- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengenalan Numerasi Awal pada Anak Usia 0-6 Tahun melalui Activity Book di Pos PAUD Nusa Indah Jaya 8
Keywords:
Numerasi Awal, Anak Usia Dini, Activity Book.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas activity book sebagai media pengenalan numerasi pada anak usia 0-6 tahun di Pos PAUD Nusa Indah Jaya 8. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan 38 anak dan 3 guru sebagai subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan activity book dengan desain visual yang menarik, serta tugas-tugas bertahap, berhasil meningkatkan antusiasme dan motivasi anak dalam belajar. Dukungan dari guru dalam mendampingi dan memfasilitasi anak-anak memainkan peran penting, terutama dalam membantu anak memahami instruksi dan menyelesaikan tugas numerasi. Kesimpulannya, kombinasi antara activity book dan bimbingan guru efektif dalam memperkenalkan konsep numerasi dasar kepada anak usia dini, serta meningkatkan keterlibatan mereka dalam kegiatan belajar. Rekomendasi diberikan untuk penelitian lanjutan yang lebih mendalam terkait penggunaan media pembelajaran lain yang inovatif..
Downloads
References
Adhimah, O. K., & Ekawati, R. (2020). Perilaku Pemecahan Masalah Siswa SMK dalam Menyelesaikan Masalah Kombinatorika Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 346–352. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.211
Arniah, A., Rifa’I, A., & Jannah, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8626–8634. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3843
Bonifacci, P., Trambagioli, N., Bernabini, L., & Tobia, V. (2022). Home activities and cognitive skills in relation to early literacy and numeracy: testing a multifactorial model in preschoolers. European Journal of Psychology of Education, 37(3), 681–705. https://doi.org/10.1007/s10212-021-00528-2
Clements, D. H., & Sarama, J. (2021). Learning and Teaching Early Math; The Learning Trajectories Approach; Third Edition (3th ed.). Routledge.
Dalmi, K. D., Dwitasari, P., & Alamin, R. Y. (2023). Perancangan Busy book Pengenalan Emosi pada Anak sebagai Media Alternatif Pembelajaran. Jurnal Vistra, 1(3), 194–203. https://doi.org/10.12962/j29880114.v1i3.748
Fauziyah Anwar, S., Mashudi, E. A., Kunci, K., Anak, :, Dini, U., Keuangan, K., & Finansial, L. (2023). Edukasi Peningkatan Finansial Kepada Anak Usia Dini Melalui Poster. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 285–295. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i2.21777
Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–2. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Haloho, O. (2023). Peran Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Logika Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 7–12.
Hayati, F., Asiah, A., & Maulida, M. (2019). Asesmen Dinamis : Implementasi Teknik Asesmen Berbasis Perkembangan Motorik Halus Di Kelompok Bermain Aisyiyah Mutiara Ummi Kalasan, Yogyakarta. Jurnal Edukasi Anak Usia Dini, 5(2), 123–135.
Julia, P., & Ati, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan nilai karakter disiplin dan kejujuran siswa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 3(2), 112–122.
Kamila, I., & Wathon, A. (2021). Pengembangan Media Rumah Pelangi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung. Jurnal Sistim Informasi Manajemen, 4(1).
Kurnia, M. D., Arfiyanti, R., & Mudopar. (2021). Desain Activity Book dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana pada Siswa Tunarungu SLB Beringin Bhakti. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.589
Kusumawati, L. D., & Mustadi, A. (2021). Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif dalam Memotivasi Siswa Belajar Matematika. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 31–51. https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553
Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan Busy Book pada Anak Usia Dini di PAUD Swadaya PKK. Jurnal Metamorfosa, 5(2), 146–155. https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553
Nafi’ah, Q. N. (2021). Penerapan model pembelajaran berdasarkan gaya belajar untuk anak usia dini era pandemi. Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19, 15–22.
Naibaho, D. (2018). Peranan guru sebagai fasilitator dalam perkembangan peserta didik. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 77–86.
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., & Prabowo, A. (2021). Peran Guru Penjas dalam Kesiapsiagaan Bencana Alam Gempa Bumi di Sekolah Dasar Kecamatan Taba Atas. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 295–303.
Putri, E. I., Fikriyah, D. A., & Wahyuningsih, R. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Busy Book Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Mengenal Konsep Bilangan di Kelompok A RA Insan Mubarok. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/alihsan/article/view/558
Ramadhani, S. N., & Sudarsini. (2018). Media Quiet Book dalam Meningkatkan Keterampilan Memakai Baju Berkancing Bagi Tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 4(1), 12–16.
Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2), 182–192. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8003
Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.48199
Setyowati, J., & Imamah. (2023). Efektifitas Media Kartu Kata dan Gambar dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 4(3). https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.211
Sidik, N. A. H., Fahmi, F., Umami, K., Annajmi, S. P., Akbar, Z., & Fahirah, S. P. I. (2023). Media Pembelajaran (Suatu Pengantar Sarana Pendidikan). Mega Press Nusantara.
Sudarti, S. (2022). Penerapan Pembelajaran Literasi Numerasi Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, 130–139. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/matematika/article/view/297
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Tamara, P. R., Elnawati, E., & Zultiar, I. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Papan Terawang di TK Nurul Amanah Cianjur. Cendikia : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(10), 437–446. https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/3194
Umayah, U., Zamanina, V. P., Putri, T., Ayu, D., & Fatkhurrohman, F. (2024). Penggunaan Alat Peraga Edukatif dalam Kegiatan Literasi Numerasi. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Al-Amin, 2(1), 85–94. https://doi.org/10.54723/ejpiaud.v2i1.169
Van Zoest, L. R., Peterson, B. E., Rougée, A. O. T., Stockero, S. L., Leatham, K. R., & Freeburn, B. (2022). Conceptualizing important facets of teacher responses to student mathematical thinking. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(10), 2583–2608. https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1895341
Wahyuni, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840–5849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3202
Wolfgang, C. H., Stannard, L. L., & Jones, I. (2001). Block play performance among preschoolers as a predictor of later school achievement in mathematics. Journal of Research in Childhood Education, 15(2), 173–180. https://doi.org/10.1080/02568540109594958
Yulianti, E., Jaya, I., & Eliza, D. (2019). Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 41–50. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.33