Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Berbasis Pemerosesan Informasi Anak Usia Dini di TK Pertiwi Kampar

Wida Rianti(1Mail),
(1) Dosen S1 PGSD STKIP Pahalawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2016 Wida Rianti

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.60

Full Text:    Language : id
Submitted : 2018-07-21
Published : 2016-06-10

Abstract


Penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran membaca berbasis pemrosesan informasi. Pengembangan model pembelajaran membaca berbasis pemrosesan informasi ini dilandasi oleh teori pemrosesan informasi. Secara umum model pemrosesan informasi terdiri dari tiga tahap yaitu pemrosesan, penyimpanan, dan pemanggilan kembali informasi dari otak. Dalam memproses informasi bacaan diperlukan pengetahuan awal yang dimiliki siswa. Sering seseorang siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan, yang salah satu penyebabnya karena pengetahuan baru yang didapatkan dari bacaan tidak terjadi hubungan dengan pengetahuan yang sebelumnya. Dalam hal membaca, pengetahuan awal menjadi sangat penting bagi siswa dalam memahamai isi bacaan. Pada tahap pemrosesan informasi diperlukan tindakan pembelajaran berupa motivasi, perhatian, pamahaman, kemampuan berpikir induktif, dan kemampuan menemukan konsep. Pemrosesan informasi terjadi juga dalam kegiatan membaca yaitu dengan cara mensurvey, mengajukan pertanyaan atas isi bacaan, membaca detail bacaan, dan menemukan pokok-pokok informasi bacaan. Model penelitian ini adalah penelitian R & D, Penelitain pengembangan model pembelajaran membaca di sekolah dasar 002 Kabupaten Kampar

Keywords


Model pembelajaran; pemberosesan informasi

References


Adler and Doren.How to Read a Book.Saduran, Budi Prayitno, 1986. “Cara Membaca Buku dan Memahaminyaâ€. Jakarta: Pantja Simpati. Anderson, Paul S. 1972. Language Skill in Elementary Education. New York: Macmillan Publishing Co., Inc. Ary, Donald., Jacobs, LC., danRazavieh, A. Tanpa tahun.1982. Introduction to Research in Education.TerjemahanAriefFurchan “Pengantar Penelitian dalam pendidikanâ€. Surabaya: Usaha Nasional. Asnimar, 2008.â€PeningkatanMinat Baca dan Pemahaman Bacaan melalui Diversifikasi Bahan Bacaan Berdasarkan Tingkat Perkembangan SiswaKelas VIII SMPN 18 Padang; Tesis. Padang: UNP

Jurnal PGPAUD STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Riau Page 72

Bandura, Albert. (1977). Social Learning Theory.Englewood Cliffs. New Jersey: Printice Hall, Inc. Borg, Walter, R & Gall, Meredith, D.1983. Educational Research: An introduction. New York: Longman Inc. Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta Burden, PR. Dan Byrd, DM. 1999. Method for Effective Teaching. Boston: Allyn and Bacon. Campbell, Donal T dan Stanley, Julian C. 1966.Experimental and QuasiExperimental Designs for Research. Chicago: Rand Menally& Company. Cruickshank, Donald R dan Associates.1980.Teaching is Tough. London : Prentice, Hall, Inc, Englewood Cliifs, New Jersey. Chuck, Castagnolo. 2008. Article Sources; http;/www//acticelbase.com. diaksestanggal 29 Maret 2011. Dardjowidjojo, S. 2003. Psikolinguistik; Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta


Article Metrics

 Abstract Views : 111 times
 PDF Downloaded : 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.