Author
Indrawati Indrawati(1), Na'imah Na'imah(2), Yuanita Anthon Sope(3), Tri Susanti(4),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(4) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 390KB]
Published : 2024-10-18
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 168 times PDF Downloaded: 158 timesAbstract
Kurikulum merupakan salah satu fondasi sistem pendidikan suatu negara. Perbedaan kurikulum setiap negara menjadi penting untuk dikaji guna mengadopsi praktik terbaik dan meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kurikulum PAUD di Singapura dan Indonesia. Analisis difokuskan pada perbedaan landasan pengembangan, struktur dan implikasi penerapan kurikulum. Metode yang digunakan adalah literatur review. Data primer diperoleh dari dokumen resmi kurikulum masing-masing negara. Data sekunder diperoleh dari 50 artikel penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Singapura menerapkan pendekatan terstruktur dan terstandarisasi. Sementara kurikulum Indonesia menerapkan pendekatan yang lebih fleksibel dengan fokus pada penyesuaian kearifan lokal yang selaras dengan nilai pancasila. Aspek lain yang berpengaruh pada implikasi penerapan kurikulum juga dibahas. Temuan ini dapat digunakan oleh peneliti, pendidik, serta pemangku kebijakan dalam melakukan pengembangan kurikulum.
Keywords
References
Afiyah, I. N. (2020). Filsafat Perenialisme dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 52–70. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8885
Ang, L., Lipponen, L., & May Yin, S. L. (2021). Critical reflections of early childhood care and education in Singapore to build an inclusive society. SAGE Journals, 19(2), 139–154. https://doi.org/10.1177/1478210320971103
Anwar, R. N. (2021). Persepsi Guru Paud Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/384.
Asmara, A., Judijanto, L., Hita, I. P. A. D., & Saddhono, K. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253–7261. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5728
Bărnuțiu-Sârca, M., & Ciascai, L. (2021). A Comparative Study Of Primary Curriculum Of Findland, Singapore, Usa And Romania. European Proceedings of Educational Sciences. https://doi.org/10.15405/epes.22032.44
Bassok, D., & Galdo, E. (2016). Inequality in Preschool Quality? Community-Level Disparities in Access to High-Quality Learning Environments. Early Education and Development, 27(1), 128–144. https://doi.org/10.1080/10409289.2015.1057463
Bautista, A., Moreno-Núñez, A., Bull, R., Amsah, F., & ... (2018). Arts-related pedagogies in preschool education: An Asian perspective. Early Childhood Research Quarterly https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0885200617301242
Cascio, E. U. (2023). Does Universal Preschool Hit the Target? Journal of Human Resources, 58(1), 1–42. https://doi.org/10.3368/jhr.58.3.0220-10728R1
Dhomiri, A. (2023). Konsep Dasar dan Peranan serta Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 118–128. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.972
Dzata Rahmah, H., Ummah, L., Siti aulia fauzia, Rahmadani, S., & Hasanah, L. (2022). Studi Literatur Perbandingan Pembelajaran Pancasila dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di PAUD. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 179–189. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2516
Eka Retnaningsih, L., & Patilima, S. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158. https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1223
Farhana, G., & Cholimah, N. (2024). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 137–148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5370
Fauzi Fahmi, & Rahmi Wardah Ningsih. (2021). Eksistensi Model Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(01), 1–16. https://doi.org/10.46963/mash.v4i01.230
Gershenson, S. (2016). Linking Teacher Quality, Student Attendance, and Student Achievement. Education Finance and Policy, 11(2), 125–149. https://doi.org/10.1162/EDFP_a_00180
Goh, S. C. F., & Tan, S. Y. (2021). Moving Towards Greater Inclusion in Singapore’s Preschools: The Enablers, Possibilities and Barriers. Polish Journal of Educational Studies, 73(1), 83–98. https://doi.org/10.2478/poljes-2021-0006
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Isakova, Y. P. (2021). Public Management and Reforming of Singapore’s Preschool Education. Scientific Bulletin of Mukachevo State University Series “Pedagogy and Psychology,” 7(2), 38–45. https://doi.org/10.52534/msu-pp.7(2).2021.38-45
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Jing, M. (2017). The ECE Landscape Being Shaped by Cosmopolitanism: An Examination and Evaluation of Policies in Singapore (pp. 221–244). Springer, Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-10-1528-1_10
Julaeha, S., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(1), 1–26. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113
Karuppiah, N. (2022a). Pre-school Teacher Education in Singapore: Developments and Challenges (pp. 43–60). Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-16-7405-1_3
Karuppiah, N. (2022b). What are Singapore parents’ perception of play in the early years? Journal of Childhood, Education and Society, 3(2), 200–211. https://doi.org/10.37291/2717638X.202232176
Karuppiah, N., & Poon, K. (2021). Early Childhood Education in Singapore. In International Handbooks of Education (pp. 1–20). Springer, Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-16-8136-3_4-1
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 1–37. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/
Kim, H., & Kim, H. (2017). A Cross-National Comparison of Art Curricula for Kindergarten-Aged Children. International Journal of Early Childhood, 49(2), 195–210. https://doi.org/10.1007/s13158-017-0191-7
Koh, E., Ponnusamy, L. D., Tan, L. S., Lee, S.-S., & Ramos, M. E. (2014). A Singapore Case Study of Curriculum Innovation in the Twenty-First Century: Demands, Tensions and Deliberations. The Asia-Pacific Education Researcher, 23(4), 851–860. https://doi.org/10.1007/s40299-014-0216-z
Layne, H. (2023). Early Learners Curriculum: Case of Singapore Early Childhood Education Working Towards Quality. In Book series - Global Childhoods in the Asia-Pacific (pp. 61–77). Springer, Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-16-7405-1_4
Li, H., Wu, D., Liang, L., & Jing, M. (2022). Predicting Chinese and English interrogative development in a multilingual context: a corpus-based study of Singapore preschoolers. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 25(1), 241–260. https://doi.org/10.1080/13670050.2019.1662368
Lim, S., & Tan, A. (2021). An Exploratory Study on Perceptions of Creative Teaching and Roles among Singapore ’ s Early Childhood Educators. 3rd World Conference on Teaching and Education, 166–175.
