Author
Zulfiana Zulfiana(1), Widya Kusumaningsih(2), Rosalina Ginting(3),
Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia(1)
Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia(2)
Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia(3) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 383KB]
Published : 2024-11-01
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 163 times PDF Downloaded: 54 timesAbstract
Anak TK yang belum terbiasa mengucapkan terima kasih masih banyak dijumpai. Tujuan penelitian adalah menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan manajemen sekolah ramah anak dalam meningkatkan kemampuan mengucapkan terima kasih anak di Taman Kanak-kanak. Metode yang digunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumen model Miles dan Huberman. Subyek penelitian kepala sekolah, guru dan orang tua di wilayah TK Kecamatan Tuntang. Hasil penelitian bahwa implementasi sekolah ramah anak di TK Kecamatan Tuntang melalui lingkungan belajar inklusif, kurikulum berpusat pada anak, dan keterlibatan aktif orang tua berperan penting dalam meningkatkan kemampuan mengucapkan terima kasih anak TK. Peningkatan terlihat dari kemampuan anak dalam mengucapkan terima kasih ketika diberi pertolongan dan diberi sesuatu. Tantangan utama yang ditemukan adalah konsistensi penerapan di rumah dan sekolah yang tidak seimbang.
Keywords
References
Agustin, M. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1):334–345. http://dx.doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
Andangjati, M. W., Soesilo, T. D., & Yustinus Windrawanto. (2021). Hubungan Antara Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Penerimaan Sosial Anak Kelas XI. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2):167–173). http://dx.doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8126
Fadhilah, N., & Mukhlis, A. M. A. (2021). Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Anak. Jurnal Pendidikan, 22(1):16–34. http://dx.doi.org/10.33830/jp.v22i1.940.2021
Izza, H. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2):951-962 https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483
Junanto, S., & Kusna, N. A. A. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP). Inklusi, 5(2):179. https://doi.org/10.14421/ijds.050202
Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1):958–964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741
Musyarofah, M. (2018). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1):99-111. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122
Rachmi, T., & Urpiah, S. (2020). Penerapan Bermain Bebas Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK. Mekarjaya Kec. Sepatan Kab. Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1):22–29. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.2856
Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(1):57–64. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717
Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 13(1):75–86. http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75
Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2):1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502
Saputro, S. T., & Pardiman, P. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahaanak Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1):78–97. http://dx.doi.org/10.21831/jpai.v10i1.923
Sukatin, Q. Y. H., Alivia, A. A., & Bella, R. (2020). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2):156–171. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7311
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2):543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Yanti, Y., & Marimin. (2017). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Anak. Economic Education Analysis Journal, 6(2):329–338. https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/issue/view/1125
Yuniarni, D. (2016). Peran Paud Dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Demi Membangun Masa Depan Bangsa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 8(1):1–13. http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v8i1.27370
Refbacks
- There are currently no refbacks.