- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Bagaimana Menciptakan Pembelajaran yang Memuat Pengetahuan, Keterampilan dan Kebajikan Warga Negara?
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6001Keywords:
Pendidikan Kewarganegaraan, Kebajikan warga negara, Pendekatan partisipatoriAbstract
Penelitian ini membahas pentingnya menciptakan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan kebajikan warga negara. Selama ini, Pendidikan Kewarganegaraan cenderung berpusat pada guru dengan metode ceramah yang hanya menyampaikan teori tanpa melibatkan pengalaman langsung siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyajikan informasi tentang perlunya integrasi pengetahuan, keterampilan, dan kebajikan dalam pembelajaran kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan mengkaji berbagai artikel jurnal ilmiah terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang efektif dapat diwujudkan melalui model discovery learning, cooperative learning, dan pendekatan aktif Partisipatori. Pendekatan aktif Partisipatori dianggap paling efektif dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif dan mampu mengembangkan kompetensi warga negara yang diharapkan.
Downloads
References
Ahyati, A. I., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Bela Negara di Era Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Journal on Education, 3, 236–247. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.371
Astuti, A. P., Nanda, S. N., Khumaira, K. B., Abdus, O., Studi, S., Pembangunan, E., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). Peran Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa. ADVANCES in Social Humanities Research (Vol. 1, Nomor 5). https://doi.org/10.46799/adv.v1i5.59
Baehaqi, M. L. (2020). Cooperative Learning Sebagai Strategi Penanaman Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 11. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.26385
Cicilia, I., Santoso, G., & Muhammadiyah Jakarta, U. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membentuk Generasi Penerus Bangsa yang Berkarakter. Jurnal Pendidikan Transformatif, 01(2963–3176), 146–155. https://doi.org/10.9000/jpt.v1i3.420
Eksantoso, S., Wapa, A., Bakti Indonesia Banyuwangi, U., & Tinggi Islam Blambangan Banyuwangi, S. (2024). Upaya Penguatan (Civic Knowledge) dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Mahasiswa. Journal Of Social Science Research, 4, 8654–8662. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.10377
Ell, G. J. (2023). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Pembentukan Civic Virtue Dalam Masyarakat Multikultural Menurut William Arthur Galston (Sebuah Tinjauan dari Perspektif Filsafat Politik), 2(1).
Galand, P. B. J., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan Hukum dan Pendidikan Nilai Dalam Mewujudkan Warga Negara yang Baik dan Cerdas melalui Pendidikan Kewarganegaraan (Vol. 3).
Gunawan, S. S. A., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2023). Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Karakter Mandiri Pada Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 52–62. https://doi.org/10.56393/pijar.v3i2.1706
Hariyanto. (2021). Perananpendidikankewarganegaraanterhadap Pembangunankarakterbangsa. Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1. https://doi.org/10.51878/learning.v1i1.205
Hariyanto, M. H., & Erie. (2022). Pendidikan Pancasila Dan Kewarnegaraan Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (2 Ed.). Semesta Aksara. http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/545
Haryati, S., & Firmadani, F. (2018). Implementasi Pembelajaran Berbasis Riset (Pbr) Dalam Mata Kuliah “Psikologi Pendidikan. Indonesian Journal of Education and Learning, 1(1). https://doi.org/10.31002/ijel.v1i2.628
Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Kartini, D., Sabilla, A., Wulandari, D., Dewi, D. A., & Furmasari, Y. F. (2021). Pengimplementasian Model Discovery Learning pada Pembelajaran PKn di SD. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 64–73. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.193
Kasi, R. (2023). Pembelajaran Aktif: Mendorong Partisipasi Siswa. preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/f6d7x
Lestari, P. (2016). Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, Dan Hidden Curriculum Di Sd Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/1367
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(3).
Musfiqon, M., & Nurdyansyah, N. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik.
Nursyifa, A. (2019). Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 51. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p51-64
Oktafianti, M., & Dewi, D. A. (2021). Revolusi Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Untuk Mengembangkan Warga Negara Yang Baik. AtTà lim : Jurnal Pendidikan, 7(2), 2548–4419. https://doi.org/10.36835/attalim.v7i2.546
Pertiwi, P. I., & Dewi, D. A. (2024). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Warga Negara Indonesia. Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 3(4), 105–110. https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v1i12.275
Ryan Fauzi, A., Zainudin, & Al Atok, R. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning.
Susanto, E. (2016). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Terhadap Pengembangan Civic Disposition Siswa Sma N Se-Kota Bandar Lampung. https://doi.org/10.36805/civics.v1i1.170
Suyadi. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. PT. Remaja Rosdakarya.
Thohawi, A., & Suhaumi, A. (2019). Civic Education (1 ed.). Uwais Inspirasi Indonesia.
Tri Rahayu, F., Silvia Sofyan, F., Firmansyah, Y., & HS Ronggo Waluyo. (2023). Analisis Hasil Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran PPKn Untuk Mengatasi Masalah Kecemasan Akademik. JPKP: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Politik, 1(1), 43–49. https://doi.org/10.61476/4dc4dm35
Utomo, E. N. P. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Inquiry Lesson Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dimensi Proses Dan Hasil Belajar Kompetensi Keterampilan Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas Xi. Jurnal tadris Pendidikan Biologi, 9, 45–60. http://dx.doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2878
Wagiono, F., Shaddiq, S., & Syahidi, A. A. (2020). Pengembangan Pkn Di Era Generasi Millenial Berbantuan M-Learning (Mobile Learning) Pada Gadget Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning Bermuatan Karakter. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3). https://doi.org/10.51276/edu.v1i3.64
Wahyudi, M., & Hidayat, A. R. (2021). Strategi Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(3), 197–205. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i3.340
WH, E. H., Anisa, N. L., Meilani, A. R., Munasyifa, A., Sari, L. N., & Bashoriyah, R. (2023). Manajemen Kelas yang Efektif pada Kelas Indoor dengan Menggunakan Discovery Learning. https://conference.upgris.ac.id/index.php/biofair/article/view/4187
Yulia, A., Juwandani, E., & Mauliddya, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Learning. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/31
Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851