Pengaruh Media Loose Parts terhadap Kemampuan Pra Menulis Anak Usia Dini

Author


Sirjon Sirjon(1Mail), Andrianus Krobo(2), Minatriyani Minatriyani(3), Fitriyani Fitriyani(4), Yerius Maling(5),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Cenderawasih, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Cenderawasih, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Cenderawasih, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Cenderawasih, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Cenderawasih, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 392KB]

Published : 2024-11-25

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 26 times PDF Downloaded: 14 times

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media loose parts terhadap kemampuan pra menulis anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anak usia dini di TK Kemala Bhayangkari Sentani. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 17 anak yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Metode analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil uji normalitas data menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dimana nilai signifikansi data pretest 0,100> 0,05, dan Posttest 0,784 > 0,05. Hasil uji homogenitas juga menunjukkan bahwa data homogen dengan nilai signifikansi 0,579 > 0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 2,09 meningkat pada data posttest menjadi 3,59. Terlihat nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karenanya, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media loose part berpengaruh positif terhadap keterampilan pra menulis anak.


Keywords


Bahasa; Eksperimen; Loose parts; Media Pembelajaran; Pra Menulis

References


Darmiatun, S., & Mayar, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kolase Dengan Menggunakan Bahan Bekas Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327

Dewi, E. R. V, Hibana, H., & Ali, M. (2022). Loose Part: Finding Innovation in Learning Early Childhood Education. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 7(2), 53–66. https://doi.org/10.14421/jga.2022.72-01

Erik, E., Darojat, J., & Fatikhah, F. (2021). Pengaruh Home Literacy Terhadap Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Di Cirebon. Jurnal Pelita Paud, 5(2), 286–292. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1349

Fachrurrazi, A., & Affrida, E. N. (2023). Penggunaan Media Loose Part Dalam Memberikan Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia 4-5 Tahun. SNHRP, 5, 2055–2059. https://doi.org/10.17509/JPA.V5I2.40920

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi Di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Fajarwati, A., Setiawati, E., & Yusdiana, Y. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Seni Rupa Pada Anak Usia Dini. Jea (Jurnal Edukasi Aud), 8(1), 15. https://doi.org/10.18592/jea.v8i1.6552

Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197

Flannigan, C., & Dietze, B. (2018). Children, Outdoor Play, and Loose Parts. Journal of Childhood Studies, 53–60. https://doi.org/10.18357/jcs.v42i4.18103

Jazariyah, J., & Durtam, D. (2019). Pendampingan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Pengenalan Literasi Untuk Anak Usia Dini. Dimasejati Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.24235/dimasejati.v1i2.5471

Mardliyah, S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. (2020). Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 892–899. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V4I2.476

Muntomimah, S., & Wijayanti, R. (2021). The Importance of STEAM Loose Part Learning Effectiveness in Early Childhood Cognitive Learning. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210413.012

Nababan, R., & Tesmanto, J. (2021). Perkembangan Motorik Halus Melalui Finger Painting Pada Anak Kelompok Bermain Di TK Advent Tahun Pelajaran 2020/2021. Research and Development Journal of Education, 7(2), 518. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.11246

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan Dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak Dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Nurhayati, F. (2022). Dampak Kegiatan Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad Journal on Early Childhood, 5(1), 15–21. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.212

Nurjanah, S., & Muthmainah. (2023). Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3519–3536. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V7I3.4434

Prameswari, T., & Lestariningrum, A. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Bermain Loose Parts Untuk Pencapaian Keterampilan 4c Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Efektor, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.29407/E.V7I1.14387

Purwati, D., Astawan, I. G., & Antara, P. A. (2024). Enhancing Creative Imagination Ability in Early Childhood: A Study on Differential Learning Assisted with Loose Parts Media and Social Skills. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 12(1), 26–35. https://doi.org/10.23887/PAUD.V12I1.74007

Safitri, D., & Lestariningrum, A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40–52. https://doi.org/10.19105/KIDDO.V2I1.3645

Setiawati, E., Usmaedi, Nurtiani, A. T., Nuryati, Mamma, A. T., Sirjon, Yusdiana, Ruiyat, S. A., Fajarwati, A., Rahmani, A., Aryadi, D., Hartuti, & Setiana, Y. N. (2020). Develop Green Behaviour through Ecoliteracy for Early Children. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 1551–1558. https://doi.org/10.31838/SRP.2020.11.219

Setyaningsih, D., Sirjon, & Mamma, A. T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Bakiak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7036–7044. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I6.2573

Shabrina, E., & Lestariningrum, A. (2020). The role of loose parts play in logical thinking skill in KB Lab school. Journal of Early Childhood Care and Education, 3(1), 36. https://doi.org/10.26555/JECCE.V3I1.1679

Sirjon, & Yaung, H. F. (2021). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Media Boneka Jari di TK Pelangi Genyem Kabupaten Jayapura. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 62–73. https://doi.org/10.23960/JPA.V7N2.22968

Spencer, R., Joshi, N., Branje, K., McIsaac, J.-L. D., Cawley, J., Rehman, L., Kirk, S., & Stone, M. (2019). Educator Perceptions on the Benefits and Challenges of Loose Parts Play in the Outdoor Environments of Childcare Centres. Aims Public Health, 6(4), 461–476. https://doi.org/10.3934/publichealth.2019.4.461

Spencer, R., Joshi, N., Branje, K., Murray, N., Kirk, S., & Stone, M. (2021). Early Childhood Educator Perceptions of Risky Play in an Outdoor Loose Parts Intervention. Aims Public Health, 8(2), 213–228. https://doi.org/10.3934/publichealth.2021017

Sumarmi, S., & Afendi, A. R. (2022). Improving Learning Creativity in Early Childhood Through Learning Media Loose Part: Energetic, Concentrated and Creative. Eduline Journal of Education and Learning Innovation, 2(3), 392–398. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline1262

Trinanda, M. A., & Yaswinda, Y. (2022). The Effect of Using Loose Parts Media on Critical Thinking Ability in Children Aged 5-6 Years in Learning in Kindergarten. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220602.010

Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga Pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255

Wahyuni, S., Kurnia, R., & Zulkifli, Z. (2020). Pengembangan Media Miniature City Letter Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak Usia 4-5 Tahun. Aulad Journal on Early Childhood, 3(3), 121–125. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i3.77

Winarti, W., & Suryana, D. (2020). Pengaruh Permainan Puppet Fun Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 873. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.462

Yunita, N., Kurnia, R., & Chairilsyah, D. (2020). Pengaruh Media Typewriter Alphabet Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. Aulad Journal on Early Childhood, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.51


Refbacks

  • There are currently no refbacks.