- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Aplikasi SMIP untuk Meningkatkan Kualitas Supervisi Akademik pada Guru PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.6040Keywords:
digitalisasi sekolah, efektifitas supervisi, kualitas pembelajaranAbstract
Supervisi akademik secara manual dirasa belum maksimal dalam memberikan bantuan dan pembinaan, para guru masih kesulitan dalam melakukan tindak lanjut pasca supervisi akademik. Tujuan penelitian untuk menguji efektifitas pengembangan aplikasi SMIP (Supervisi Microsite Pintar) dalam meningkatkan kualitas supervisi akademik guru PAUD. Metode penelitian dengan Research and Development, model Borg and Gall yang telah di modifikasi oleh Sugiyono. Subjek penelitianguru PAUD pada Gugus Murai di Kecamatan Ungaran Barat. Instrumen terdiri dari ahli materi, ahli media dan guru PAUD. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket, observasi dan FGD. Tahap pengembangan melibatkan ahli dan praktisi, disempurnakan dengan teknik delphi. Tahap validitas dengan angket ujicoba lapangan. Analisis data melalui uji homogenitas dilanjutkan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukanpengembangan aplikasi SMIP untuk meningkatkan kualitas supervisi akademik pada guru PAUD di validasi dengan tingkat efektitassangat baik, maka produk ini layak digunakan. Aplikasi SMIP dapat menjadi platform untuk pengembangan profesional berkelanjutan para guru PAUD.
Downloads
References
Abbas. (2018). “Implementasi Teknik supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaranâ€. Didaktika Jurnal Pendidikan. Bone. 12(1):15-30. http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.173
Arifiyani, F.C., & Pramaditya, H. (2023). “Peningkatan efektivitas pemasaran pada usaha retail melalui digitalisasi katalog dengan micrositeâ€. Journal of Information System and Application Development. 1(1): 19-28. http://dx.doi.org/10.26905/jisad.v1i1.9860
Arifiyanto, Aditya., Utari, Prahastiwi., & Rahmanto, Andre, Noevi. (2019). “Platform Microsite; Konvergensi Media Publikasi Kementerian Keuangan RI di Era Literasi Digitalâ€. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi. 8 9(2): 47-56. http://dx.doi.org/10.14710/interaksi.8.2.46-56
Danial, Adang., Mumu & Dedi A. (2022). “Model Supervisi Akademik Berbasis Digital Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUDâ€. Jurnal Educatio. 8(4):1514-1521. http://dx.doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3922
Guntoro, David., Totok S & Achmad R. (2016). “Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbantuan Supervison Berbasis Webâ€. Educational Management. Semarang: UNNES.5(2):122-128. https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/12967/7076
Handayani, Lina., Achmad H.M. & Su`ad. (2021). “Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Rekan Sejawat di SMP Negeri Se-Kecamatan Bae Kabupaten Kudusâ€. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. Universitas Muria Kudus, Indonesia. 4(2):317-334. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1319
Kadarwati, Ani. (2016). “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Supervis Akademik Dengan Teknik Kunjunga Kelasâ€. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial. 1(2):103-120. https://api.core.ac.uk/oai/oai:e-journal.unipma.ac.id:article/1034
Maulana, A.D, & Sayan Suryana. (2023). “Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guruâ€. Dirasah Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidika Islam. 6(1):94-103. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.589
Mukni’ah. 2022. Supervisi Pendidikan. Klik Media. Jawa Timur.
Mulyasa, E. 2014. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyatiningsih, E. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. CV. Alfabeta. Bandung.
Mustaqimah, Nur, Dama, L., Usman, N., F., Akbar, N., M., Nurrujal. (2023). “Pengembangan Media Flashcard dengan Panduan Belajar Sambil Bermain Menggunakan Microsite untuk Pembelajaran Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidupâ€. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan (JIK), 17 (1): 376-384. https://dx.doi.org/10.30595/jkp.v17i1.17159
Nurfalah, Edy & Rahayu, Puji. (2023). “Microsite-Based Mathematical Statistics Educational Media to Increase Student Study Motivation after the Covid-19 Pandemicâ€. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika. 7(1): 67-74. http://dx.doi.org/10.26740/jrpipm.v7n1.p67-74
Nurhasanah, Nia, Khairati, A., Sinulingga, S., Br., Lianty, L., Helista, N., Rosada, A., Rengganis, N. (2022). Panduan Penyelengggaraan PAUD Berkualitas Seri 7-Liangkungan Belajar Inklusif, Direktotorat PAUD, Jakarta.
Permatasari, Nirwana., Farhana R.A, & Nursyamsu I. (2021). Contribution of Perceived Social Support (Peer, Family, and Teacher) to Academic Resilience during COVID-19. Golden Ratio of Social Science and Education. 1(1):1-12. http://dx.doi.org/10.52970/grsse.v1i1.94
Priansa, D. J., & Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Alfabeta. Bandung
Prilianti, Ratna. (2020). “Model Supervisi Akademik Berbantuan Elektronik bagi Pengawas Madrasah di Provinsi Jawa Tengahâ€. Universitas Negeri Semarang. 672-680. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/issue/view/610
Ramadhan, Ahmad. (2017). “Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majeneâ€. Journal of Educational Science and Technology. 3(2):136-144. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3579
Renata, R., Wardiah, D., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of Headmaster’s Supervision And Achievement Motivation On Effective Teachers. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(4):44-49. https://www.researchgate.net/publication/326147101
Rodenayana, Evelin., Ekowati, D.W., & Astutik, P.P. (2023). “Meningkatkan Prestasi Pendidikan Pancasila Melalui Media Microsite Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Sekolah Dasarâ€. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. PPG FKIP Universitas Muhammadyah Malang, 8(1):703-711. http://dx.doi.org/10.23969/jp.v8i1.7622
Sergiovanni, Thomas J. and Robert J. Starrat. (1979). Supervision.Newyork: McGraw-Kill Book Company.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). CV. Alfabeta. Bandung.
Sujatmiko, Eko. 2022. Strategi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Multi Pustaka Utama. Sleman.
Yulianto, Meka., Ngasbun, E. & Nurkholis. (2023). “Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Web Bagi Sekolah Menengah Kejuruanâ€. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. 9(2):1596-1603. http://dx.doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.832
Zulfa, Umi. (2020). Supervisi Pendidikan di Indonesia. Ihya Media. Jateng