Ministry of Education, S. (2022). Nurturing Early Learners. Nurturing Early Learners A Curriculum Framework For Kindergartens In Singapore A Guide For Parents, 6. http://www.moe.gov.sg/education/preschool/files/nel-edu-guide-numeracy.pdf
Mubarok, A. A., Aminah, S., Sukamto, S., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 103–125. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.324
Ningrum, M. A., Hasibuan, R., Mas’udah, M., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563–574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3730
Perdana, N. S. (2015). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Aksesibilitas Memperoleh Pendidikan untuk Anak-Anak di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(3), 279–298. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.191
Permana, I. A., & Sudrajat, J. (2022). Pengelolaan Manajemen dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Mutu Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1479–1487. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.590
Poppy Sherina Dwi Vellycia, Rudi Umar Susanto, Sukron Djazilan, A. (2023). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Pada Dimensi 1 Dalam Pembelajaran Pai Di Sdn Rungkut Menanggal I Surabaya. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.55681/nusra.v4i3.1246
Prameswari, T. W. (2020). Merdeka Belajar : Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Prosding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 76–86. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn/article/
Prihantoro, A., & Setiawati, F. A. (2023). Keberhasilan Pendampingan Akreditasi Satuan PAUD Sejenis: Penelitian Kasus Tunggal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6895–6906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4007
Putri Nazidah, M. D. (2021). Problematika Linieritas dan Pemenuhan Kualifikasi Akademik Guru dalam Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2043–2051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1373
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Sa’adah, M. (2020). Studi komparatif reformasi pendidikan di Singapura dan Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 70–79. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.25273
Singgamui, M., Dwi Lestari, G., & Widodo, W. (2024). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Berjenjang Moda Luring Tersistem bagi Guru PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 418–432. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.459
Sulistiyaningsih, S., & Sujarwo, S. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3205–3214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4456
Sullivan, A., & Bers, M. U. (2018). Dancing robots: integrating art, music, and robotics in Singapore’s early childhood centers. International Journal of Technology and Design Education, 28(2), 325–346. https://doi.org/10.1007/s10798-017-9397-0
Syauki, A., Bening, T. P., Aisyah, S. N., & Sukirman. (2021). Inovasi Kurikulum dalam Aspek Tujuan dan Materi Kurikulum PAUD Ahmad. Edukatif : Jurnal Ilmu PendidikanJurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3 N(3), 457. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2870
Syifauzakia, S. (2023). Kebijakan Kurikulum Merdeka dan Perubahan Sosial di Satuan PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2137–2147. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4344
Tan, C. T. (2017). Enhancing the quality of kindergarten education in Singapore: policies and strategies in the 21st century. International Journal of Child Care and Education Policy, 11(1). https://doi.org/10.1186/s40723-017-0033-y
Ulfadilah, S., Darmiyanti, A., & Munafiah, N. ’ul. (2023). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum dan Penerapan Pembelajaran di PAUD. Jurnal Warna :Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini., 08(01), 9–29. https://doi.org/10.24903/jw.v
Ulfah, S. M., Anisah, A., Anisia, I. W., Ridwan, R., & Bangsawan, I. (2023). Efektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6415–6427. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4311
Yang, W., Li, H., & Ang, L. (2021). Early childhood curriculum policies and practices in Singapore: The case of glocalisation. Policy Futures in Education, 19(2), 131–138. https://doi.org/10.1177/1478210320987689
Yusuf, C. N. F. H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, Vol 8, No 2: Desember 2022, 120–137. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/view/41596/pdf
Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah, S. (2020). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491
Refbacks
- There are currently no refbacks.