- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Problem Based Learning di SD Inklusi
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.6212Keywords:
Keterampilan Membaca Pemahaman, Model Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL)Abstract
Pendidikan inklusi adalah sistem yang memperhatikan semua siswa, termasuk dengan kebutuhan khusus, agar belajar bersama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan membaca pemahaman siswa melalui penerapan model pembelajaran berdiferensiasi berbasis Problem Based Learning (PBL) di sekolah dasar Inklusi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di sekolah dasar Sorogenen 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PBL dengan pendekatan berdiferensiasi efektif meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa, termasuk motivasi, penguasaan kosakata, dan kepercayaan diri. Kendalanya meliputi keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan guru, dan tantangan penggunaan alat bantu audio. Solusi yang disarankan adalah menyederhanakan metode, memanfaatkan teknologi, dan meningkatkan kolaborasi guru. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran berdiferensiasi bermuatan PBL mampu meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa apabila didukung dengan fasilitas yang memadai.
Downloads
References
Abdussamad, Z. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif. https://doi.org/10.31219/osf.io/juwxn
Afif, M. K. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMPN 1 Siman Ponorogo [Diploma, IAIN Ponorogo]. https://etheses.iainponorogo.ac.id/29589/
Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P. S., Ningrum, W. W., Astuti, N. M., Nelly, N., Ilyas, F. S., Ramli, A., Kurniati, Y., & Yuliastuti, C. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif: Teori dan Panduan Praktis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ambarita, J., Simanullang, M. P. K. P. S., & Adab, P. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Penerbit Adab.
Andriyani, Z. D. (2023). Elaborasi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa [Undergraduate, Universitas Islam Sultan Agung]. http://repository.unissula.ac.id/31798/
Aristia, R. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Walisongo Gempol. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/4037/
Cahyaningsih, R. D., Mujiyanto, J., & Khumaedi, M. (2019). Penilaian Autentik Keterampilan Membaca Berbasis Strategi Metakognitif. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i1.4098
Daga, A. T. (2022). Penguatan Peran Guru dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Else (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.9120
Dewi, Y., Januar, H., Nuvitalia, D., & Hartati, H. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Antusiasme Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Pedurungan Lor 02. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14162
Esti Damayanti, N. : 21204012001. (2023). Pola Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul [Masters, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62998/
Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Pengembangan Model Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Anak Didik. Jurnal Pendidikan, 21(1), Article 1. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.746.2020
Febrianti, W., Mirnawati, L. B., & Faradita, M. N. (2023). Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dalam Mengikuti Program Literasi: Reading Comprehension Skills Of IV Grade Elementary School Students In Participating In The Literacy Program. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i2.4945
Febriyadi, F. R. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi pada PAI materi Shalat untuk meningkatkan keterampilan membaca Doa dan Sikap Mandiri siswa: Penelitian di kelas 4 SDN 019 Pabaki dan SDN 003 Pagarsih Kota Bandung [Masters, UIN Sunan Gunung Djati]. https://doi.org/10/2.%20DAFTAR%20ISI.pdf
Hadi, A., & Laras, P. P. B. (2021). Peran guru bimbingan dan konseling dalam pendidikan inklusi. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 4(1), 17–24.
Hamzah Usaid Uzza, N. : 21204021007. (2023). Pengembangan Multimedia Flash Card Audio Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Keterampilan Menyimak Dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab di Smp Muhammadiyah 3 Yogyakarta [Masters, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63027/
Kurniawan, N. A., & Aiman, U. (2020). Paradigma Pendidikan Inklusi Era Society 5.0. Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Mansur, H. (2019). Pendidikan Inklusif: Mewujudkan Pendidikan untuk Semua.
Marlina, M. (2020). Strategi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah inklusif.
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 924–932.
Ningrum, M., Maghfiroh, & Andriani, R. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3513
Nofia, N. N. (2020). Analisis Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar Kampus Merdeka†Pada Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia. Produ: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i2.3328
Novianti, B. A., Widiana, I. W., & Ratnaya, I. G. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Evaluasi CIPP. Educatio, 18(2), 233–243.
Nurfadhillah, S., Cahyati, S. Y., Farawansya, S. A., & Salsabila, A. (2022). Peran Tenaga Pendidik dan Orang Tua serta Masyarakat dalam Pendidikan Inklusi (Bimbingan dalam Pendidikan Inklusi). Tsaqofah, 2(6), 653–651.
Rinawati, A. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar [Undergraduate, Universitas Muhammadiyah Surabaya]. https://repository.um-surabaya.ac.id/8621/
Riyanti, A. (2021). Keterampilan membaca. Penerbit K-Media.
Solikah, S. (2025). Literatur Riviu: Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p211-217
Tahrim, T., Owon, R. A. S., Tabun, Y. F., Bahri, S., Nikmah, N., Sukasih, S., Hamzah, R. A., Pertiwi, S., Rizki, M., & Qadrianti, L. (2021). Pengembangan Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Tomlinson, C. A. (2017). How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms, Third Edition. ASCD.
Waruwu, N. W., Ndraha, A. B., Waruwu, M., & Telaumbanua, E. (2023). Evaluasi Pelatihan Guru di SMP Negeri 3 Hiliserangkai Kabupaten Nias. Jmbi Unsrat (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(3), Article 3. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i3.53500
Wulandari, F. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Banyurip Tahun Ajaran 2018/2019). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/75384/Peningkatan-Keterampilan-Membaca-Pemahaman-melalui-Model-Pembelajaran-Connecting-Organizing-Reflecting-Extending-Core-Penelitian-Tindakan-Kelas-pada-Peserta-Didik-Kelas-IV-SD-Negeri-Banyurip-Tahun-Ajaran-20182019


