The Influence of The Traditional Game Cakbur on the Rude Motor Abilities of 5-6 Year-Old Children in Kindergarten

Authors

  • Farida Mayar Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Jihan Faninda Ridanti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rahmadini Rahmadini Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Astri Purwanti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Lidia Fransiska Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Dhia Rahmadani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6005

Keywords:

Permainan Tradisional, Galah Panjang, Motorik kasar

Abstract

Motorik kasar merupakan suatu gerak tubuh yang menggunakan otot-otot besar, sebagian besar atau seluruh tubuh, yang dipengaruhi oleh umur, berat badan dan perkembangan fisik anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh permainan tradisional Cakbur terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di Paud Tunas Harapan Kecamatan Tambang Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one group design dengan pretest dan posttest melalui lembar observasi. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di Paud Tunas Harapan Kecamatan Tambang Kampar sebelum diberikan perlakuan melalui permainan Tradisional Cakbur berada pada nilai yang rendah. Setelah melalui permainan tradisional Cakbur kemampuan motorik kasar anak meningkat, 60% dikategorikan tinggi, 40% berkategori sedang dan tidak ada anak yang berkategori rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M., & Aqobah, Q. J. (2020). Improving The Balance Movement Of Lower-Grade Students Through The Modification Of Engklek Traditional Games. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(1), 68-79.

Ali, M., & Lumintuarso, R. (2017). Upaya peningkatan pembelajaran lompat jauh dengan media POA pada siswa kelas IV SDI Al-Azhar Yogyakarta. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1), 53-63.

Arlina, E., Mardeli, M., & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh Permainan Gobak Sodor terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di RA Perwanida 1 Palembang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1660–1665. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.621

Bambang, S. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Cheraghi, F., Shokri, Z., Roshanaei, G., & Khalili, A. (2022). Effect of age-appropriate play on promoting motor development of preschool children. Early Child Development and Care, 192(8), 1298–1309. https://doi.org/10.1080/03004430.2021.1871903

Gallahue, D. L. (2006). Understanding Motor Development, Sixth Edition (sixth edit). Mc. Graw Hill.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717-733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Irman, I. (2017). Nilai-Nilai Karakter pada Anak Dalam Permainan Tradisionan dan Moderen. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 4(2), 89-96.

Irmansyah, J., Lumintuarso, R., Sugiyanto, F. X., & Sukoco, P. (2020). Children’s social skills through traditional sport games in primary schools. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(1), 39-53.

Lubis, R., & Khadijah, K. (2018). Permainan Tradisional sebagai Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 177-186. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-05

Mayar, F., Roza, D., & Delfia, E. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru PAUD dalam Mengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1113–1119. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/328

Magfiroh, L., Wulandari, R. T., & Maningtyas, R. T. (2019). Penerapan Permainan Lompat Ceria Untuk Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.17977/um053v2i1p1-10

Nolte, H., Solomons, R., Springer, P., Kidd, M., & Africa, E. (2022). The effectiveness of gross motor interventions in improving motor function in childhood apraxia of speech. Early Child Development and Care, 192(9), 1349–1358. https://doi.org/10.1080/03004430.2021.1881074

Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan Media Flashcard Tematik Berbasis Permainan Tradisional Untuk Kelas IV Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku. Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 11. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332

Sukatin, Qomariyyah, Horin, Y., Afrilianti, A., Alivia, & Bella, R. (2019). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 156–171. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7311

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347

Zeng, N., Ayyub, M., Sun, H., Wen, X., Xiang, P., & Gao, Z. (2017). Effects of Physical Activity on Motor Skills and Cognitive Development in Early Childhood: A Systematic Review. Physical Activity in Children’s Health and Cognition, 1–13. https://doi.org/10.1155/2017/2760716

Downloads

Published

24-10-2024

How to Cite

Mayar, F., Ridanti, J. F., Rahmadini, R., Purwanti, A., Fransiska, L., & Rahmadani, D. (2024). The Influence of The Traditional Game Cakbur on the Rude Motor Abilities of 5-6 Year-Old Children in Kindergarten. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 1277–1284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6005

Issue

Section

Articles