- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
The Influence of The Traditional Game Cakbur on the Rude Motor Abilities of 5-6 Year-Old Children in Kindergarten
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6005Keywords:
Permainan Tradisional, Galah Panjang, Motorik kasarAbstract
Motorik kasar merupakan suatu gerak tubuh yang menggunakan otot-otot besar, sebagian besar atau seluruh tubuh, yang dipengaruhi oleh umur, berat badan dan perkembangan fisik anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh permainan tradisional Cakbur terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di Paud Tunas Harapan Kecamatan Tambang Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one group design dengan pretest dan posttest melalui lembar observasi. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di Paud Tunas Harapan Kecamatan Tambang Kampar sebelum diberikan perlakuan melalui permainan Tradisional Cakbur berada pada nilai yang rendah. Setelah melalui permainan tradisional Cakbur kemampuan motorik kasar anak meningkat, 60% dikategorikan tinggi, 40% berkategori sedang dan tidak ada anak yang berkategori rendah.
Downloads
References
Ali, M., & Aqobah, Q. J. (2020). Improving The Balance Movement Of Lower-Grade Students Through The Modification Of Engklek Traditional Games. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(1), 68-79.
Ali, M., & Lumintuarso, R. (2017). Upaya peningkatan pembelajaran lompat jauh dengan media POA pada siswa kelas IV SDI Al-Azhar Yogyakarta. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1), 53-63.
Arlina, E., Mardeli, M., & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh Permainan Gobak Sodor terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di RA Perwanida 1 Palembang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1660–1665. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.621
Bambang, S. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Cheraghi, F., Shokri, Z., Roshanaei, G., & Khalili, A. (2022). Effect of age-appropriate play on promoting motor development of preschool children. Early Child Development and Care, 192(8), 1298–1309. https://doi.org/10.1080/03004430.2021.1871903
Gallahue, D. L. (2006). Understanding Motor Development, Sixth Edition (sixth edit). Mc. Graw Hill.
Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717-733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368
Irman, I. (2017). Nilai-Nilai Karakter pada Anak Dalam Permainan Tradisionan dan Moderen. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 4(2), 89-96.
Irmansyah, J., Lumintuarso, R., Sugiyanto, F. X., & Sukoco, P. (2020). Children’s social skills through traditional sport games in primary schools. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(1), 39-53.
Lubis, R., & Khadijah, K. (2018). Permainan Tradisional sebagai Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 177-186. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-05
Mayar, F., Roza, D., & Delfia, E. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru PAUD dalam Mengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1113–1119. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/328
Magfiroh, L., Wulandari, R. T., & Maningtyas, R. T. (2019). Penerapan Permainan Lompat Ceria Untuk Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.17977/um053v2i1p1-10
Nolte, H., Solomons, R., Springer, P., Kidd, M., & Africa, E. (2022). The effectiveness of gross motor interventions in improving motor function in childhood apraxia of speech. Early Child Development and Care, 192(9), 1349–1358. https://doi.org/10.1080/03004430.2021.1881074
Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan Media Flashcard Tematik Berbasis Permainan Tradisional Untuk Kelas IV Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku. Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 11. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332
Sukatin, Qomariyyah, Horin, Y., Afrilianti, A., Alivia, & Bella, R. (2019). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 156–171. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7311
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347
Zeng, N., Ayyub, M., Sun, H., Wen, X., Xiang, P., & Gao, Z. (2017). Effects of Physical Activity on Motor Skills and Cognitive Development in Early Childhood: A Systematic Review. Physical Activity in Children’s Health and Cognition, 1–13. https://doi.org/10.1155/2017/2760716