- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Pendampingan, Motivasi, dan Penyaluran Pengetahuan Orang Tua terhadap Kesuksesan PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5940Keywords:
kelompok bermain, kesuksesan paud, orang tua anak, pendidikan anak usia diniAbstract
Orang tua adalah orang pertama yang paling berperan dalam mendidik dan membesarkan anak sejak bayi hingga dewasa, orang tua harus memahami dan meyakini bahwa memperhatikan anak terutama dalam pertumbuhan dan perkembangan anak sangat penting. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh pendampingan, motivasi, dan penyaluran pengetahuan terhadap kesuksesan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kelompok Bermain (KB). Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode. Hasil menunjukkan bahwa penelitian yang diikuti oleh 55 orang tua KB (X) dengan karakteristik separuh responden berumur lebih dari 21 tahun, dengan jenjang pendidikan tinggi dan bekerja. Hasil diperoleh persentase yang baik yakni 40 persen yang dipengaruhi oleh faktor kesuksesan orang tua dalam pendampingan belajar di rumah, dorongan motivasi belajar, dan penyaluran pengetahuan kepada anak. Tindak lanjut dari hasil tersebut yakni lebih mendorong orang tua dalam mencapai kesuksesan Pendidikan anak usia dini.
ÂDownloads
References
Amanul Ardhiyah, M. (2019). Pengaruh Pekerjaan/Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Proses Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 3(1), 5–8. Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpls/Index
Amseke, F. V. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 65–81. Http://Ejournal.Upg45ntt.Ac.Id/Index.Php/Ciencias/Index
Apriyawanti, D., Haskas, Y., & Arna Abrar, E. (2022). Gambaran Pola Asuh Orang Tua Yang Bekerja Pada Anak Usia 36-59 Bulan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 2(3), 309–316.
Arsini, Y., Zahra, M., & Rambe, R. (2023). Pentingnya Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Psikologis Anak. Journal Research And Education Studies, 3(2), 1138–1141. Http://Jurnal.Permapendis-Sumut.Org/Index.Php/Mudabbir
Dian Pertiwi, Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua Terhadap Pentingnya Calistung Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69. Https://Doi.Org/10.31849/Paud-Lectura.V4i02.5875
Hardiyanti, D. (2021). Keluarga: Pendekatan Teoritis Terhadap Keterlibatan Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Sentra Cendekia, 2(1), 21–28. https://doi.org/10.31331/sencenivet.v2i1.1618
Hasni, U., & Nabila, N. (2021). Peran Orangtua Dalam Mendidik Anak Sejak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 200–213. Http://Jurnal.Iain-Padangsidimpuan.Ac.Id/Index.Php/Alathfal/Index
Hidayatulloh, M. A., & Fauziyah, N. L. (2020). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Satuan PAUD Islam. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 149–158. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-02
Indrawati, P., Hady Prasetya, K., Ristivani, I., & Restiawanawati, N. M. (2022). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik). Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 3(3), 225–235. Http://Dx.Doi.Org/10.30596%2fjppp.V3i3.12978
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214–224. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Karima, N. C., Ashilah, S. H., Kinasih, A. S., Taufiq, P. H., & Hasnah, L. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Agama Dan Moral Terhadap Anak Usia Dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 17(2), 273–292. Https://Doi.Org/10.24090/Yinyang.V17i2.6482
Kholilullah, Hamdan, & Heryani. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(1), 75–95. Www.Ejournal.Annadwahkualatungkal.Ac.Id
Maghfhirah, S., & Latipah, E. (2021). Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Dan Parenting, 1(2), 40–46. Http://Jurnal.Umsu.Ac.Id/Index.Php/Alhanif
Mayar, F., & Sriandila, R. (2021). Pentingnya Mengembangkan Fisik Motorik Anak Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9769–9775.
Miftah, M., & Syamsurijal. (2023). Strategi Pemanfaatan Lingkungan Pendidikan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 72–83. Https://Doi.Org/10.47709/Educendikia.V3i1.2251
Muarif, R., Asmaret, D., & Ilahi, R. (2023). Analisis Usia Ideal Pernikahan Dalam Perspektif Mahasiswa Fai Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal Hukum Dan Hukum Islam, 10(1), 125–132.
Mulia, P. S., & Kurniati, E. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Wilayah Pedesaan Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3663–3674. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i3.4628
Muliati, M., Zubair, Muh., & Basariah, B. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mendorong Motivasi Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ppkn (Studi Di Lingkungan Tolotongga). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1610–1614. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i3b.821
Ndai, A., Wea Gowa, L., Ina Wio, M., Ndiu, Y., & Kresentia Uge, R. (2023). Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Berbagai Media. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(3), 670–676. Http://Jurnalilmiahcitrabakti.Ac.Id/Jil/Index
Nisa, U., & Cahyo, E. D. (2023). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Perkembanan Moral Anak Usia Dini Di Tk Rejo Asri. Indonesian Journal Of Islamic Golden Age Education (Ijigaed), 3. Https://E-Journal.Metrouniv.Ac.Id/Index.Php/Ijigaed/
Nurul Qomariah, D., Andi Kuswandi, A., Saripatunnisa, Y., Puspita Noviana, I., & Enurmanah. (2022). Keterlibatan Orang Tua Dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 6(2), 31–45.
Nurwita, S. (2020). Meningkatkan Perkembangan Seni Anak Menggunakan Media Smart Hafiz Di Paud Aiza Kabupaten Kepahiang. Early Child Research And Practice-Ecrp, 1(1), 34–37.
Nuzleha, Ahiruddin, & Agung, A. (2021). Analisis Tingkat Pendidikan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Provinsi Lampung Publishing Institution. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 118–127. Http://Jurnal.Um-Palembang.Ac.Id/Motivasi
Notoadmojo, Soekidjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V1i1.26
Rieyani Okta Sumbawa, & Mila Karmila. (2021). Pola Pengasuhan Positif Orangtua Pada Anak Usia Dini Selama Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 116–127. Https://Doi.Org/10.19105/Kiddo.V2i2.4790
Sari, L. P., & Ain, S. Q. (2023). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 75–81. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V7i1.59341
Simanjorang, R. R., & Naibaho, D. (2023). Fungsi Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(4), 12706–12715.
Taib, B., Ummah, D. M., Arfa, U., & Dati, F. (2021). Peran Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Fungsi Sosialisasi Dalam Keluarga Di Kelurahan Tadenas Kecamatan Moti. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–10.
Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 484. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V3i2.170
Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Pancar, 3(1), 232–245.
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.626
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i2.740