Abstract
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui efektivitas pemberian dongeng dengan media boneka dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak prasekolah etnis Madura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen. Penelitian ini melibatkan 20 anak didik dari TK Islam Anak Soleh Kabupaten Bangkalan. Penelitian dilakukan selama 1 minggu dengan memberikan perlakuan berupa pemberian dongeng berbahasa Madura dengan media boneka. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes Peabody Picture Vocabulary Test (PPVT) yang diadaptasi dalam Bahasa Madura. Data yang didapat kemudian diolah dengan menggunakan SPSS 26,0 for Windows dengan uji statistik Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara pemberian dongeng menggunakan media boneka dengan kemampuan berbahasa pada anak prasekolah etnis Madura, nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0.941 (p>0.05). Beberapa faktor yang diduga dapat memengaruhi hasil penelitian yaitu kurangnya keterlibatan anak-anak saat didongengi, terbatasnya kreativitas pendongeng, pelatihan pendongeng yang kurang memadai, dan kurangnya variasi dongeng.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.