Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya

Mubiar Agustin(1), Ryan Dwi Puspita(2Mail), Dinar Nurinten(3), Heni Nafiqoh(4),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi, Indonesia
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Bandung, Indonesia
(4) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Mubiar Agustin, Ryan Dwi Puspita, Dinar Nurinten, Heni Nafiqoh

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Download Full Text:   [File Size  : 556KB]  Language : ID
Received : 2020-06-09  |  Published : 2020-06-20

Abstract


Pandemi covid 19 menjadikan semua jenjang pendidikan termasuk PAUD menghentikan kegiatan pembelajaran secara tatap muka dan berganti dengan sistem daring. Hal ini menimbulkan kekagetan budaya dan kendala dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap tipikal kendala mengajar guru PAUD saat pandemi covid 19 dan implikasinya pada kegiatan pembelajaran berbasis konsep normal baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Data penelitian diperoleh secara online menggunakan media google form. Sampel dalam penelitian ini adalah 645 guru  yang berada di wilayah Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kendala mengajar yang dialami guru PAUD pada masa pandemi covid 19 berada  pada empat indikator  yaitu kendala komunikasi, metode pembelajaran,materi dan biaya serta penggunaan teknologi dengan kecenderungan prosentase yang tinggi  berada pada kategori sering dan kadang-kadang.  Tentunya perlu solusi untuk mengatasi masalah ini supaya tidak berdampak secara  sistemik serta supaya  guru PAUD lebih siap menerapkan kegiatan pembelajaran berbasis konsep normal baru.


Keywords


guru paud; covid 19; new normal

References


Agustin, M. (2011). Permasalahan belajar dan inovasi pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Agustin, M. (2018). Mengajar yang Menyenangkan dan Bermakna Bagi Anak. Bandung: CV Edenia Ciptawira Mandiri.

Agustin, M., Djoehaeni, H., & Dwi Puspita, R. (2020). Observational Analysis of Violence On Children and the Implications for Parenting Program Development. Pacific Early Childhood Education Research Association, 14(2), 195–214. https://doi.org/10.17206/apjrece.2020.14.2.195

Agustin, M., Setiyadi, R., & Puspita, R. D. (2020). Burnout Profile of Elementary School Teacher Education Students (Estes): Factors and Implication of Guidance and Counseling Services. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 4(1), 38. https://doi.org/10.22460/pej.v4i1.1640

Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.22

Armstrong, M. (2006). A handbook of human resource management practice. Kogan Page Publishers.

Awang, H., & Daud, Z. (2015). Improving a Communication Skill Through the Learning Approach Towards the Environment of Engineering Classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 480–486. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.241

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Daulae, T. H. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Forum Pedagogik, 06(02), 134.

Duta, N., Panisoara, G., & Panisoara, I.-O. (2015). The Effective Communication in Teaching. Diagnostic Study Regarding the Academic Learning Motivation to Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 1007–1012. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.064

Ernofalina, E. (2017). Culture Shocks Experienced by Indonesian Students Studying Overseas. International Journal of Educational Best Practices, 1(2), 87. https://doi.org/10.31258/ijebp.v1n2.p87-105

Gore, J., Lloyd, A., Smith, M., Bowe, J., Ellis, H., & Lubans, D. (2017). Effects of professional development on the quality of teaching: Results from a randomised controlled trial of Quality Teaching Rounds. Teaching and Teacher Education, 68, 99–113. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.08.007

Harun, I. (2015). Efektifitas Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 175–190. https://doi.org/10.24014/POTENSIA.V1I2.1449

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

Ismaniati, C. (2013). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. 15.

Kasali, R. (2017). Disruption" Tak ada yang tak bisa diubah sebelum dihadapi motvasi saja tidak cukup".

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35952/MPK.A/HK/2020. 1–2.

Khan, A., Khan, S., Zia-Ul-Islam, S., & Khan, M. (2017). Communication Skills of a Teacher and Its Role in the Development of the Students’ Academic Success. Journal of Education and Practice, 8(1), 18–21.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Lewis, L. L., Kim, Y. A., & Ashby Bey, J. (2011). Teaching practices and strategies to involve inner-city parents at home and in the school. Teaching and Teacher Education, 27(1), 221–234. https://doi.org/10.1016/j.tate.2010.08.005

Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.200

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Nurihsan, A. J., & Agustin, M. (2011). Dinamika perkembangan anak dan remaja: Tinjauan psikologi, pendidikan, dan bimbingan. Bandung: Refika Aditama.

Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404

Pramudiana, I. D., & Setyorini, T. D. (2019). Hubungan Antara Gegar Budaya Dengan Penyesuaian Sosial Siswa Papua di Magelang. PRAXIS, 1(2), 125. https://doi.org/10.24167/praxis.v1i2.1631

Pramudyani, A. V. R. (2020). The Effect of Parenting Styles for Children’s Behaviour on Using Gadget at Revolution Industry. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Putri, R. S., & others. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Rohita, R. (2020). The Ability of Ece Teachers to Use ICT in The Industrial Revolution 4.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 502. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.339

Ronkainen, R., Kuusisto, E., & Tirri, K. (2019). Growth mindset in teaching: A case study of a Finnish elementary school teacher. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(8), 141–154. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.8.9

Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020

Solehuddin, M. (n.d.). dkk. 2008. PembaharuanPendidikan TK. Cetakan Ke-5. Jakarta: Universitas Terbuka.

Talidong, K. J. B., & Toquero, C. M. D. (2020). Philippine Teachers’ Practices to Deal with Anxiety amid COVID-19. Journal of Loss and Trauma, 1–7. https://doi.org/10.1080/15325024.2020.1759225

Wahyudin, U., & Agustin, M. (2011). Penilaian perkembangan anak usia dini. Bandung: Refika Aditama.

Warsita, B. (2018). Kecenderungan global dan regional dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan. Jurnal Teknodik, 10(19), 069. https://doi.org/10.32550/teknodik.v10i19.394

Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2), 646–654. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i2.2039

Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, Vol. 1, pp. 13–20. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jurnalkpk/article/view/25082/75676576424

Zaharah, Z., & Kirilova, G. I. (2020). Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15104


Article Metrics

 Abstract Views : 2706 times
 PDF Downloaded : 947 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.