Perancangan Media Audio Lagu Nama-nama Surat dalam Al-Quran untuk Anak Usia Dini

Author


Devi Ariashinta(1Mail), Widia Winata(2),
Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia(1)
Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 1MB]

Published : 2024-11-29

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 19 times PDF Downloaded: 4 times

Abstract


Mengenalkan Al-Qur’an pada anak usia dini dibutuhkan strategi yang tepat agar efektif dan menyenangkan, sering kali yang terjadi proses belajar Al-Qu’ran menekankan pada menghafal dengan media konvensional. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan media audio lagu nama-nama surat dalam Al-Qur’an untuk anak usia dini. Metode penelitian ini adalah pengembangan Research and Development (R&D) dengan model Dick and Carey. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling, populasi penelitian mencangkup seluruh siswa kelompok A dan kelompok B sebanyak 32 siswa. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Uji validitas (spert judgment) media audio lagu dilakukan oleh validator ahli media, validator ahli materi, dan guru kelas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil keefektifan uji coba produk sebesar 98,125% yang artinya efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa. Dan kelayakan produk berdasarkan validasi dari Ahli Materi sebesar 86%, Ahli Media sebesar 89,33%, dan Guru Kelas sebesar 93,84% termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan media audio lagu layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Keywords


Anak Usia Dini; Belajar Al-Qur’an; Media Audio Lagu

References


Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546

Annur, C. (2023). 10 Negara dengan Populasi Muslim Terbanyak Dunia 2023, Indonesia Memimpin!. Diakses pada 20 Maret 2024. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/19/10-negara-dengan-populasi-muslim-terbanyak-dunia-2023-indonesia-memimpin

Ariashinta, D., Zulfitria. (2024). Media Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini. Advances in Social Humanities Research, 1(2). https://doi.org/10.46799/adv.v1i12.141

Arostiyani, D. (2023). Pemanfaatan Lagu Anak-Anak Sebagai Media Pendidikan Karakter Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Desa Linggapura Kecamatan Tonjong, Brebes. http://lib.unnes.ac.id/18661/1/2501409100.pdf

Asep, S. (2023). Problematika Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. https://media.neliti.com/media/publications/240623-problematika-pendidikan-anak-usia-dini-d-c98aea4c.pdf

BPK. (2013). Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 60 Tahun 2013 Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif. https://peraturan.bpk.go.id/Details/41430/perpres-no-60-tahun-2013

Chafizh, A., dkk. (2018). Al-Quranul Karim. CV. Al Fatih Berkah Cipta

Dick, W and Carrey, L. (1985). The Systematic Design Instruction. Second edition. Glenview. Illinois: Scott., Foreman and Company

Dick, Walter. (2005). The Systematic Design of Instruction. Florida State University.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2020). Rencana Strategis Direktorat Anak Usia Dini 2020 – 2024. Diakses pada tanggal 20 Maret 2024. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20220804_181944.pdf

Evi, S. (2021). Penggunaan Musik Klasik sebagai Media dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional terhadap Anak Usia Balita 0-5 Tahun. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kritiani, 3(2), 102–112. https://sttkerussoindonesia.ac.id/e-journal/index.php/redominate/article/view/29

Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology

Handayani. (2022). Implementasi Seni Musik terhadap Konsentrasi Belajar Siswa dan Pembentukan Karakter di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11370–11378. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4245

Kemdikbud. (2023). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf

Kharisma, G, Rahayu I. (2020). Internalisasi Nilai Karakter Islam pada Siswa Kelas 1 MIN Timur

Krathwohl, B.S. Bloom, B.B Masia. (1964). Taxonomy of Educational Objectives. The Classification of Educational Goals, Handbook II: Affective Domain. David McKay Company, Inc.

Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=954274

Maghfiroh, S. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Tambusai, 5(1). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086

Nafiati. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2). 151-172. https://10.21831/hum.v21i2.29252

Sukardjo. (2008). Desain Pembelajaran: Evaluasi Pembelajaran. Hand-out Perkuliahan: PPs Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryabudi, Y. (2022). Pentingnya Pendidikan Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini di PPPA Raudhatul Jannah. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(1), 113-125. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i1.268.

Simpson, E.J. (1966). The classification of educational objectives in the psychomotor domain. The Psychomotor Domain. 3:43-56. Gryphon House

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktek Pembelajaran). Padang: UNP Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, Hamzah. (2009). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wina, S. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Pranadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.