Pengaruh Pendampingan, Motivasi, dan Penyaluran Pengetahuan Orang Tua terhadap Kesuksesan PAUD

Authors

  • Sri Widayati Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5940

Keywords:

kelompok bermain, kesuksesan paud, orang tua anak, pendidikan anak usia dini

Abstract

Orang tua adalah orang pertama yang paling berperan dalam mendidik dan membesarkan anak sejak bayi hingga dewasa, orang tua harus memahami dan meyakini bahwa memperhatikan anak terutama dalam pertumbuhan dan perkembangan anak sangat penting. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh pendampingan, motivasi, dan penyaluran pengetahuan terhadap kesuksesan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kelompok Bermain (KB). Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode. Hasil menunjukkan bahwa penelitian yang diikuti oleh 55 orang tua KB (X) dengan karakteristik separuh responden berumur lebih dari 21 tahun, dengan jenjang pendidikan tinggi dan bekerja. Hasil diperoleh persentase yang baik yakni 40 persen yang dipengaruhi oleh faktor kesuksesan orang tua dalam pendampingan belajar di rumah, dorongan motivasi belajar, dan penyaluran pengetahuan kepada anak.  Tindak lanjut dari hasil tersebut yakni lebih mendorong orang tua dalam mencapai kesuksesan Pendidikan anak usia dini.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanul Ardhiyah, M. (2019). Pengaruh Pekerjaan/Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Proses Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 3(1), 5–8. Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpls/Index

Amseke, F. V. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 65–81. Http://Ejournal.Upg45ntt.Ac.Id/Index.Php/Ciencias/Index

Apriyawanti, D., Haskas, Y., & Arna Abrar, E. (2022). Gambaran Pola Asuh Orang Tua Yang Bekerja Pada Anak Usia 36-59 Bulan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 2(3), 309–316.

Arsini, Y., Zahra, M., & Rambe, R. (2023). Pentingnya Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Psikologis Anak. Journal Research And Education Studies, 3(2), 1138–1141. Http://Jurnal.Permapendis-Sumut.Org/Index.Php/Mudabbir

Dian Pertiwi, Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua Terhadap Pentingnya Calistung Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69. Https://Doi.Org/10.31849/Paud-Lectura.V4i02.5875

Hardiyanti, D. (2021). Keluarga: Pendekatan Teoritis Terhadap Keterlibatan Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Sentra Cendekia, 2(1), 21–28. https://doi.org/10.31331/sencenivet.v2i1.1618

Hasni, U., & Nabila, N. (2021). Peran Orangtua Dalam Mendidik Anak Sejak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 200–213. Http://Jurnal.Iain-Padangsidimpuan.Ac.Id/Index.Php/Alathfal/Index

Hidayatulloh, M. A., & Fauziyah, N. L. (2020). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Satuan PAUD Islam. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 149–158. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-02

Indrawati, P., Hady Prasetya, K., Ristivani, I., & Restiawanawati, N. M. (2022). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik). Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 3(3), 225–235. Http://Dx.Doi.Org/10.30596%2fjppp.V3i3.12978

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214–224. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Karima, N. C., Ashilah, S. H., Kinasih, A. S., Taufiq, P. H., & Hasnah, L. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Agama Dan Moral Terhadap Anak Usia Dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 17(2), 273–292. Https://Doi.Org/10.24090/Yinyang.V17i2.6482

Kholilullah, Hamdan, & Heryani. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(1), 75–95. Www.Ejournal.Annadwahkualatungkal.Ac.Id

Maghfhirah, S., & Latipah, E. (2021). Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Dan Parenting, 1(2), 40–46. Http://Jurnal.Umsu.Ac.Id/Index.Php/Alhanif

Mayar, F., & Sriandila, R. (2021). Pentingnya Mengembangkan Fisik Motorik Anak Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9769–9775.

Miftah, M., & Syamsurijal. (2023). Strategi Pemanfaatan Lingkungan Pendidikan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 72–83. Https://Doi.Org/10.47709/Educendikia.V3i1.2251

Muarif, R., Asmaret, D., & Ilahi, R. (2023). Analisis Usia Ideal Pernikahan Dalam Perspektif Mahasiswa Fai Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal Hukum Dan Hukum Islam, 10(1), 125–132.

Mulia, P. S., & Kurniati, E. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Wilayah Pedesaan Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3663–3674. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i3.4628

Muliati, M., Zubair, Muh., & Basariah, B. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mendorong Motivasi Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ppkn (Studi Di Lingkungan Tolotongga). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1610–1614. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i3b.821

Ndai, A., Wea Gowa, L., Ina Wio, M., Ndiu, Y., & Kresentia Uge, R. (2023). Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Berbagai Media. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(3), 670–676. Http://Jurnalilmiahcitrabakti.Ac.Id/Jil/Index

Nisa, U., & Cahyo, E. D. (2023). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Perkembanan Moral Anak Usia Dini Di Tk Rejo Asri. Indonesian Journal Of Islamic Golden Age Education (Ijigaed), 3. Https://E-Journal.Metrouniv.Ac.Id/Index.Php/Ijigaed/

Nurul Qomariah, D., Andi Kuswandi, A., Saripatunnisa, Y., Puspita Noviana, I., & Enurmanah. (2022). Keterlibatan Orang Tua Dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 6(2), 31–45.

Nurwita, S. (2020). Meningkatkan Perkembangan Seni Anak Menggunakan Media Smart Hafiz Di Paud Aiza Kabupaten Kepahiang. Early Child Research And Practice-Ecrp, 1(1), 34–37.

Nuzleha, Ahiruddin, & Agung, A. (2021). Analisis Tingkat Pendidikan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Provinsi Lampung Publishing Institution. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 118–127. Http://Jurnal.Um-Palembang.Ac.Id/Motivasi

Notoadmojo, Soekidjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V1i1.26

Rieyani Okta Sumbawa, & Mila Karmila. (2021). Pola Pengasuhan Positif Orangtua Pada Anak Usia Dini Selama Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 116–127. Https://Doi.Org/10.19105/Kiddo.V2i2.4790

Sari, L. P., & Ain, S. Q. (2023). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 75–81. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V7i1.59341

Simanjorang, R. R., & Naibaho, D. (2023). Fungsi Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(4), 12706–12715.

Taib, B., Ummah, D. M., Arfa, U., & Dati, F. (2021). Peran Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Fungsi Sosialisasi Dalam Keluarga Di Kelurahan Tadenas Kecamatan Moti. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–10.

Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 484. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V3i2.170

Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Pancar, 3(1), 232–245.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.626

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i2.740

Downloads

Published

09-08-2024

How to Cite

Widayati, S. (2024). Pengaruh Pendampingan, Motivasi, dan Penyaluran Pengetahuan Orang Tua terhadap Kesuksesan PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(3), 657–666. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5940

Issue

Section

Articles