Model Manajemen Sekolah Ramah Anak (SRA) dalam Menanamkan Pendidikan Karakter pada Kurikulum Merdeka

Author


Nasarudin Nasarudin(1Mail), Ahmad Helwani Syafii(2), Nurjannah Nurjannah(3), Muhirdan Muhirdan(4), Husnan Husnan(5), Henny Marlina(6),
Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia(1)
Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia(2)
Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia(3)
Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia(4)
Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia(5)
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Mataram, Indonesia(6)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 410KB]

Published : 2024-09-28

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 92 times PDF Downloaded: 25 times

Abstract


Kebijakan Sekolah Ramah Anak (SRA) di MIN 1 menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, bebas dari diskriminasi dan kekerasan, serta memperkuat pendidikan karakter sesuai Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi model manajemen SRA yang efektif dalam menanamkan pendidikan karakter di MIN 1. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, penelitian ini mengidentifikasi bahwa model manajemen kolegial yang diterapkan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk kepala sekolah, guru, staf, siswa, orang tua, dan masyarakat dalam setiap tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi program SRA. Kolaborasi ini memastikan terciptanya lingkungan belajar yang inklusif, mendukung kesejahteraan siswa, serta membangun nilai-nilai karakter melalui proses pembelajaran yang berkelanjutan. Model manajemen kolegial ini juga berkontribusi pada penguatan pendidikan karakter, dengan menekankan pentingnya keterlibatan aktif semua pihak dalam membangun budaya sekolah yang aman, nyaman, dan menghargai hak-hak siswa sesuai dengan prinsip-prinsip SRA dan Kurikulum Merdeka.


Keywords


SRA; Kurikulum Merdeka; Model Manajamen Kolegial; Pendidikan Karakter

References


Anggraeni, C., Elan, E., & Mulyadi, S. (2021). Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Dan Tanggungjawab Di Ra Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 5(1), 100–109. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39692

Bush, T. (2008). Leadership and Management Development in Education. Sage Publication Inc. https://doi.org/10.4135/9781446213605

Cahyanti, N. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Implementasi Sekolah Ramah Anak Di Sd Negeri Pujokusuman I Yogyakarta [Uny]. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75031

Cornivia, S. P., & Suwanda, I. M. (2022). Implementasi program sekolah berbasis ramah anak di SMP Negeri 2 Tuban. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n3https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n3

Dewi, N. S., & Syukur, M. (2022). Implementasi dan Kontribusi Komite Sekolah terhadap Program SRA. Pinisi Journal of Sociology Education. https://doi.org/10.26858/pjser.v1i2.23448 https://doi.org/10.26858/pjser.v1i2.23448

Efianingrum, A. (2016). Kultur Sekolah. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1). https://doi.org/10.22146/jps.v2i1.23404 https://doi.org/10.22146/jps.v2i1.23404

Evianah, N. (2023). Pentingnya Sekolah Ramah Anak Sebagai Bentuk Pemenuhan Dan Perlindungan Anak. JPDK. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11500

Farhana, G., & Cholimah, N. (2024). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5370

Fathurahman, M. D. (2017). Implementation Of Adiwiyata Program In Supporting Establishment Of Environment Cares Character In 4 Public High School Pandeglang. Jurnal Geografi Gea, 17(1), 25. https://doi.org/10.17509/gea.v17i1.5954

Gaol, N. T. L. (2023). Teori dan Model Manajemen Pendidikan: Sebuah Kajian Fundamental. PT. Scifintech Andrew Wijaya.

Hasanah, Z., As’ad, M. U., & Akhmad, B. (2021). Program Kerja Sebagai Kepuasan Pelayanan Kepada Masyarakat Kecamatan Sungai Pinang. Uniska. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/8185

Hillis, S., Mercy, J., Amobi, A., & Kress, H. (2016). Global Prevalence of Past-year Violence Against Children: A Systematic Review and Minimum Estimates. Pediatrics, 137(3). https://doi.org/10.1542/peds.2015-4079

Inniyah, S., & Mulawarman, W. G. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Program Sekolah Ramah Anak Pada Smp Negeri 2 Tenggarong Dengan Model Evaluasi Cipp. Fkip Unmul. https://doi.org/10.30872/jimpian.v1i2.852https://doi.org/10.30872/jimpian.v1i2.852

Jumadi, Jamaluddin, & Ikhsan. (2022). Partisipasi Komite Sekolah Terhadap Pengelolaan Pendidikan di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Ninestars Educaiton. https://dinastipub.org/DIJEMSS/article/view/3089https://dinastipub.org/DIJEMSS/article/view/3089

Junaidi, A., & Dkk. (2020). Panduan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kurniyawan, M. D., Sultoni, & Sunandar, A. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p192https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p192

Lian, B., Kristiawan, M., & Fitriya, R. (2018). Giving Creativity Room To Students Through The Friendly School’s Program. Nternational Journal Of Scientific & Technology Research, 7(1). https://doi.org/10.31219/osf.io/zebpd

Lusiana, S. N. E., & Arifin, S. (2022). Dampak Bullying Terhadap Kepribadian Dan Pendidikan Seorang Anak. Kariman. https://doi.org/10.52185/kariman.v10i2.252

Marno, Fitrah, N., & Alfiana Yuli Efianti. (2021). Model Manajemen SRA. Republik Karya. http://repository.uin-malang.ac.id/10561/

Masnawati, E., Darmawan, D., & Masfufah. (2023). Peran Ekstrakurikuler dalam Membentuk Karakter Siswa. PPIMAN. https://doi.org/oi.org/10.59603/ppiman.v1i4

Meilasari, D., & Ichsan. (2024). Metode Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.3820

Mudkir, M. (2023). Penanamannilai-Nilai Karakter Religius Melaluikegiatan Keagamaan. Ambarsa: Jurnal PendidikanIslam.

Munawaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendiidikan Islam. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363

Nasarudin. (2022). Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab : Implementasi dalam Mencapai Mutu (Vol. 1). Penerbit KBM Indonesia.

Nasarudin. (2023). Manajemen pembelajaran bahasa Arab dalam paradigma Kurikulum Merdeka. Deepublish.

Nasarudin, & Husnan. (2023). Pelatihan Penerapan Konvensi Hak (KHA) Anak Dan Satuan Pendidikan Ramah Anak (SRA) di Madrasah. Income. https://doi.org/10.56855/income.v2i2.336

Nasarudin, Husnan, & Nurjannah. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) bagi Guru Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qur’an Pagutan Mataram. Income. https://doi.org/doi.org/10.56855/income.v2i3.699

Nasarudin, Mahaly, S., Munjiah, M., Mappanyompa, & Dkk. (2024). Studi Kasus dan Multi situs dalam Pendekatan Kualitatif. Gita Lentera.

Nasarudin, N. (2018). Tathbîq Manhaj Ta’lîm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah ‘Ala Asâs Al-Tahshîl Al-Dirâsî Fî Al-Jâmi’ât Al-Islâmiyyah Bi Mataram Indonesia. Arabiyat, 5(2), 374–391.n

Nasarudin, N., Nurjannah, N., Janudin, S., Hunainah, H., Hasaniyah, N., & Fitriani, F. (2023). The urgency of Child Friendly Schools (CFS) in Arabic language learning in Madrasah (Islamic School). Nternational Conference on Islamic Education (IIED).

Nasarudin, Nurjannah, Alfian, M. I., & Izomi, M. S. (2023). Urgensi Konsep Diferensiasi Carol Ann Tomlinson Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. PINBA VII IMLA.

Nasarudin, & Syafii, A. H. (2022). Evaluasi Kurikulum Inklusi Di Madrasah Ibtidaiyah Dan Tsanawiyah Pada Era Kenormalan Baru. Journal of Disability Studies INKLUSI, 9(1), 99–124. https://doi.org/10.14421/ijds.090106

Nasution, F., Azura, C. N., Nurliana, D., & Rahman, M. F. (2023). Perangkat untuk Pengajaran Efektif. JENFOL. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5980

Nurizka1, R., & Rahim, A. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pengelolaan Kelas. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik PKn.

Putri, D. K., & Supriyanto. (2021). Sekolah Ramah Anak Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Jenjang Pendidikan Dasar. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2), 489–502.

Raharjo, S. B., Masahere, U., & Widodo, W. (2023). Komitmen organisasi sebagai strategi peningkatan kinerja dan loyalitas karyawan: studi tinjauan literatur. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA). https://doi.org/10.37631/ebisma.v4i1.930

Rangkuti, S., & Maksum, I. R. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Di Smp Negeri 6 Depok. NATAPRAJA, 7(2), 231–244.

Saputri, R. Y., Oktaria, S. D., & Muhisom. (2023). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Membangun Sekolah yang Efektif di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD.

Sari, M. W., Adhani, D. N., & Karim, M. B. (2021). Peran Guru Dalam Penerapan Sekolah Ramah Anak Di Tk Ykk 1 Bangkalan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini.

Setyawan, D., Priantono, A., & Firdausi, F. (2021). Model George Edward Iii: Implementasi Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Kawasan Tanpa Rokok Di Kota Malang. Jurnal Politik, Sosial & Kebijakan Publik (Publicio).

Sowiyah. (2020). Manajemen sekolah ramah anak : teori dan praktik. Graha Ilmu.

Supeni, S., Handini, O., & Hakim, L. Al. (2021). Analisis Kebijakan Model Pengembangan Sekolah Ramah Anak (Sra) Pada Sekolah Dasar (Sd) Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Daerah Untuk Mendukung Kota Layak Anak. Unisri Press.

Surtini, S., & Herawati, N. I. (2024). Upaya Mewujudkan Sekolah Inkusif: Sekolah Ramah Anak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Simpati, 2(3), 82–94. https://doi.org/10.59024/simpati.v2i3.817

Susanto. (2022). Pendampingan Melalui Pelatihan Sekolah Ramah Anak Di Sd Karakter Genius Islamic School. Indonesian Engagement Journal.

Sutha, D. W., Christine, C., Prihartanti, N. G., & Kartika, R. C. (2024). Sekolah Dasar Bebas Asap Rokok: Menciptakan Lingkungan Sehat Dan Ramah Anak. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 69.

Tachjan. (2006). Implementasi Kebijakan Publik. AIPI.

Tadjudin. (2014). Pengawasan Dalam Manajemen Pendidikan. Ta’allum.

Wardi, M. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 1 Kota Mataram Tahun 2018. Ibtida’iy. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v4i2.1285

Wulandari, T., Nirwana, I., & Nurlinda, N. (2022). Partisipasi Orang Tua Terhadap Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak (Sra) Di Sd Ramah Anak Kabupaten Sleman. Harakat An-Nisa: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 7(1), 9–14.

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (Sage (Sixt). Sage Publication Inc.

Yolandini, P., & Rahaju, T. (2020). Implementasikebijakan Sekolah Ramah Anak Di Sma Negeri 3 Kota Kediri. Publika. https://doi.org/10.26740/publika.v8n1.p%25p


Refbacks

  • There are currently no refbacks.