Pengembangan Aplikasi SMIP untuk Meningkatkan Kualitas Supervisi Akademik pada Guru PAUD

Authors

  • Sri Janji Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Widya Kusumaningsih Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Rosalina . BR Ginting Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.6040

Keywords:

digitalisasi sekolah, efektifitas supervisi, kualitas pembelajaran

Abstract

Supervisi akademik secara manual dirasa belum maksimal dalam memberikan bantuan dan pembinaan, para guru masih kesulitan dalam melakukan tindak lanjut pasca supervisi akademik. Tujuan penelitian untuk menguji efektifitas pengembangan aplikasi SMIP (Supervisi Microsite Pintar) dalam meningkatkan kualitas supervisi akademik guru PAUD. Metode penelitian dengan Research and Development, model Borg and Gall yang telah di modifikasi oleh Sugiyono. Subjek penelitianguru PAUD pada Gugus Murai di Kecamatan Ungaran Barat. Instrumen terdiri dari  ahli materi, ahli media dan guru PAUD. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket, observasi dan FGD. Tahap pengembangan melibatkan ahli dan praktisi, disempurnakan dengan teknik delphi. Tahap validitas dengan angket ujicoba lapangan. Analisis data melalui uji homogenitas dilanjutkan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukanpengembangan aplikasi SMIP untuk meningkatkan kualitas supervisi akademik pada guru PAUD di validasi dengan tingkat efektitassangat baik, maka produk ini layak digunakan. Aplikasi SMIP dapat menjadi platform untuk pengembangan profesional berkelanjutan para guru PAUD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas. (2018). “Implementasi Teknik supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaranâ€. Didaktika Jurnal Pendidikan. Bone. 12(1):15-30. http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.173

Arifiyani, F.C., & Pramaditya, H. (2023). “Peningkatan efektivitas pemasaran pada usaha retail melalui digitalisasi katalog dengan micrositeâ€. Journal of Information System and Application Development. 1(1): 19-28. http://dx.doi.org/10.26905/jisad.v1i1.9860

Arifiyanto, Aditya., Utari, Prahastiwi., & Rahmanto, Andre, Noevi. (2019). “Platform Microsite; Konvergensi Media Publikasi Kementerian Keuangan RI di Era Literasi Digitalâ€. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi. 8 9(2): 47-56. http://dx.doi.org/10.14710/interaksi.8.2.46-56

Danial, Adang., Mumu & Dedi A. (2022). “Model Supervisi Akademik Berbasis Digital Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUDâ€. Jurnal Educatio. 8(4):1514-1521. http://dx.doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3922

Guntoro, David., Totok S & Achmad R. (2016). “Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbantuan Supervison Berbasis Webâ€. Educational Management. Semarang: UNNES.5(2):122-128. https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/12967/7076

Handayani, Lina., Achmad H.M. & Su`ad. (2021). “Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Rekan Sejawat di SMP Negeri Se-Kecamatan Bae Kabupaten Kudusâ€. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. Universitas Muria Kudus, Indonesia. 4(2):317-334. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1319

Kadarwati, Ani. (2016). “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Supervis Akademik Dengan Teknik Kunjunga Kelasâ€. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial. 1(2):103-120. https://api.core.ac.uk/oai/oai:e-journal.unipma.ac.id:article/1034

Maulana, A.D, & Sayan Suryana. (2023). “Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guruâ€. Dirasah Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidika Islam. 6(1):94-103. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.589

Mukni’ah. 2022. Supervisi Pendidikan. Klik Media. Jawa Timur.

Mulyasa, E. 2014. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, E. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. CV. Alfabeta. Bandung.

Mustaqimah, Nur, Dama, L., Usman, N., F., Akbar, N., M., Nurrujal. (2023). “Pengembangan Media Flashcard dengan Panduan Belajar Sambil Bermain Menggunakan Microsite untuk Pembelajaran Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidupâ€. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan (JIK), 17 (1): 376-384. https://dx.doi.org/10.30595/jkp.v17i1.17159

Nurfalah, Edy & Rahayu, Puji. (2023). “Microsite-Based Mathematical Statistics Educational Media to Increase Student Study Motivation after the Covid-19 Pandemicâ€. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika. 7(1): 67-74. http://dx.doi.org/10.26740/jrpipm.v7n1.p67-74

Nurhasanah, Nia, Khairati, A., Sinulingga, S., Br., Lianty, L., Helista, N., Rosada, A., Rengganis, N. (2022). Panduan Penyelengggaraan PAUD Berkualitas Seri 7-Liangkungan Belajar Inklusif, Direktotorat PAUD, Jakarta.

Permatasari, Nirwana., Farhana R.A, & Nursyamsu I. (2021). Contribution of Perceived Social Support (Peer, Family, and Teacher) to Academic Resilience during COVID-19. Golden Ratio of Social Science and Education. 1(1):1-12. http://dx.doi.org/10.52970/grsse.v1i1.94

Priansa, D. J., & Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Alfabeta. Bandung

Prilianti, Ratna. (2020). “Model Supervisi Akademik Berbantuan Elektronik bagi Pengawas Madrasah di Provinsi Jawa Tengahâ€. Universitas Negeri Semarang. 672-680. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/issue/view/610

Ramadhan, Ahmad. (2017). “Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majeneâ€. Journal of Educational Science and Technology. 3(2):136-144. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3579

Renata, R., Wardiah, D., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of Headmaster’s Supervision And Achievement Motivation On Effective Teachers. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(4):44-49. https://www.researchgate.net/publication/326147101

Rodenayana, Evelin., Ekowati, D.W., & Astutik, P.P. (2023). “Meningkatkan Prestasi Pendidikan Pancasila Melalui Media Microsite Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Sekolah Dasarâ€. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. PPG FKIP Universitas Muhammadyah Malang, 8(1):703-711. http://dx.doi.org/10.23969/jp.v8i1.7622

Sergiovanni, Thomas J. and Robert J. Starrat. (1979). Supervision.Newyork: McGraw-Kill Book Company.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). CV. Alfabeta. Bandung.

Sujatmiko, Eko. 2022. Strategi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Multi Pustaka Utama. Sleman.

Yulianto, Meka., Ngasbun, E. & Nurkholis. (2023). “Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Web Bagi Sekolah Menengah Kejuruanâ€. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. 9(2):1596-1603. http://dx.doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.832

Zulfa, Umi. (2020). Supervisi Pendidikan di Indonesia. Ihya Media. Jateng

Downloads

Published

09-09-2024

How to Cite

Janji, S., Kusumaningsih, W., & Ginting, R. . B. (2024). Pengembangan Aplikasi SMIP untuk Meningkatkan Kualitas Supervisi Akademik pada Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(4), 807–820. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.6040

Issue

Section

Articles