Author
Devi Ariashinta(1), Widia Winata(2),
Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia(1)
Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia(2) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 1MB]
Published : 2024-11-29
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 19 times PDF Downloaded: 4 timesAbstract
Mengenalkan Al-Qur’an pada anak usia dini dibutuhkan strategi yang tepat agar efektif dan menyenangkan, sering kali yang terjadi proses belajar Al-Qu’ran menekankan pada menghafal dengan media konvensional. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan media audio lagu nama-nama surat dalam Al-Qur’an untuk anak usia dini. Metode penelitian ini adalah pengembangan Research and Development (R&D) dengan model Dick and Carey. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling, populasi penelitian mencangkup seluruh siswa kelompok A dan kelompok B sebanyak 32 siswa. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Uji validitas (spert judgment) media audio lagu dilakukan oleh validator ahli media, validator ahli materi, dan guru kelas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil keefektifan uji coba produk sebesar 98,125% yang artinya efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa. Dan kelayakan produk berdasarkan validasi dari Ahli Materi sebesar 86%, Ahli Media sebesar 89,33%, dan Guru Kelas sebesar 93,84% termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan media audio lagu layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Keywords
References
Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
Annur, C. (2023). 10 Negara dengan Populasi Muslim Terbanyak Dunia 2023, Indonesia Memimpin!. Diakses pada 20 Maret 2024. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/19/10-negara-dengan-populasi-muslim-terbanyak-dunia-2023-indonesia-memimpin
Ariashinta, D., Zulfitria. (2024). Media Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini. Advances in Social Humanities Research, 1(2). https://doi.org/10.46799/adv.v1i12.141
Arostiyani, D. (2023). Pemanfaatan Lagu Anak-Anak Sebagai Media Pendidikan Karakter Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Desa Linggapura Kecamatan Tonjong, Brebes. http://lib.unnes.ac.id/18661/1/2501409100.pdf
Asep, S. (2023). Problematika Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. https://media.neliti.com/media/publications/240623-problematika-pendidikan-anak-usia-dini-d-c98aea4c.pdf
BPK. (2013). Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 60 Tahun 2013 Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif. https://peraturan.bpk.go.id/Details/41430/perpres-no-60-tahun-2013
Chafizh, A., dkk. (2018). Al-Quranul Karim. CV. Al Fatih Berkah Cipta
Dick, W and Carrey, L. (1985). The Systematic Design Instruction. Second edition. Glenview. Illinois: Scott., Foreman and Company
Dick, Walter. (2005). The Systematic Design of Instruction. Florida State University.
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2020). Rencana Strategis Direktorat Anak Usia Dini 2020 – 2024. Diakses pada tanggal 20 Maret 2024. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20220804_181944.pdf
Evi, S. (2021). Penggunaan Musik Klasik sebagai Media dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional terhadap Anak Usia Balita 0-5 Tahun. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kritiani, 3(2), 102–112. https://sttkerussoindonesia.ac.id/e-journal/index.php/redominate/article/view/29
Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology
Handayani. (2022). Implementasi Seni Musik terhadap Konsentrasi Belajar Siswa dan Pembentukan Karakter di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11370–11378. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4245
Kemdikbud. (2023). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf
Kharisma, G, Rahayu I. (2020). Internalisasi Nilai Karakter Islam pada Siswa Kelas 1 MIN Timur
Krathwohl, B.S. Bloom, B.B Masia. (1964). Taxonomy of Educational Objectives. The Classification of Educational Goals, Handbook II: Affective Domain. David McKay Company, Inc.
Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=954274
Maghfiroh, S. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Tambusai, 5(1). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086
Nafiati. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2). 151-172. https://10.21831/hum.v21i2.29252
Sukardjo. (2008). Desain Pembelajaran: Evaluasi Pembelajaran. Hand-out Perkuliahan: PPs Universitas Negeri Yogyakarta.
Suryabudi, Y. (2022). Pentingnya Pendidikan Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini di PPPA Raudhatul Jannah. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(1), 113-125. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i1.268.
Simpson, E.J. (1966). The classification of educational objectives in the psychomotor domain. The Psychomotor Domain. 3:43-56. Gryphon House
Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktek Pembelajaran). Padang: UNP Press.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Uno, Hamzah. (2009). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Wina, S. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Pranadamedia Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.