- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Peningkatan Kompetensi Pedagogi Guru PAUD dalam Pelatihan Pengembangan Kurikulum berbasis Local Wisdom
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6099Keywords:
guru PAUD, kompetensi pedagogi, local wisdom, pengembangan kurikulumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogi guru PAUD melalui pelatihan pengembangan kurikulum berbasis kearifan lokal di Kapanewon Pajangan, Bantul, DIY. Metode penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimen. Sampel penelitian ini melibatkan 87 dewan guru yang tergabung dalam PKG PAUD Kapanewon Pajangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara saat pengumpulan analisis kebutuhan awal dan angket untuk mengukur peningkatan kompetensi pedagogi guru sebelum dan setelah pelatihan. Teknik analisis data yang digunakan adalan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest dan posttest angket kemampuan pedagogi guru menunjukkan peningkatan yang signifikan sebelum dan setelah adanya pelatihan pengembangan kurikulum berbasis kearifan lokal terbukti dengan hasil uji n-gain sebesar 0,98Â
Downloads
References
Adzani, H. N., Dewi, N. K., & Sholeha, V. (2024). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Paud Terhadap Penerapan Pembelajaran Steam. Kumara Cendekia, 12(1), 1. https://doi.org/10.20961/kc.v12i1.64842
Annisha, D. (2024). Integrasi Penggunaan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Proses Pembelajaran pada Konsep Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu, 8(3), 2108–2115. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7706
Catur. (2023). Pelatihan Pengelolaan PAUD Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dan Memahami Sulingjar PAUD. Catur.Desa.Id. https://catur.desa.id/artikel/2023/11/17/pelatihan-pengelolaan-paud-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka-dan-memahami-sulingjar-paud
Darmawan, M. F. (2024). Pengembangan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dalam gerakan literasi di sekolah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 7311–7316. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/29583/20110/97366https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/29583/20110/97366
Fadillah, C. N., & Yusuf, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(2), 120. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.41596
Fahira, H., Anggraeni Dewi, D., & Saeful Hayat, R. (2023). Peran Pendidikan Sebagai Sarana Pelestarian Budaya Sekitar Bagi Peserta Didik. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(3), 63–72. https://ejournal.alhafiindonesia.co.id/index.php/JOUMI/article/view/182
Farwan, R., Ali, M., & Lukmanulhakim. (2017). Pemahaman Guru Paud Terhadap Kompetensi Pedagogik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(6), 1–17.
Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi Penggantian Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148–155. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4528
Halalutu, F. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Kompotensi Pedagogik Guru Dalam Menyusun, Mengembangkan CP, TP dan ATP Melalui KKG di MIM Unggulan Kota Gorontalo. Research Review: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 207–213. https://doi.org/10.54923/researchreview.v2i2.50
Hasanah, A. (2023). Menjadi Pendidik Anak Usia Dini Yang Profesional. Anakta : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 73–81. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/anakta_piaud/article/view/5999https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/anakta_piaud/article/view/5999
Hijriyani, Y. S. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01(01), 13–27. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/592
Joseph, L. S., & Salenussa, D. (2023). Meningkatkan Kompetensi pedagogi untuk Inovasi Guru PAUD. Instutio: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 9(2). https://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/IT/article/download/1009/370
Kusmiyati, K., & Sarmi, N. N. (2020). Pelatihan Pengembangan Alat Permainan Edukatif Berbasis Ramah Lingkungan Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Karya Abdi, 1(02), 79–93. https://doi.org/https://doi.org/10.32520/karyaabdi.v1i02.1159
Lestari, Bahrozi, I., & Yuliana, I. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 153–160. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p153-160
Marwa, D. N., & Sumardi. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Non Formal dalam Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 66–73. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1395
Miftakhi, D. R., & Pramusinto, H. (2023). Implementasi Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD Melalui Diklat Berjenjang. Papernia - Multidisciplinary Scientific Journal for Innovative Research, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.59178/papernia.202301012
Mimin, E. (2021). Pengembangan Model Kurikulum PAUD 2013 Berbasis Kearifan Lokal Suku Ngalum Ok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 374–388. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1327
Mimin, E. (2023). Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dengan kurikulum paud: strategi mewujudkan siswa paud profil pelajar Pancasila. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 7(01), 93–104. 10.29408/goldenage.v7i01.18336%0AIntegrasihttps://doi.org/
Muhtaroh. (2020). Kurikulum pendidikan anak usia dini berbasis kearifan lokal terintegrasi pembelajaran coding. Jurnal Horizon Pedagogia, 1(1), 28–37. http://www.ainfo.inia.uy/digital/bitstream/item/7130/1/LUZARDO-BUIATRIA-2017.pdf
Nurtiani, A., & Fajriah, N. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Pembentukan Sikap Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 9(2), 84–96. https://doi.org/10.46244/buahhati.v9i2.2076
Prasetiawan, H., Effendi, K., & Kurniawan, S. J. (2020). Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Nilai Sosial. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(2), 65–75. https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/86/72
Rakhmania, R., Purwanti, M., & Riyanti, B. P. D. (2023). Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Memahami Teori dan Praktik Pendidikan untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6591–6608. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5340
Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1223
Setyani, N. H., Handayani, A., & Rahmawati, D. (2023). Pengembangan Keterampilan Numerasi Dan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Bahan Alam. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(3), 55–73. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i3.776%0APengembangan
Shalehah, N. A. (2023). Studi Literatur: Konsep Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1), 70–81. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.6043
Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4), 376–387. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i4.667
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif dan r&k. Alfabeta.
Sum, T. A. (2019). Kompetensi Guru Paud Dalam Pembelajaran Di Paud Di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia DIni, 2(1), 68–75. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jllpaud/article/view/340
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Tarigan, M. M. R., Larsen, E. H., Hutagalung, R., Iqbal, M., Br Tarigan, S., Tumanggor, S., & Limbong, R. (2022). Kompetensi Guru Paud Dalam Pembelajaran Paud Di Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 2(2), 221–234. https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i2.6096
Tenri, A. A., & Suflianti, R. S. (2023). Pelatihan Penyusunan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka bagi Guru-guru PAUD. Madaniya, 4(1), 121–127. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/354%0Ahttps://madaniya.pustaka.my.id/journals/index.php/contents/article/download/354/239
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Zyuro, H. S. N., & Komalasari, D. (2020). Anlisis masalah kompetensi ppedagogik guru paud tersertifikasi di kecamatan lamongan. PAUD Teratai, 9(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/35148/31271