Author
Chairun Nisak Aulina(1), Ayunda Ade Nurdiana(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia(2) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 279KB]
Published : 2024-10-18
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 25 times PDF Downloaded: 17 timesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar melalui metode Project Based Learning (PjBL) di TK PKK IV Gempol. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL dilaksanakan secara berkala 2-3 hari per minggu dengan fokus pada tema pembelajaran yang relevan dengan lingkungan sekitar anak. Kegiatan ini terbukti meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan bekerja sama siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah PjBL memberikan ruang bagi siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam belajar, serta mempersiapkan mereka menghadapi tantangan abad ke-21. Berdasarkan hasil penelitian ini di harapkan sekolah perlu terus berinovasi untuk penerapan PjBL dengan memperkuat kolaborasi antara guru dan wali murid serta memperkaya materi pembelajaran berbasis proyek untuk lebih melibatkan siswa secara optimal.
Keywords
References
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka.
Anwar, A. (2022). Media Sosial Sebagai Inovasi Pada Model PjBL Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 239–250. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44230
Farida, N., & Rasyid, H. (2019). The Effectiveness of Project-based Learning Approach to Social Development of Early Childhood. Proceedings of the International Conference on Special and Inclusive Education (ICSIE 2018). https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.67
Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. 1. Prosiding Pendidikan Dasar Vo. 1 No. 1. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Putri, S. U., & Taqiudin, A. A. (2021). Steam-PBL: Strategi Pengembangan Kemampuan Memecahkan Masalah Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 856–867. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1270
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., & Widyastuti, Y. K. W. (2023). Manajemen Pembelajaran Proyek pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3159–3168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4633
Safitri, S. G., & Nisak Aulina, C. (2022). Analisis Pemahaman Pendidik Anak Usia Dini Kelompok Usia 5-6 Tahun Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 76–87. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.131
Salwiah, Bakar, S. R. A., Asmuddin, Mustar, S. Y., & Dima, D. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dari Bahan Bekas melalui Model Project Based Learning (PJBL) bagi Guru TK. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.31599/jstpm.v3i2.1710
Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4390
Sari, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Motoric, 1(1), 10. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547
Song, X., Razali, A. B., Sulaiman, T., & Jeyaraj, J. J. (2024). Impact of Project-Based Learning on Critical Thinking Skills and Language Skills in EFL Context:A Review of Literature. World Journal of English Language, 14(5), 402–412. https://doi.org/10.5430/wjel.v14n5p402
Sukamto, A. (2022). Systematic Literature Review: Tren Penggunaan Teknologi Dalam Penerapan Project Based Learning Pada Pembelajaran Matematika. 1(1). https://doi.org/10.56855/intel.v1i1.114
Tran, D. T. (2025). Students’ perceptions towards project-based learning: A Vietnamese case study. Multidisciplinary Science Journal, 7(2). https://doi.org/10.31893/multiscience.2025090
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Refbacks
- There are currently no refbacks.