Pengembangan Digisafebook sebagai Media Interaktif untuk Pendidikan Keselamatan Seksual Anak Usia Dini

Authors

  • Risty Justicia Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-8397-1907
  • Finita Dewi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Miftakhul Izza Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Aulia Syakinah Maulani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Suci Utami Putri Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Mubiar Agustin Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6294

Keywords:

Media Digital, Pendidikan Seksual, Anak Usia Dini.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus penculikan dan kasus pelecahan seksual pada anak usia dini oleh faktor orang asing yang mengakibatkan mengancam keselamatan diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media DiGisafeBook yang berjudul My Body Belongs to Me untuk mengenalkan keselamatan diri dari kekerasan seksual kepada anak usia dini dengan layanan PAUD yang menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Educational Design Research (EDR). Media digital DiGisafeBook mengenai My Body Belongs to Me yang dilakukan melalui uji validasi 2 orang ahli media digital dan ahli materi. FGD dan uji keterpakaian kelayakan media sebagai media stimulasi pengenalan pendidikan keselamatan diri untuk anak usia dini. Subjek penelitian ini melibatkan 10 pendidik dan 10 orang tua yang juga melalui tahap wawancara dan uji keterpakaian dari hasil pengembangan media digital DiGisafeBook mengenai My Body Belongs to Me. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan media DiGisafeBook layak di gunakan sebagai media pengenalan pendidikan keselamatan anak usia dini. Materi dalam Digisafebook ini mudah dipahami oleh anak dan memiliki kegiatan interaktif dengan karakteristik media untuk anak usia dini dan layanan PAUD dalam mengenalkan keselamatan diri kepada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar Anas Harfian, Yani, F. A. 2017). Kemampuan Guru Biologi dalam Pengimplementasian Kurikulum 2013 Ditinjau dari Kompetensi Pedagogik. In J.Bio. & Pend.Bio. 2(2)..

Babakr, Z. H., Mohamedamin, P., & Kakamad, K. (2019a). Piaget’s Cognitive Developmental Theory: Critical Review. Education Quarterly Reviews, 2(3), 517–524. https://doi.org/10.31014/aior.1993.02.03.84

Babakr, Z. H., Mohamedamin, P., & Kakamad, K. (2019b). Piaget’s Cognitive Developmental Theory: Critical Review. Education Quarterly Reviews, 2(3), 517–524. https://doi.org/10.31014/aior.1993.02.03.84

Cahyono, H., & Khumairo, A. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Pelaku Pedofilia (Sebuah Strategi Dalam Mengatasi Amoral).3(1).

Churchill, D., Lu, J., Chiu, T. K. F., & Fox, B. (n.d.). Lecture Notes in Educational Technology Mobile Learning Design Theories and Application. http://www.springer.com/series/11777

Dewi, F., Lengkanawati, N. S., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Consideration in Technology-Integrated Lesson Design; A Case of Indonesian EFL Teachers. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(18), 92–107. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i18.9806

Hui, A., Salkovskis, P., & Rumble-Browne, J. (2024). The impact of childhood sexual abuse on interpersonal violence in men: A systematic review. In Aggression and Violent Behavior (Vol. 78). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.avb.2024.101928

Widayati, T. (2018). Pendidikan Keselamatan Diri Anak Usia Dini: (Studi Kasus di Kelompok Bermain (KB) Gaharu Plus Kutai Kartanegara). JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(2), 113–122. https://doi.org/10.21009/JIV.1302.5

Justicia, R. (2017). Pandangan Orang Tua Terkait Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini (Vol. 1, Issue 2).

Justicia, R., Maulani, A. S., Sulistyowati, W., Putri Adzkia, K., & Ainurrahmah, S. (2023a). Smart Book Berbasis Program Keselamatan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 60–66. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i1.3436

Maulana, A., & Hasibuan, L. R. (2024). Analysis Of the Role of Kpai to Protect Violence Against Children. International Journal of Society and Law, 2(1). https://doi.org/10.61306/ijsl

Oktaviani, E., & Setiyono, I. E. (2022). PESBOOK: Permainan Edukatif Smart Book sebagai Media Stimulasi Motorik Halus Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 335–342. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.387

Plomp, Tj., & Nieveen, Nienke. (2013). Educational design research. Part A : an introduction. SLO.

Puspitasari, V., Adi Walujo, D., Pascasarjana, P., & PGRI Adi Buana Surabaya, U. (n.d.). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran Bipa Di Kelas Yang Memiliki Kemampuan Beragam.

Rodríguez, G. J., B., & Kolb, A. N. (n.d.). The Faculty of Arts and Education MASTER’S THESIS Title of thesis: The exclusive use of authentic material instead of textbooks/smartbooks in the EFL/ESL classroom from 8 th grade and onwards in Norway.

StruÄni, R. /. (n.d.). L. Kralj : E-SafETy anD DIgITaL SKILLS aS parT of SchooL cUrrIcULUM E-SafETy anD DIgITaL SKILLS aS parT of SchooL cUrrIcULUM Lidija Kralj L. Kralj : E-SafETy anD DIgITaL SKILLS aS parT of SchooL cUrrIcULUM.

Sularti, S., Handayani, D., Hasjiandito, A., & Waluyo, E. (2018). The Implementation of Thematic Electronic Smart Book at KB-TK Pertiwi Semarang.

Sun, C. F., Chan, Y. C., Chien, S. Y., Lin, Y. L., & Hsiao, I. H. (2020). Preschool safety education with digital media-based learning application – kinder. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 12206 LNCS, 520–529. https://doi.org/10.1007/978-3-030-50506-6_35

van der Burgt, M., Widdershoven, G., Verhoeff, A. P., & Hein, I. M. (2024). Sexual education and development after early childhood sexual abuse: A qualitative study of experiences of parents and children. Child Abuse and Neglect, 158. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2024.107069

Xaba, M. I. (2014). A holistic approach to safety and security at Schools in South Africa. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(20), 1580–1589. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n20p1580

Downloads

Published

23-12-2024

How to Cite

Justicia, R., Dewi, F., Izza, M., Maulani, A. S., Putri, S. U., & Agustin, M. (2024). Pengembangan Digisafebook sebagai Media Interaktif untuk Pendidikan Keselamatan Seksual Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1707–1716. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6294

Issue

Section

Articles