Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi berbasis Augmented Reality (AR) untuk bangun ruang yang efektif, praktis, dan layak digunakan guna meningkatkan kecerdasan spasial serta self-regulated learning siswa kelas VI SD. Metode yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), dengan validasi oleh ahli media dan materi. Uji coba aplikasi melibatkan guru dan siswa melalui beberapa tahap, yaitu one-to-one, small group, dan field trial. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, lembar penilaian, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini sangat layak dan praktis menurut guru dan siswa. Dari segi efektivitas, aplikasi ini berhasil meningkatkan kecerdasan spasial secara signifikan dengan skor 0,71 (kategori tinggi) dan self-regulated learning dengan skor 0,51 (kategori sedang).


Keywords


aplikasi AR; augmented reality; kecerdasan spasial; self-regulated

Refbacks

  • There are currently no refbacks.