Pengembangan Video Cerita Rakyat "Legenda Danau Raja" Berbasis Animasi 2 Dimensi dengan Teknik Bilingual

Authors

  • Fauzan Azim Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika, Univesitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Fitri Farida Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika, Univesitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Noferta Effendi Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika, Univesitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Zuqriva Hayati Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Payakumbuh, Indonesia
  • Pratama Benny Herlandy Pendidikan Informatika, Univesitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Fauzan Hamdani Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika, Univesitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6297

Keywords:

video animasi, cerita rakyat, billingual

Abstract

Cerita rakyat adalah sebagian kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki Bangsa Indonesia. Di Provinsi Riau juga banyak memiliki cerita rakyat, yang masih dapat kita dengar secara turun temurun dan sebagiannya belum terdokumentasi dengan baik, salah satunya adalah Legenda danau Raja di Pinggir sungai Indradiri. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah video animasi cerita rakyat legenda danau raja dengan teknik bilingual atau 2 bahasa sebagai salah satu bentuk pelestarian budaya untuk memperkenalkan budaya dan cerita rakyat di provinsi Riau khsususnya di Rengat Indragiri Hulu. Penelitian ini memiliki luaran sebuah Video Animasi dengan teknik Bilingual. Tahap validasi dilakukan dengan menyebarkan angket yang diberikan kepada 3 ahli dan mumpuni dibidangnya masing-masing yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Video animasi Cerita Rakyat 2 Dimensi ini layak digunakan. Setelah 3 bulan video ini peneliti unggah di Platform Youtube, video ini telah ditonton lebih 2100 kali, dan memiliki 4 komentar yang sangat positif artinya video ini cukup dinikmati oleh pengguna Youtube.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, L. A. (2020). Digitalisasi industri dan pengaruhnya terhadap ketenagakerjaan dan hubungan kerja di Indonesia. Jurnal Kompilasi Hukum, 5(2), 267–298. https://doi.org/10.29303/jkh.v5i2.49

Afriyanti, I., & Somadayo, S. (2020). Pemanfaatan media cerita rakyat sebagai upaya membangun kreativitas anak. PEDAGOGIK, 7(2). https://doi.org/10.33387/pedagogik.v7i2.2684

Alwi, S. (2021). Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Kedua pada Anak Usia Prasekolah. Saree: Research in Gender Studies, 3(2), 149–166. https://doi.org/10.47766/saree.v3i2.539

Andrasari, A. N., Haryanti, Y. D., & Yanto, A. (2022). Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru Sd. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4, 76–83.

Apriliyani, N., Sunendar, D., Syihabuddin, S., & Sumiyadi, S. (2023). Cerita Rakyat Nusantara sebagai Media Pengenalan Sastra pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2875-2884. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4375

Azis, S. A. (2014). Cerita rakyat salah satu media pembelajaran sastra anak lintas kurikulum. Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 97–104.

Budiharto, B., & Suparman, S. (2017). Pemanfaatan Multi Media Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Hasil Pembelajaran. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 4(1), 110–121.

Elpana, E., Riswandi, R., & Fitriawan, H. (2022). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam penggunaan platform pembelajaran untuk peningkatan mutu blended learning pasca pandemi covid-19. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(2), 221–231. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.12131

Juansyah, E. Z., Safitri, D., Putri, F. A., Yuniarti, G., Ananda, T. A., Cakrayana, I., & Karim, A. (2024). Cerita Rakyat Roro Jongrang Salah Satu Media Pembelajaran Pada Materi Bangun Datar. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(5), 132–138. http://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/1384

Gunawan, G., Faiza, I. M., Santoso, N. A., & Kurniawan, R. D. (2022). Penerapan Metode MDLC Pada Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 201–210. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.3100

Gusnetti, S., & Isnanda, R. (2015). Struktur dan nilai-nilai pendidikan dalam cerita rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia V1. I2, 183, 192. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1238

Hada, K. L., Maulida, F. I., Dewi, A. S., Dewanti, C. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran Blabak Trarerodi pada materi geometri transformasi: Tahap expert review. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 155–178.

Kasri, M. A., Novan, Y., & Ramadhani, I. A. (2021). Penerapan Model Design Thinking Pada Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash. Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 2(2). https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v13i2.294

Kosasih, E. (2013). Sastra klasik sebagai wahana efektif dalam pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 225–236.

LKK. (2023). Dampak Kemajuan Teknologi dalam Pendidikan: Revolusi Belajar di Era Modern. https://upy.ac.id/berita/dampak-kemajuan-teknologi-dalam-pendidikan-revolusi-belajar-di-era-modern

Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Ilmi, A. R. M., Nugroho, W., Leuwol, N. V, & Saputra, A. M. A. (2023). Pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam menghadapi tantangan mengajar guru di era digital. Journal on Education, 6(1), 2689–2698. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3304

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741.

Nurdiana, D., & Suryadi, A. (2017). Perancangan Game Budayaku Indonesiaku Menggunakan Metode Mdlc. Jurnal Petik, 3(2), 39–44.

Nurhasanah, A., & Alfurqan, A. (2024). Penggunaan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Manasik Haji di PAUD Mawar. Tazakka: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 2(02), 92–106. https://doi.org/10.24036/tazakka.v2i02.37

Noviana, F. (2018). Pemerolehan bahasa dan budaya Indonesia penutur asing melalui cerita rakyat. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 14(1), 1–10. https://doi.org/10.33633/lite.v14i1.1830

Rahayu, C., & Fanreza, R. (2024). Implementasi Pembelajaran Akhlak dengan Pencuplikan Video Animasi. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 122–133.

Tanuwijaya, N. P., & Wibowo, T. (2020). Perancangan Video Animasi 2 Dimensi Cerita Rakyat Malin Kundang dengan Aplikasi Toon Boom Harmony. Journal of Information System and Technology (JOINT), 1(2), 124–145. https://doi.org/10.37253/joint.v1i2.4316

Downloads

Published

26-12-2024

How to Cite

Azim, F., Farida, F., Effendi, N., Hayati, Z., Herlandy, P. B., & Hamdani, F. (2024). Pengembangan Video Cerita Rakyat "Legenda Danau Raja" Berbasis Animasi 2 Dimensi dengan Teknik Bilingual. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1798–1810. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6297

Issue

Section

Articles