Author
Rahmi Rahmi(1), Maulidah Adelia Putri(2), Annisa Ridha Nurcahyani(3), Rikza Azharona Susanti(4),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia(4) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 776KB]
Published : 2024-10-25
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 71 times PDF Downloaded: 29 timesAbstract
Channel YouTube Kinderflix menimbulkan pertanyaan terkait relevansi dan bobot edukasi dari konten yang dibawakan, mengingat konsep yang dibawakan berbeda dari konten anak sejenisnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa PIAUD terkait konten yang disajikan, dan menganalisis konten apakah relevan dan sesuai dengan panduan untuk edukasi anak. Selain itu, terkait faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa, dilakukan dengan metode wawancara, dan diolah dengan teknik pengkodingan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar mahasiswa dari seluruh angkatan dengan jumlah 90 orang memiliki persepsi yang sama, yakni setuju bahwa dari segi kualitas, relevansi, penggunaan bahasa, serta bobot edukasi yang terdapat dalam channel YouTube Kinderflix, sesuai untuk menjadi tontonan edukasi bagi anak usia dini. Namun, beberapa mahasiswa juga menyoroti adanya kekurangan seperti durasi video yang terlalu panjang. Temuan ini mengindikasikan bahwa Kinderflix memiliki potensi besar sebagai media pembelajaran bagi anak usia dini. Implikasinya, perlu adanya literasi media untuk guru dan orangtua khususnya agar pemanfaatannya lebih efektif.
Keywords
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Astri, S. (2022). Persepsi Mahasiswa Ilkom Makassar Terhadap Tayangan Nessi Judge. Skripsi Sarjana, Universitas Hasanuddin
Fahmi, D. (2021). Persepsi: Bagaimana Sejatinya Persepsi Membentuk Konstruksi Berpikir Kita. Penerbit Anak Hebat Indonesia
Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir, A. S. (2016). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi Kareba (Vol. 5, Issue 2).
Fajriyah, I. D., Ashadi, F., Trianggono, M. M., & Kurniawan, N. (2023). Pengaruh Kebiasaan Menonton Youtube Terhadap Penguasaan Kosa Kata Anak Usia Dini Pada Kelompok A Di Tk Gita Nusa. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 475–485. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.733
Giovani, P. (2020, Maret 06). Unesco: Penutupan Sekolah Akibat Covid-19 Berdampak pada 290 Juta Pelajar di Dunia, Liputan6.com. https://www.liputan6.com/health/read/4195275/unesco-penutupan-sekolah-akibat-covid-19-berdampak-pada-290-juta-pelajar-di-dunia
Hoffman, D. W. (n.d.). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Terhadap Channel Youtube Dengan Konten Pendidikan, CNN Indonesia.
Kurniasih, E. (2019). Media Digital Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif (Vol. 9, Issue 2).
Mutoharoh, T., Dewi Kurnia, M., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Youtube untuk Media Pembelajaran. Jubah Raja, 1(2).
Narti, S., & Pratama, A. (2023). Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial Tik Tok. Jurnal Professional, 10(2).
Nisa, A., Hasna, H., & Yarni, L. (2023). persepsi. Penerbit Anak Hebat Indonesia
Paridawati, I., Daulay, I., & Amalia, R. (2021). Persepsi Orangtua Terhadap Penggunaan Smartphone pada Anak Usia Dini di Desa Indrasakti Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. JOTE.
Pratama, F. (2023, November 8). Nisa Kinderflix Buka Suara Soal Viral Komentar Pelecehan dari Netizen, CNN Indonesia, https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20231108104431-234-1021423/nisa-kinderflix-buka-suara-soal-viral-komentar-pelecehan-dari-netizen.
Purnama, M., Lorence, V., & Tarigan, Y. M. M. (2023). Verbal Sexual Abuse Pada Kolom Komentar Akun Media Sosial Tiktok @Kinderflix.Idn. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 246–261. https://doi.org/10.35760/mkm.2023.v7i2.10135
Sita Pratiwi, D., Ayu Widiastuti, A., Melita Rahardjo, M., (2018). Persepsi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Di Lingkungan Rw 01 Dukuh Krajan Kota Salatiga. Edumaspul: Jurnal Pendidikan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.