Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran berbasis projek dalam penguatan karakter disiplin, kerja sama, dan peduli lingkungan pada anak usia dini di lembaga PAUD. Penelitian ini temasuk studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Data dianalisis menggunakan model tiga langkah Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran projek dapat menguatkan  karakter disiplin, kerja sama dan peduli lingkungan pada diri anak di lembaga PAUD. Disiplin anak terimplementasikan  dari kebiasaan memungut sampah yang ditemukan setiap hari, kerja sama  terimplementasikan dari perilaku saling mendukung dan bergotong royang menciptakan lingkungan bersih, dan kepedulian lingkungan terimplementasikan dari kesediaan dan kegiatan untuk menciptakan lingkungan bebas dari sampah dan pemandangan kotor.


Keywords


Pembelajaran Projek, Penguatan Karakter; Lembaga PAUD

Refbacks

  • There are currently no refbacks.