Penerapan Metode Pembelajaran Bahasa Arab yang Efektif untuk Anak Usia Dini RA Al-Ikhlas Kota Pariaman

Author


Eko Rojana(1Mail),
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin Pariaman, Indonesia, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 330KB]

Published : 2024-11-18

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 225 times PDF Downloaded: 20 times

Abstract


Belajar bahasa Arab pada anak usia dini memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan kognitif, sosial dan emosional anak. Di samping sebagai bahasa yang digunakan dalam ibadah umat Muslim, bahasa Arab juga memberikan keuntungan dalam memperkaya keterampilan bahasa dan intelektual anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pembelajaran bahasa Arab Yang Efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pedoman wawancara, angket, dan lembar observasi dengan informan terdiri dari Kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukan penerapan metode yang efektif, yakni metode bernyanyi, hafal, bermain dan menulis anak belajar lebih menyenangkan serta meningkatkan antusiasme anak- anak dalam mempelajari bahasa Arab. Integrasi pendekatan ini mendukung perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak, sehingga pembelajaran bahasa Arab menjadi lebih mudah dipahami dan   menarik.


Keywords


Penerapan Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Anak Usia Dini; Belajar Bahasa Arab

References


Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 133. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3575

Izzati, N. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab pada Anak Usia Dini di TK Al-Irsyad Kota Tegal.

Khumaini, M. (2022). Urgensi Bahasa Arab Dalam Kurikulum Pendidikan Sekolah Dasar Dan Menengah Sebagai Bahasa Asing Pilihan Pada Era Society 5.0. Al-TARQIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 1. https://doi.org/10.30631/al-tarqiyah.v5i1.32

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publications.

Mufidah, H., & Jannah, A. (2022). Pendampingan Keterampilan Media Pembelajaran dalam Menghafal Mufradat Bahasa Arab. In An-Nuqthah: Journal of Research & Community Service (Vol. 2, Issue 1). An-Nuqthah.

Perawironegoro. (2020). Pendidikan Bahasa Arab. UAD Press.

Sáenz García, A. F. (2015). The Practice of English Language Teaching. Boletín Científico de Las Ciencias Económico Administrativas Del ICEA, 3(6). https://doi.org/10.29057/icea.v3i6.137

Shoebottom, P. (2017). The Factors that Influence the Acquisition of a Second Language. 1–2.

Siegelmayer, D., & Gradner, G. (2023). Reading man flap in four dogs: a case series. BMC Veterinary Research, 19(1). https://doi.org/10.1186/s12917-023-03723-z

Siwi, I. R., Wahyuningsih, R., & Fajrin, L. P. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Bercerita Dan Tanya Jawab Terhadap Kemampuan Bahasa Jawa Anak Usia Dini. ASGHAR : Journal of Children Studies, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.28918/asghar.v1i1.4175

Smith, R. (2023). Roger Smith: Writing and Thinking. In Research Technology Management (Vol. 66, Issue 5, p. 60). https://doi.org/10.1080/08956308.2023.2235532

Syah, I. J. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing Terhadap Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 2(1). https://doi.org/10.30736/jce.v1i2.14

Terrell, T. D., & Brown, H. D. (1981). Principles of Language Learning and Teaching. Language, 57(3), 781. https://doi.org/10.2307/414380


Refbacks

  • There are currently no refbacks.