Peningkatan Kompetensi Pedagogi Guru PAUD dalam Pelatihan Pengembangan Kurikulum berbasis Local Wisdom

Author


Aprilia Tina Lidyasari(1), Edi Purwanta(2), Ika Budi Maryatun(3), Albi Anggito(4Mail), Dita Salsavira Cahya Ningrum(5), Sri Uning Puji Utami(6),
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3)
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(4)
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(5)
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(6)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 291KB]

Published : 2024-09-30

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 33 times PDF Downloaded: 7 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogi guru PAUD melalui pelatihan pengembangan kurikulum berbasis kearifan lokal di Kapanewon Pajangan, Bantul, DIY. Metode penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimen. Sampel penelitian ini melibatkan 87 dewan guru yang tergabung dalam PKG PAUD Kapanewon Pajangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara saat pengumpulan analisis kebutuhan awal dan angket untuk mengukur peningkatan kompetensi pedagogi guru sebelum dan setelah pelatihan. Teknik analisis data yang digunakan adalan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest dan posttest angket kemampuan pedagogi guru menunjukkan peningkatan yang signifikan sebelum dan setelah adanya pelatihan pengembangan kurikulum berbasis kearifan lokal terbukti dengan hasil uji n-gain sebesar 0,98 


Keywords


guru PAUD; kompetensi pedagogi; local wisdom; pengembangan kurikulum

References


Adzani, H. N., Dewi, N. K., & Sholeha, V. (2024). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Paud Terhadap Penerapan Pembelajaran Steam. Kumara Cendekia, 12(1), 1. https://doi.org/10.20961/kc.v12i1.64842

Annisha, D. (2024). Integrasi Penggunaan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Proses Pembelajaran pada Konsep Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu, 8(3), 2108–2115. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7706

Catur. (2023). Pelatihan Pengelolaan PAUD Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dan Memahami Sulingjar PAUD. Catur.Desa.Id. https://catur.desa.id/artikel/2023/11/17/pelatihan-pengelolaan-paud-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka-dan-memahami-sulingjar-paud

Darmawan, M. F. (2024). Pengembangan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dalam gerakan literasi di sekolah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 7311–7316. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/29583/20110/97366https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/29583/20110/97366

Fadillah, C. N., & Yusuf, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(2), 120. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.41596

Fahira, H., Anggraeni Dewi, D., & Saeful Hayat, R. (2023). Peran Pendidikan Sebagai Sarana Pelestarian Budaya Sekitar Bagi Peserta Didik. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(3), 63–72. https://ejournal.alhafiindonesia.co.id/index.php/JOUMI/article/view/182

Farwan, R., Ali, M., & Lukmanulhakim. (2017). Pemahaman Guru Paud Terhadap Kompetensi Pedagogik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(6), 1–17.

Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi Penggantian Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148–155. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4528

Halalutu, F. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Kompotensi Pedagogik Guru Dalam Menyusun, Mengembangkan CP, TP dan ATP Melalui KKG di MIM Unggulan Kota Gorontalo. Research Review: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 207–213. https://doi.org/10.54923/researchreview.v2i2.50

Hasanah, A. (2023). Menjadi Pendidik Anak Usia Dini Yang Profesional. Anakta : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 73–81. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/anakta_piaud/article/view/5999https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/anakta_piaud/article/view/5999

Hijriyani, Y. S. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01(01), 13–27. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/592

Joseph, L. S., & Salenussa, D. (2023). Meningkatkan Kompetensi pedagogi untuk Inovasi Guru PAUD. Instutio: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 9(2). https://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/IT/article/download/1009/370

Kusmiyati, K., & Sarmi, N. N. (2020). Pelatihan Pengembangan Alat Permainan Edukatif Berbasis Ramah Lingkungan Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Karya Abdi, 1(02), 79–93. https://doi.org/https://doi.org/10.32520/karyaabdi.v1i02.1159

Lestari, Bahrozi, I., & Yuliana, I. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 153–160. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p153-160

Marwa, D. N., & Sumardi. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Non Formal dalam Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 66–73. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1395

Miftakhi, D. R., & Pramusinto, H. (2023). Implementasi Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD Melalui Diklat Berjenjang. Papernia - Multidisciplinary Scientific Journal for Innovative Research, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.59178/papernia.202301012

Mimin, E. (2021). Pengembangan Model Kurikulum PAUD 2013 Berbasis Kearifan Lokal Suku Ngalum Ok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 374–388. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1327

Mimin, E. (2023). Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dengan kurikulum paud: strategi mewujudkan siswa paud profil pelajar Pancasila. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 7(01), 93–104. 10.29408/goldenage.v7i01.18336%0AIntegrasihttps://doi.org/

Muhtaroh. (2020). Kurikulum pendidikan anak usia dini berbasis kearifan lokal terintegrasi pembelajaran coding. Jurnal Horizon Pedagogia, 1(1), 28–37. http://www.ainfo.inia.uy/digital/bitstream/item/7130/1/LUZARDO-BUIATRIA-2017.pdf

Nurtiani, A., & Fajriah, N. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Pembentukan Sikap Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 9(2), 84–96. https://doi.org/10.46244/buahhati.v9i2.2076

Prasetiawan, H., Effendi, K., & Kurniawan, S. J. (2020). Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Nilai Sosial. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(2), 65–75. https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/86/72

Rakhmania, R., Purwanti, M., & Riyanti, B. P. D. (2023). Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Memahami Teori dan Praktik Pendidikan untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6591–6608. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5340

Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1223

Setyani, N. H., Handayani, A., & Rahmawati, D. (2023). Pengembangan Keterampilan Numerasi Dan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Bahan Alam. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(3), 55–73. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i3.776%0APengembangan

Shalehah, N. A. (2023). Studi Literatur: Konsep Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1), 70–81. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.6043

Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4), 376–387. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i4.667

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif dan r&k. Alfabeta.

Sum, T. A. (2019). Kompetensi Guru Paud Dalam Pembelajaran Di Paud Di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia DIni, 2(1), 68–75. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jllpaud/article/view/340

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Tarigan, M. M. R., Larsen, E. H., Hutagalung, R., Iqbal, M., Br Tarigan, S., Tumanggor, S., & Limbong, R. (2022). Kompetensi Guru Paud Dalam Pembelajaran Paud Di Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 2(2), 221–234. https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i2.6096

Tenri, A. A., & Suflianti, R. S. (2023). Pelatihan Penyusunan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka bagi Guru-guru PAUD. Madaniya, 4(1), 121–127. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/354%0Ahttps://madaniya.pustaka.my.id/journals/index.php/contents/article/download/354/239

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Zyuro, H. S. N., & Komalasari, D. (2020). Anlisis masalah kompetensi ppedagogik guru paud tersertifikasi di kecamatan lamongan. PAUD Teratai, 9(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/35148/31271


Refbacks

  • There are currently no refbacks.