Abstract


Mengenalkan Al-Qur’an pada anak usia dini dibutuhkan strategi yang tepat agar efektif dan menyenangkan, sering kali yang terjadi proses belajar Al-Qu’ran menekankan pada menghafal dengan media konvensional. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan media audio lagu nama-nama surat dalam Al-Qur’an untuk anak usia dini. Metode penelitian ini adalah pengembangan Research and Development (R&D) dengan model Dick and Carey. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling, populasi penelitian mencangkup seluruh siswa kelompok A dan kelompok B sebanyak 32 siswa. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Uji validitas (spert judgment) media audio lagu dilakukan oleh validator ahli media, validator ahli materi, dan guru kelas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil keefektifan uji coba produk sebesar 98,125% yang artinya efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa. Dan kelayakan produk berdasarkan validasi dari Ahli Materi sebesar 86%, Ahli Media sebesar 89,33%, dan Guru Kelas sebesar 93,84% termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan media audio lagu layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Keywords


Anak Usia Dini; Belajar Al-Qur’an; Media Audio Lagu

Refbacks

  • There are currently no refbacks.