Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya

(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi, Indonesia
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Bandung, Indonesia
(4) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi, Indonesia

Copyright (c) 2020 Mubiar Agustin, Ryan Dwi Puspita, Dinar Nurinten, Heni Nafiqoh
DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
Download Full Text:

Received : 2020-06-09 | Published : 2020-06-20
Abstract
Pandemi covid 19 menjadikan semua jenjang pendidikan termasuk PAUD menghentikan kegiatan pembelajaran secara tatap muka dan berganti dengan sistem daring. Hal ini menimbulkan kekagetan budaya dan kendala dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap tipikal kendala mengajar guru PAUD saat pandemi covid 19 dan implikasinya pada kegiatan pembelajaran berbasis konsep normal baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Data penelitian diperoleh secara online menggunakan media google form. Sampel dalam penelitian ini adalah 645 guru yang berada di wilayah Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala mengajar yang dialami guru PAUD pada masa pandemi covid 19 berada pada empat indikator yaitu kendala komunikasi, metode pembelajaran,materi dan biaya serta penggunaan teknologi dengan kecenderungan prosentase yang tinggi berada pada kategori sering dan kadang-kadang. Tentunya perlu solusi untuk mengatasi masalah ini supaya tidak berdampak secara sistemik serta supaya guru PAUD lebih siap menerapkan kegiatan pembelajaran berbasis konsep normal baru.
Keywords
References
Agustin, M. (2011). Permasalahan belajar dan inovasi pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Agustin, M. (2018). Mengajar yang Menyenangkan dan Bermakna Bagi Anak. Bandung: CV Edenia Ciptawira Mandiri.
Agustin, M., Djoehaeni, H., & Dwi Puspita, R. (2020). Observational Analysis of Violence On Children and the Implications for Parenting Program Development. Pacific Early Childhood Education Research Association, 14(2), 195–214. https://doi.org/10.17206/apjrece.2020.14.2.195
Agustin, M., Setiyadi, R., & Puspita, R. D. (2020). Burnout Profile of Elementary School Teacher Education Students (Estes): Factors and Implication of Guidance and Counseling Services. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 4(1), 38. https://doi.org/10.22460/pej.v4i1.1640
Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.22
Armstrong, M. (2006). A handbook of human resource management practice. Kogan Page Publishers.
Awang, H., & Daud, Z. (2015). Improving a Communication Skill Through the Learning Approach Towards the Environment of Engineering Classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 480–486. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.241
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Daulae, T. H. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Forum Pedagogik, 06(02), 134.
Duta, N., Panisoara, G., & Panisoara, I.-O. (2015). The Effective Communication in Teaching. Diagnostic Study Regarding the Academic Learning Motivation to Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 1007–1012. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.064
Ernofalina, E. (2017). Culture Shocks Experienced by Indonesian Students Studying Overseas. International Journal of Educational Best Practices, 1(2), 87. https://doi.org/10.31258/ijebp.v1n2.p87-105
Gore, J., Lloyd, A., Smith, M., Bowe, J., Ellis, H., & Lubans, D. (2017). Effects of professional development on the quality of teaching: Results from a randomised controlled trial of Quality Teaching Rounds. Teaching and Teacher Education, 68, 99–113. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.08.007
Harun, I. (2015). Efektifitas Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 175–190. https://doi.org/10.24014/POTENSIA.V1I2.1449
Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530
Ismaniati, C. (2013). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. 15.
Kasali, R. (2017). Disruption" Tak ada yang tak bisa diubah sebelum dihadapi motvasi saja tidak cukup".
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35952/MPK.A/HK/2020. 1–2.
Khan, A., Khan, S., Zia-Ul-Islam, S., & Khan, M. (2017). Communication Skills of a Teacher and Its Role in the Development of the Students’ Academic Success. Journal of Education and Practice, 8(1), 18–21.
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Lewis, L. L., Kim, Y. A., & Ashby Bey, J. (2011). Teaching practices and strategies to involve inner-city parents at home and in the school. Teaching and Teacher Education, 27(1), 221–234. https://doi.org/10.1016/j.tate.2010.08.005
Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.200
Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196
Nurihsan, A. J., & Agustin, M. (2011). Dinamika perkembangan anak dan remaja: Tinjauan psikologi, pendidikan, dan bimbingan. Bandung: Refika Aditama.
Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404
Pramudiana, I. D., & Setyorini, T. D. (2019). Hubungan Antara Gegar Budaya Dengan Penyesuaian Sosial Siswa Papua di Magelang. PRAXIS, 1(2), 125. https://doi.org/10.24167/praxis.v1i2.1631
Pramudyani, A. V. R. (2020). The Effect of Parenting Styles for Children’s Behaviour on Using Gadget at Revolution Industry. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Putri, R. S., & others. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Rohita, R. (2020). The Ability of Ece Teachers to Use ICT in The Industrial Revolution 4.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 502. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.339
Ronkainen, R., Kuusisto, E., & Tirri, K. (2019). Growth mindset in teaching: A case study of a Finnish elementary school teacher. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(8), 141–154. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.8.9
Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Solehuddin, M. (n.d.). dkk. 2008. PembaharuanPendidikan TK. Cetakan Ke-5. Jakarta: Universitas Terbuka.
Talidong, K. J. B., & Toquero, C. M. D. (2020). Philippine Teachers’ Practices to Deal with Anxiety amid COVID-19. Journal of Loss and Trauma, 1–7. https://doi.org/10.1080/15325024.2020.1759225
Wahyudin, U., & Agustin, M. (2011). Penilaian perkembangan anak usia dini. Bandung: Refika Aditama.
Warsita, B. (2018). Kecenderungan global dan regional dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan. Jurnal Teknodik, 10(19), 069. https://doi.org/10.32550/teknodik.v10i19.394
Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2), 646–654. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i2.2039
Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, Vol. 1, pp. 13–20. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jurnalkpk/article/view/25082/75676576424
Zaharah, Z., & Kirilova, G. I. (2020). Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15104
Article Metrics


This article can be traced from:
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.