Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Moderasi Beragama untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Anak Usia Dini

Authors

  • Muhammad Jafar Nashir Pendidikan Agama Islam, Institut Islam Mambaul Ulum Surakarta, Indonesia
  • Elina Intan Apriliani Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Islam Mambaul Ulum Surakarta, Indonesia
  • Anita Wardani Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Islam Mambaul Ulum Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6117

Keywords:

video interaktif, media pembelajaran, anak usia dini.

Abstract

Dalam rangka menciptakan masyarakat yang lebih inklusif, damai, dan penuh toleransi terhadap perbedaan agama, penting untuk memulai pembentukan nilai dan karakter sejak usia dini.  Video interaktif memiliki potensi untuk menarik perhatian anak-anak, memberikan pengalaman belajar yang mendalam, dan menciptakan atmosfer yang bersifat partisipatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan kuesioner. Prosedur pengembangan ini mengacu pada pengembangan model ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa uji validitas oleh 2 orang expert dikategorikan sangat valid, uji praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru dikategorikan sangat praktis, sedangkan efektifitas dilakukan oleh 13 orang anak dengan kategori efektif dan 2 orang anak dengan kategori tidak efektif. Media video pembelajaran interaktif dapat mempermudah guru dalam menyampaikan sikap toleransi. Selain itu, media video pembelajaran yang dikembangkan didesain secara menarik supaya anak dapat memahami sikap- sikap toleransi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, M., & Gunarti, T. T. (2023). Strategi Komunikasi Partisipatif Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 35-44.

Angela, P., Andini, S. A., & Rohimah, A. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Penguatan Karakter Toleransi pada Siswa Sekolah Dasar 01 Sumberjaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12002

Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319

Ardipal, A. (2021). Pemanfaatan Lagu Anak-Anak Sebagai Media Pengembangan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Paud Cahaya Hati Kabupaten Solok Selatan. Imaji, 18(2), 30037. https://doi.org/10.21831/imaji.v18i2.30037

Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). "Kebun Buah" Learning Media for Early Childhood Counting Ability Despa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128

Budnyk, O., Rembierz, M., Arbeláez-Encarnación, T. F., Rojas-Bahamón, M. J., Arbeláez-Campillo, D. F., Chinchoy, A., & Matveieva, N. (2022). Formation of tolerance in the inclusive environment of an educational institution. Amazonia Investiga, 11(56), 305-319. https://doi.org/10.34069/AI/2022.56.08.29

Christy, A., Barail, E. V. S., Mersiana, U., & Saingo, O. (2024). Dinamika Lingkungan Sosial Dalam Membentuk Sikap Toleransi Pada Generasi Milenial. Inculco Journal of Christian Education, 4(2), 224-235. https://doi.org/10.59404/ijce.v4i2.200

DeVellis, R. F., & Thorpe, C. T. (2022). Scale development: Theory and applications. Personnel Psychology, 75, 243-249. https://doi.org/10.1111/peps.12503

Fajariyanto, T. C., & Tinambunan, A. A. (2022). The Efforts of Catholic Religious Education Teachers in Developing Student Tolerance at SMP Negeri 2 Air Putih. International Journal of Research and Review, 9(7), 623-629. https://doi.org/10.52403/ijrr.20220768

Febrylian, A. D., & Setyadi, D. I. (2017). Perancangan buku digital interaktif sebagai upaya edukasi jajanan aman untuk anak sekolah dasar usia 7-9 tahun. Jurnal Sains dan Seni ITS, 6(2), F95-F100. 10.12962/j23373520.v6i2.27848

Fitria, Y., & Juwita, J. (2018). Utilization of Video Blogs (Vlogs) in Character Learning in Early Childhood. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 211-218. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.88

Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Juannita, E., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. 6(4), 3300-3313. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198

Kazanidis, I., Palaigeorgiou, G., Papadopoulou, Α., & Tsinakos, A. (2018). Augmented Interactive Video: Enhancing Video Interactivity for the School Classroom. Journal of Engineering Science & Technology Review, 11(2). https://doi: 10.25103/jestr.112.23

Masliyana, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(1), 41-51. https://doi.org/10.21093/bocah.v2i1.5744

Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1164-1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619

Nisak, F. F., Munawaroh, H., & Abbas, S. (2022). The Effect of “Kids Moderations†Interactive Multimedia on Religious Moderation Attitudes in Early Childhood. Indonesian Journal of Early Childhood Educational Research (IJECER), 1(1), 38-47. https://doi.org/10.31958/ijecer.v1i1.5811

Nurcholis, M. (2024). Mengembangkan sikap toleransi dalam pembelajaran pai pada kurikulum merdeka di kelas iv sdn 2 pusakasari. Jurnal Pendidikan Educandum, 4(2), 52-62. https://doi.org/10.55656/jpe.v4i2.208

Parida, N., Karuniawati, Y., & Wilyam, V. (2019). Implementasi sikap toleransi beragama dan pengaruhnya bagi anak di era disrupsi. Jurnal CMES, 12(2). https://doi.org/10.57250/ajsh.v4i2.393

Rahman, K. I. (2024). Moderasi Beragama sebagai Dasar Pendidikan Anak Bangsa untuk Menciptakan Kerukunan. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 258-274.

Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124

Sahin, Ç. (2011). Perceptions of prospective teachers about tolerance education. Educational Research and Reviews, 6(1), 71.

Shofiyah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Mi Muhammadiyah 05 Tegalrejo (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Lamongan).

Suciartini, N. N. A. (2017). Urgensi pendidikan toleransi dalam wajah pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(01), 12-22. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.88

Wati, S., Sari, A., Saputra, A., Estuhono, E., Apreasta, L., & Rahmadani, R. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Sentra Tema Alam Semesta Subtema Gejala Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4049-4056. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2520

Downloads

Published

13-12-2024

How to Cite

Nashir, M. J., Apriliani, E. I., & Wardani, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Moderasi Beragama untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1591–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6117

Issue

Section

Articles