Pengaruh Penggunaan Token Ekonomi dalam Menurunkan Perilaku Disruptif Anak

(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia

Copyright (c) 2020 Indri Graecela Amalo
DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.622
Download Full Text:

Received : 2020-06-29 | Published : 2020-07-11
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh token ekonomi dalam menurunkan perilaku disruptif pada anak usia di TK Kristen 1 Satya Wacana Salatiga kelompok A. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi exsperiment. Subjek penelitian di TK Kristen 1 Satya Wacana Salatiga berjumlah 33 anak. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji T-test yang terbagi menjadi 2 yaitu Paired Sample T-test untuk mengetahui perbedaan hasil pre-test dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dan Independent Sample T-test untuk mengetahui perbedaan hasil dari pre-test maupun post-test dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa token ekonomi secara signifikan dapat menurunkan perilaku disruptif pada anak. Hal ini terlihat dari nilai Signifikansi (2-tailed) dari kelompok eksperimen sebesar 0.046 yang artinya kurang dari 0.050. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik token ekonomi dapat menurunkan perilaku disruptif pada anak
Keywords
References
American Psychiatric Association. (2017). DSM-5 Update. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder.
Asizah. (2015). Children Disruptive Behavior Well-being : Pentingnya Hubungan Anak dan Orang Tua. Seminar Psikologi & Kemanusiaan, 46–54. Retrieved from http://mpsi.umm.ac.id/files/file/46-54 Asizah.pdf
Calista, V., Kurniah, N., & Ardina, M. (2019). Hubungan Reinforcement Terhadap Disiplin Anak Usia Dini Di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(2), 13–17. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.4.1.13-17
Carnett, A., Raulston, T., Lang, R., Tostanoski, A., Lee, A., Sigafoos, J., & Machalicek, W. (2014). Effects of a Perseverative Interest-Based Token Economy on Challenging and On-Task Behavior in a Child with Autism. Journal of Behavioral Education, 23(3), 368–377. https://doi.org/10.1007/s10864-014-9195-7
Claessens, A., & Dowsett, C. (2014). Growth and Change in Attention Problems, Disruptive Behavior, and Achievement From Kindergarten to Fifth Grade. Psychological Science, 25(12), 2241–2251. https://doi.org/10.1177/0956797614554265
Erford, B. . (2016). 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor (2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Handayani, D., & Hidayah, N. (2014). Pengaruh Token Ekonomi Untuk Mengurangi Agresivitas Pada Siswa TK. Empathy : Jurnal Fakultas Psikologi, 2(2), 44–52. Retrieved from http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/article/view/3015
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2 (enam). Jakarta: Erlangga.
Lessing, A. C., & Wulfsohn, R. (2015). The potential of behaviour management strategies to support learners with Attention Deficit Hyperactivity Disorder in the classroom. Education as Change, 19(1), 54–77. https://doi.org/10.1080/16823206.2015.1024146
Magoon, M. A., & Critchfield, T. S. (2008). Concurrent schedules of positive and negative reinforcement: differential-impact and differential-outcomes hypotheses. Journal of the Experimental Analysis of Behavior, 90(1), 1–22. https://doi.org/10.1901/jeab.2008.90-1
Martin, G., & Pear, J. (2015). Modifikasi perilaku : makna dan penerapannya (1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Masruroh, S., & Dewi, N. F. K. (2020). Penerapan Reinforcement Dalam Mendisiplinkan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Kinasih Kecamatan Pinang Tangerang. Ceria, 11(2), 55–66. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2340
Novitasari, R. (2016). Kecenderungan Perilaku Disruptif Pada Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Stres Pengasuhan Ibu. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 8(2), 61–70. https://doi.org/10.15294/intuisi.v8i2.8597
Papalia, D. E. (2015). Human Development (Psikologi Perkembangan). In Cetakan ke-1.
Pramitha, Tirtayani, & Putra, M. (2018). Pengaruh Instrusi Efektif Disertai Pemberian Token Terhadap Perilaku Hiperaktif Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 43–53. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15081
Prima, E., & Lestari, P. I. (2019). Penerapan Token Economy untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 268. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.324
Purwanta, E. (2012). Modifikasi Perilaku : Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus (1st ed.; Diah, ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwati, & Japar, M. (2017). Parents’ Education, Personality, and Their Children’s Disruptive Behaviour. International Journal of Instruction, 10(3), 227–240. https://doi.org/10.12973/iji.2017.10315a
Putri, P. I., & Widiastuti, A. A. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dengan Pendekatan Reinforcement melalui Metode Bermain Bunchems. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 207. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.177
Ramaita, R., & Putri, S. B. (2019). Pengaruh Terapi Token Ekonomi Terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Hospitalisasi. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 6(2), 95–103. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.273
Reinschluessel, A. V., & Mandryk, R. L. (2016). Using Positive or Negative Reinforcement in Neurofeedback Games for Training Self-Regulation. Proceedings of the 2016 Annual Symposium on Computer-Human Interaction in Play, 186–198. https://doi.org/10.1145/2967934.2968085
Riyati. (2017). Self Instructional Dan Positive Reinforcement Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri “Us” Penyandang Disabilitas Tubuh Di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Cacat Cimahi. Pekerjaan Sosial, 15(2). https://doi.org/10.31595/peksos.v15i2.88
Rochwidowati, N. S., & Widyana, R. (2017). Peningkatan Kemandirian Anak Usia Prasekolah Dengan Pemberian Pengukuh Positif. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 18(1), 49. https://doi.org/10.26486/psikologi.v18i1.348
Sudaryanti, R. (2015). Pengaruh Penggunaan Teknik Token Ekonomi Dalam Mengurangi Perilaku Kekerasan Pada Siswa Kelas VI Di Madrasah Ibtidaiya Aisyah Kota Bandung. UPI. Retrieved from http://repository.upi.edu/id/eprint/20420
Susila, I. K. D. (2019). Reinforcement Used In Teahing Young Learners. Widya Accarya, 10(2), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.46650/wa.10.2.771.%25p
Sutaryani, N. P. C., Suadnyana, I. N., & Tirtayani, L. A. (2016). Pengaruh Teknik Token Economy Terhadap Perilaku Disruptif Pada Anak Di TK Ganesha Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i2.7558
Tirtayani, & Martani. (2012). Penerapan Program “Kereta Anak Tertib” Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 8(1), 21–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jp.v8i1.180
Ward, M. A., Theule, J., & Cheung, K. (2016). Parent–Child Interaction Therapy for Child Disruptive Behaviour Disorders: A Meta-analysis. Child & Youth Care Forum, 45(5), 675–690. https://doi.org/10.1007/s10566-016-9350-5
Wiguna, T., Manengkei, P. S. K., Pamela, C., Rheza, A. M., & Hapsari, W. A. (2016). Masalah Emosi dan Perilaku pada Anak dan Remaja di Poliklinik Jiwa Anak dan Remaja RSUPN dr. Ciptomangunkusumo (RSCM), Jakarta. Sari Pediatri, 12(4), 270. https://doi.org/10.14238/sp12.4.2010.270-7
Wulandari, R., & Masruri, M. S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Simulasi Dengan Reinforcement Di SMPN 2 Jetis Bantul. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i1.9696
Zlomke, K., & Zlomke, L. (2003). Token economy plus self-monitoring to reduce disruptive classroom behaviors. The Behavior Analyst Today, 4(2), 177–182. https://doi.org/10.1037/h0100117
Article Metrics


This article can be traced from:
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.