- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Moderasi Beragama untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6117Keywords:
video interaktif, media pembelajaran, anak usia dini.Abstract
Dalam rangka menciptakan masyarakat yang lebih inklusif, damai, dan penuh toleransi terhadap perbedaan agama, penting untuk memulai pembentukan nilai dan karakter sejak usia dini. Video interaktif memiliki potensi untuk menarik perhatian anak-anak, memberikan pengalaman belajar yang mendalam, dan menciptakan atmosfer yang bersifat partisipatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan kuesioner. Prosedur pengembangan ini mengacu pada pengembangan model ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa uji validitas oleh 2 orang expert dikategorikan sangat valid, uji praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru dikategorikan sangat praktis, sedangkan efektifitas dilakukan oleh 13 orang anak dengan kategori efektif dan 2 orang anak dengan kategori tidak efektif. Media video pembelajaran interaktif dapat mempermudah guru dalam menyampaikan sikap toleransi. Selain itu, media video pembelajaran yang dikembangkan didesain secara menarik supaya anak dapat memahami sikap- sikap toleransi.
Downloads
References
Ahmadi, M., & Gunarti, T. T. (2023). Strategi Komunikasi Partisipatif Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 35-44.
Angela, P., Andini, S. A., & Rohimah, A. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Penguatan Karakter Toleransi pada Siswa Sekolah Dasar 01 Sumberjaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12002
Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319
Ardipal, A. (2021). Pemanfaatan Lagu Anak-Anak Sebagai Media Pengembangan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Paud Cahaya Hati Kabupaten Solok Selatan. Imaji, 18(2), 30037. https://doi.org/10.21831/imaji.v18i2.30037
Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). "Kebun Buah" Learning Media for Early Childhood Counting Ability Despa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128
Budnyk, O., Rembierz, M., Arbeláez-Encarnación, T. F., Rojas-Bahamón, M. J., Arbeláez-Campillo, D. F., Chinchoy, A., & Matveieva, N. (2022). Formation of tolerance in the inclusive environment of an educational institution. Amazonia Investiga, 11(56), 305-319. https://doi.org/10.34069/AI/2022.56.08.29
Christy, A., Barail, E. V. S., Mersiana, U., & Saingo, O. (2024). Dinamika Lingkungan Sosial Dalam Membentuk Sikap Toleransi Pada Generasi Milenial. Inculco Journal of Christian Education, 4(2), 224-235. https://doi.org/10.59404/ijce.v4i2.200
DeVellis, R. F., & Thorpe, C. T. (2022). Scale development: Theory and applications. Personnel Psychology, 75, 243-249. https://doi.org/10.1111/peps.12503
Fajariyanto, T. C., & Tinambunan, A. A. (2022). The Efforts of Catholic Religious Education Teachers in Developing Student Tolerance at SMP Negeri 2 Air Putih. International Journal of Research and Review, 9(7), 623-629. https://doi.org/10.52403/ijrr.20220768
Febrylian, A. D., & Setyadi, D. I. (2017). Perancangan buku digital interaktif sebagai upaya edukasi jajanan aman untuk anak sekolah dasar usia 7-9 tahun. Jurnal Sains dan Seni ITS, 6(2), F95-F100. 10.12962/j23373520.v6i2.27848
Fitria, Y., & Juwita, J. (2018). Utilization of Video Blogs (Vlogs) in Character Learning in Early Childhood. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 211-218. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.88
Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Juannita, E., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. 6(4), 3300-3313. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198
Kazanidis, I., Palaigeorgiou, G., Papadopoulou, Α., & Tsinakos, A. (2018). Augmented Interactive Video: Enhancing Video Interactivity for the School Classroom. Journal of Engineering Science & Technology Review, 11(2). https://doi: 10.25103/jestr.112.23
Masliyana, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(1), 41-51. https://doi.org/10.21093/bocah.v2i1.5744
Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1164-1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619
Nisak, F. F., Munawaroh, H., & Abbas, S. (2022). The Effect of “Kids Moderations†Interactive Multimedia on Religious Moderation Attitudes in Early Childhood. Indonesian Journal of Early Childhood Educational Research (IJECER), 1(1), 38-47. https://doi.org/10.31958/ijecer.v1i1.5811
Nurcholis, M. (2024). Mengembangkan sikap toleransi dalam pembelajaran pai pada kurikulum merdeka di kelas iv sdn 2 pusakasari. Jurnal Pendidikan Educandum, 4(2), 52-62. https://doi.org/10.55656/jpe.v4i2.208
Parida, N., Karuniawati, Y., & Wilyam, V. (2019). Implementasi sikap toleransi beragama dan pengaruhnya bagi anak di era disrupsi. Jurnal CMES, 12(2). https://doi.org/10.57250/ajsh.v4i2.393
Rahman, K. I. (2024). Moderasi Beragama sebagai Dasar Pendidikan Anak Bangsa untuk Menciptakan Kerukunan. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 258-274.
Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124
Sahin, Ç. (2011). Perceptions of prospective teachers about tolerance education. Educational Research and Reviews, 6(1), 71.
Shofiyah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Mi Muhammadiyah 05 Tegalrejo (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Lamongan).
Suciartini, N. N. A. (2017). Urgensi pendidikan toleransi dalam wajah pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(01), 12-22. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.88
Wati, S., Sari, A., Saputra, A., Estuhono, E., Apreasta, L., & Rahmadani, R. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Sentra Tema Alam Semesta Subtema Gejala Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4049-4056. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2520