidikan, 265.
Martha, G. (2015). Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini (pp. 1–4). Diva press.
Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif,. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51–62. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i1.196
Olsen, G., & Fuller, M. L. (2008). The benefits of parent involvement: What research has to say. Education.Com. http://www.education.com/reference/article/benefits-parent-involvement-research/
Pinantoan, A. (2013). The Effect of Parental Involvement on Academic Achievement.
Prabhawani, S. W. (2016). Pelibatan Orang Tua Dalam Program Sekolah di TK Khalifah. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2(5), 205–218.
Pratiwi, M. R., Mukaromah, M., & Herdiningsih, W. (2018). Peran Pengawasan Orangtua Pada Anak Pengguna Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 37–57. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v22i1.73
Rompas, Y. (2018). Hubungan Peran Orang Tua dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Sekolah di SD Inpres Talikuran Kecamatan Kawangkoan Utara. Jurnal Keperawatan, 6(1). https://doi.org/10.35568/abdimas.v1i2.327
Rosdiana, A. (2006). Partisipasi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini : Jurnal Ilmiah VISI, 1(2), 62–72. https://media.neliti.com/media/publications/259930-partisipasi-orangtua-terhadap-pendidikan-89a4e534.pdf
Soekanto, S. (2004). Sosiologi Keluarga. Rineka Cipta.
Sofyan, S., Asari, H., & Rasyidin, A. (2019). Islamic Traditional Manuscript in The State Islamic University of North Sumatra. Jurnal Tarbiyah, 26(2). https://doi.org/10.30829/tar.v26i2.555
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526
Taubah, M. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam Mufatihatut Taubah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 109. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.109-136
Umam, K., Puspitasari, D., & Nurhadi, A. (2020). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Loyalitas Nasabah PT Erdika Elit Jakarta. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(1), 65. https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1652
Umi Hanik. (2008). Strategi dan Metode Pembelajaran. Tesis, 27–70. http://eprints.walisongo.ac.id/355/4/UmiHanik_Tesis_Bab2.pdf
WHO. (2013). mental health action plan. Mental Health Action Plan 2013-2020, 86(1), 10–22. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa8601_03
Yulianti, T. R. (2014). Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment, 4(1), 11–24. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/569/386
Zahrok, S., & Suarmini, N. W. (2018). Peran Perempuan dalam Keluarga. IPTEK Journal of Proceedings Series, Vol. 3, No(5), 61. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4422


