- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Modul Pembelajaran Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar di TK
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6068Keywords:
anak usia dini, kemampuan motorik kasar, modul pembelajaranAbstract
Kemampuan motorik kasar merupakan salah satu perkembangan kemampuan yang sangat penting dan harus diberi stimulasi sedini mungkin pada anak usia dini. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan permainan tradisional yang dikemas dalam bentuk modul sebagai panduan untuk guru. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan hasil penyesuaian dari Robert Maribe Branch. Tahap penelitian meliputi; analisis, desain produk, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Validasi dilakukan oleh 3 orang ahli, subjek uji coba adalah peserta didik di Taman Kanak-kanak Pertiwi III Ladang Panjang dengan tahap uji coba produk. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa modul pembelajaran permainan tradisional tentang materi permainan tradisional tema lingkungan, sub tema lingkungan sekolah layak digunakan.
Downloads
References
Anggraini, R., & Nurhafizah. (2020). Stimulasi Kemampuan Kerjasama Anak dengan Permainan Gobak Sodor Ditaman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3471–3481. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V4I3.872
Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. In Bungamputi (Vol. 6, Issue 0). Bungamputi.
Erdiana, L. (2016). Pengaruh permainan tradisional gobak sodor terhadap perkembangan motorik kasar dan sikap kooperatif anak TK Kelompok B di Kecamatan Sidoarjo. Jurnal Pedagogi, 2(3), 9–17.
Garvis, S., & Twigg, D. (2010). Exploring Art in Early Childhood Education. The International Journal of the Arts in Society: Annual Review, 5(2), 193–204. https://doi.org/10.18848/1833-1866/cgp/v05i02/35830
Hidayanti, M. (2013). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bakiak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 195–200.
Hidayati, N. N. (2020). Indonesian Traditional Games: a Way to Implant Character Education on Children and Preserve Indonesian Local Wisdom. Istawa : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 81. https://doi.org/10.24269/ijpi.v5i1.2475
Ketty, E. (2020). Pengaruh Permainan Gobak Sodor Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Tk Aba Tirtamulya Kecamatan Makarti Jaya. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 115–126. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4051
Magill, R. A., & Hall, K. G. (1990). A review of the contextual interference effect in motor skill acquisition. Human Movement Science, 9(3–5), 241–289. https://doi.org/10.1016/0167-9457(90)90005-X
Mustakim, M., Fauziyah, N., Rahim, A. R., & Sukaris, S. (2020). Mengoptimalkan Golden Age Anak. DedikasiMU(Journal of Community Service), 2(4), 607. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i4.2059
Nugraha, A., Subarkah, C. Z., & Sari. (2015). Penggunaan E-Module Pembelajaran pada Konsep Sifat Koliagtif Larutan untuk Mengembangakan Literasi Kimia Siswa. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains, 2015(Snips), 51-.
Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak: Nofrans Eka Saputra, Yun Nina Ekawati. Jurnal Psikologi Jambi, 2(2), 47–53. https://doi.org/10.22437/jpj.v2i2.4796
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep DasarPendidikan Anak Usia Dini (B. Sarwiji (ed.); Cetakan ke). PT Indeks.
Syafrudin. (2011). Dasar - Dasar Kepelatihan. Universitas Negeri Padang (UNP).
Tarliah, T., & Komala, K. (2022). Stimulasi kemampuan motorik halus menggunakan media anyaman daun pisang pada anak kelompok B RA qurrotaa’yun melalui pembelajaran daring. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(2), 150. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10317
Wong, L. A. J. D. B. (2014). Spheres of influence: What shapes young people’s aspirations at age 12/13 and what are the implications for education policy? Journal of Education Policy, 29(1), 58–85.