- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Video Cerita Rakyat "Legenda Danau Raja" Berbasis Animasi 2 Dimensi dengan Teknik Bilingual
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6297Keywords:
video animasi, cerita rakyat, billingualAbstract
Cerita rakyat adalah sebagian kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki Bangsa Indonesia. Di Provinsi Riau juga banyak memiliki cerita rakyat, yang masih dapat kita dengar secara turun temurun dan sebagiannya belum terdokumentasi dengan baik, salah satunya adalah Legenda danau Raja di Pinggir sungai Indradiri. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah video animasi cerita rakyat legenda danau raja dengan teknik bilingual atau 2 bahasa sebagai salah satu bentuk pelestarian budaya untuk memperkenalkan budaya dan cerita rakyat di provinsi Riau khsususnya di Rengat Indragiri Hulu. Penelitian ini memiliki luaran sebuah Video Animasi dengan teknik Bilingual. Tahap validasi dilakukan dengan menyebarkan angket yang diberikan kepada 3 ahli dan mumpuni dibidangnya masing-masing yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Video animasi Cerita Rakyat 2 Dimensi ini layak digunakan. Setelah 3 bulan video ini peneliti unggah di Platform Youtube, video ini telah ditonton lebih 2100 kali, dan memiliki 4 komentar yang sangat positif artinya video ini cukup dinikmati oleh pengguna Youtube.
Downloads
References
Adha, L. A. (2020). Digitalisasi industri dan pengaruhnya terhadap ketenagakerjaan dan hubungan kerja di Indonesia. Jurnal Kompilasi Hukum, 5(2), 267–298. https://doi.org/10.29303/jkh.v5i2.49
Afriyanti, I., & Somadayo, S. (2020). Pemanfaatan media cerita rakyat sebagai upaya membangun kreativitas anak. PEDAGOGIK, 7(2). https://doi.org/10.33387/pedagogik.v7i2.2684
Alwi, S. (2021). Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Kedua pada Anak Usia Prasekolah. Saree: Research in Gender Studies, 3(2), 149–166. https://doi.org/10.47766/saree.v3i2.539
Andrasari, A. N., Haryanti, Y. D., & Yanto, A. (2022). Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru Sd. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4, 76–83.
Apriliyani, N., Sunendar, D., Syihabuddin, S., & Sumiyadi, S. (2023). Cerita Rakyat Nusantara sebagai Media Pengenalan Sastra pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2875-2884. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4375
Azis, S. A. (2014). Cerita rakyat salah satu media pembelajaran sastra anak lintas kurikulum. Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 97–104.
Budiharto, B., & Suparman, S. (2017). Pemanfaatan Multi Media Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Hasil Pembelajaran. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 4(1), 110–121.
Elpana, E., Riswandi, R., & Fitriawan, H. (2022). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam penggunaan platform pembelajaran untuk peningkatan mutu blended learning pasca pandemi covid-19. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(2), 221–231. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.12131
Juansyah, E. Z., Safitri, D., Putri, F. A., Yuniarti, G., Ananda, T. A., Cakrayana, I., & Karim, A. (2024). Cerita Rakyat Roro Jongrang Salah Satu Media Pembelajaran Pada Materi Bangun Datar. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(5), 132–138. http://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/1384
Gunawan, G., Faiza, I. M., Santoso, N. A., & Kurniawan, R. D. (2022). Penerapan Metode MDLC Pada Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 201–210. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.3100
Gusnetti, S., & Isnanda, R. (2015). Struktur dan nilai-nilai pendidikan dalam cerita rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia V1. I2, 183, 192. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1238
Hada, K. L., Maulida, F. I., Dewi, A. S., Dewanti, C. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran Blabak Trarerodi pada materi geometri transformasi: Tahap expert review. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 155–178.
Kasri, M. A., Novan, Y., & Ramadhani, I. A. (2021). Penerapan Model Design Thinking Pada Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash. Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 2(2). https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v13i2.294
Kosasih, E. (2013). Sastra klasik sebagai wahana efektif dalam pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 225–236.
LKK. (2023). Dampak Kemajuan Teknologi dalam Pendidikan: Revolusi Belajar di Era Modern. https://upy.ac.id/berita/dampak-kemajuan-teknologi-dalam-pendidikan-revolusi-belajar-di-era-modern
Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Ilmi, A. R. M., Nugroho, W., Leuwol, N. V, & Saputra, A. M. A. (2023). Pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam menghadapi tantangan mengajar guru di era digital. Journal on Education, 6(1), 2689–2698. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3304
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741.
Nurdiana, D., & Suryadi, A. (2017). Perancangan Game Budayaku Indonesiaku Menggunakan Metode Mdlc. Jurnal Petik, 3(2), 39–44.
Nurhasanah, A., & Alfurqan, A. (2024). Penggunaan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Manasik Haji di PAUD Mawar. Tazakka: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 2(02), 92–106. https://doi.org/10.24036/tazakka.v2i02.37
Noviana, F. (2018). Pemerolehan bahasa dan budaya Indonesia penutur asing melalui cerita rakyat. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 14(1), 1–10. https://doi.org/10.33633/lite.v14i1.1830
Rahayu, C., & Fanreza, R. (2024). Implementasi Pembelajaran Akhlak dengan Pencuplikan Video Animasi. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 122–133.
Tanuwijaya, N. P., & Wibowo, T. (2020). Perancangan Video Animasi 2 Dimensi Cerita Rakyat Malin Kundang dengan Aplikasi Toon Boom Harmony. Journal of Information System and Technology (JOINT), 1(2), 124–145. https://doi.org/10.37253/joint.v1i2.4316