Esensi Budaya Permainan Tradisional pada Anak-Anak di Era Globalisasi

Authors

  • Inanda Berliana Sava Sosiologi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Sugeng Harianto Sosiologi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.6030

Keywords:

globalisasi, budaya, permainan tradisional

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan seninya di berbagai wilayah. Salah satunya yakni budaya akan permainan tradisional. Permainan tradisional merupakan salah satu seni budaya yang berkembang di Indonesia dan ditujukan sebagai hiburan, khususnya untuk anak-anak. Jenis-jenis permainan tradisional sangat beragam dan di setiap wilayah memiliki seni permainan tradisional tersendiri. Kini, permainan tradisional yang seharusnya mampu mendukung pertumbuhan anak, hampir lenyap ditelan perkembangan zaman. Banyak anak-anak sekarang yang melupakan budaya permainan tradisional karena dianggap kuno dan ketinggalan zaman. Adanya gadget bagi anak-anak juga merupakan salah satu tantangan globalisasi yang harus di perhatikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan kajian literatur terkait dengan teori Alfred Schutz mengenai Teori Fenomenologi. Penelitian ini menghasilkan bahwa adanya perubahan sosial budaya pada seni permainan tradisional di kalangan anak-anak di Desa Banjarmlati Kota Kediri akibat dari adanya pengaruh modernitas yakni globalisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, U., Ganefri, & Hadiyanto. (2021). Perencana Pengembang Dan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2025–2031. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/751

Anggita, G. M., Mukarromah, S. B., & Ali, M. A. (2018). Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa. Journal of Sport Science and Education (Jossae), 3. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jossae/article/view/3392https://journal.unesa.ac.id/index.php/jossae/article/view/3392

Aries, A. M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pancasila Tema Kearifan Lokal Dengan Kontekstualisasi Permainan Tradisional. Jurnal Sinektik, 5(2), 136–146. https://doi.org/10.33061/js.v5i2.8177

Farid, H. (2018). Pendekatan Fenomenologi (Suatu Ranah Penelitian Kualitatif). Pendekatan Fenomenologi, 1–9.

Husein MR, M. (2021). Lunturnya Permainan Tradisional. Aceh Anthropological Journal, 5(1), 1. https://doi.org/10.29103/aaj.v5i1.4568

Nahak, H. M. . (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76

Nugrahani, F. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Deepublish.

Ridyanti, V., Darmawan, D. R., & Badariah, L. (2021). Pergeseran Nilai Permainan Tradisional Bakah: Kearifan Lokal dan Modernitas. Culture & Society: Journal Of Anthropological Research, 2(4), 188–198. https://doi.org/10.24036/csjar.v2i4.81

Suneki, S. (2012). Dampak Globalisasi Terhadap Eksistensi Budaya Daerah. II(1), 307–321. https://doi.org/10.26877/civis.v2i1/Januari.603

Surahman, S. (2013). Dampak Globalisasi Media Terhadap Seni dan Budaya Indonesia. Jurnal Komunikasi, 2(1), 29–38. https://doi.org/10.30656/lontar.v2i1.334

Suryawan, I. . A. J. (2020). Permainan Tradisional Sebagai Media Pelestarian Budaya dan Penanaman Nilai Karakter Bangsa. Genta Hredaya, 2(2), 1–10. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/genta/article/view/432

Susanti, A., Darmansyah, A., & Aulia, N. (2022). Permainan Tradisional:Upaya Pewarisan Budaya Dan Pendidikan Karakter Melalui Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(01), 40–51. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v3i01.1063

Tedi, W. (2015). Perubahan Jenis Permainan Tradisional Menjadi Permainan Modern Pada Anak-Anak Di Desa Ijuk Kecamatan Belitang Hulu Kabupaten Sekadau. S-1 Sosiologi, 3(4), 1–17. http://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/article/view/858

Wijayanti, R. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51–56. https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10496

Wulansari, B. Y. (2017). Pelestarian Seni Budaya Dan Permainan Tradisional Melalui Tema Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1), 1–11. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp1-11

Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Paradigma, 02, 1–5. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9088

font-family:"Book Antiqua",serif;mso-fareast-font-family:Calibri;mso-bidi-font-family:

"Times New Roman";color:black;mso-ansi-language:IN;mso-fareast-language:EN-US;

mso-bidi-language:AR-SA'>

Downloads

Published

21-08-2024

How to Cite

Sava, I. B., & Harianto, S. (2024). Esensi Budaya Permainan Tradisional pada Anak-Anak di Era Globalisasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(4), 765–772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.6030

Issue

Section

Articles