Inovasi Modul Edukasi Gizi AUD untuk Mencegah Stunting pada Anak Usia Dini

Authors

  • Ayu Yuliani Sekriptini Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia; Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, Indonesia(1), Indonesia
  • Cucu Sopiah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia
  • Andi Ali Kisai Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5924

Keywords:

modul modul edukasi gizi, program pencegahan stunting, anak usia dini, peran orang tua

Abstract

Stunting menjadi permasalahan serius dalam pertumbuhan anak usia dini di banyak negara, termasuk di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan pengembangan modul pemenuhan gizi anak usia dini dengan fokus pada peningkatan peran orang tua sebagai upaya mendukung program pencegahan stunting. Metode penelitian yang digunakan adalah model R and D dengan model pengembangan ADDIE dan uji coba produk dengan menggunakan one group pretest-postest design.  Instrumen yang digunakan yaitu angket dan test. Hasil validasi dari 2 orang ahli materi memperoleh 82,22%, dari ahli bahasa 97,5% dan ahli media 90,7%. Penilaian dari ahli materi, ahli bahasa dan media memperoleh kriteria layak digunakan. Hasil kepraktisan modul pada orang tua dengan indikator efektifitas, interaktif, efisien dan kreatif memperoleh skor rata-rata 85,83 dengan kriteria penalian modul memenuhi kriteria kepraktisan untuk digunakan. Hasil penelitian pada orang tua terbukti efektif yaitu skor rata-rata pretest sebesar  89,7 dan nilai skor rata-rata postest sebesar  172,2. Hasil uji normalitas menunjukkan signifikansinya >0,05 yang artinya dalam distribusi normal. Uji perbedaan Paired Sampel T Tast menunjukkan signifikan 0,000. Yang artinya modul yang di gunakan efektif dalam mendampingi orang tua untuk pemenuhan gizinya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghniya, R. (2022). Dampak Stunting Terhadap Perkembangan Kognitif dan Motorik Anak Stunting: Systematic Literature Review. Scientia Journal, 11(2), 178–189.

Aisyah, I. H., & Rinjani, D. (2023). Pengaruh Seni Ilustrasi dalam Meningkatkan Minat Baca (Studi Desain Novel Karya Tere Liye). INVENSI, 8(1), 1–13.

Anggryni, M., Mardiah, W., Hermayanti, Y., Rakhmawati, W., Ramdhanie, G. G., & Mediani, H. S. (2021). Faktor Pemberian Nutrisi Masa Golden Age dengan Kejadian Stunting pada Balita di Negara Berkembang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1764–1776. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.967

Arif Rachman, Yochanan, E., Andi Ilham Samanlangi, & Hery Purnomo. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. (Bambang Ismaya, Ed.), Saba Jaya Publisher (1st ed.). Karawang: Saba Jaya Publisher.

Arikunto, S. (2010). Evaluasi Program pendidikan : Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. PT Bumi Aksara. https://doi.org/IOS3744.JATIM000000000036329

Bastian, A., Suharni, & Efastri, S. M. (2023). Peranan Orangtua dalam Pemenuhan Gizi dan Nutrisi sebagai Upaya Pencegahan Stunting, 5(2), 1–8. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v

Daryanto. (2013). Menyusun modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

DKIS. (2021). Profil Data Statistik Kota Cirebon. Cirebon.

Festiawan, R., & Arovah, N. I. (2020). Pengembangan “Buku Saku Pintar Gizi†Untuk Siswa SMP: Alternatif Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengetahuan Gizi Olahraga. Physical Activity Journal, 1(2), 188. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2436

Hadi, D. I. S. (2022). Percepatan Penurunan Stunting. Pepres, 2021, (1), 23.

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Buku Pintar Kader Posbindu. Buku Pintar Kader Posbindu.

Kementerian Kesehatan RI. (2022). Pedoman Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA). Kementrian Kesehatan RI. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Kismul, H., Acharya, P., Mapatano, M. A., & Hatløy, A. (2017). Determinants of childhood stunting in the Democratic Republic of Congo: Further analysis of Demographic and Health Survey 2013-14. BMC Public Health, 18(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/s12889-017-4621-0

Kusharisupeni. (2002). Growth Faltering Pada Bayi di Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Makara Kesehatan, 6(1), 1–5.

McGovern, M. E., Krishna, A., Aguayo, V. M., & Subramanian, S. V. (2017). A review of the evidence linking child stunting to economic outcomes. International Journal of Epidemiology, 46(4), 1171–1191. https://doi.org/10.1093/ije/dyx017

Nazidah, M. D. P., Fauziah, R., Hafidah, R., Jumiatmoko, J., & Nurjanah, N. E. (2022). Pengaruh Stunting pada Kognitif Anak Usia Dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 17(1), 59–72. https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i1.4964

Ni Ketut Aryastami dan Tarigan. (2017). Kajian Kebijakan dan Penanggulangan Masalah Gizi Stunting di Indonesia. Buletin Penelitian Kesehatan, 45(4), 233–240. https://doi.org/10.22435/bpk.v45i4.7465.233-240

Osmond, C., & Barker, D. J. (2000). Fetal, infant, and childhood growth are predictors of coronary heart disease, diabetes, and hypertension in adult men and women. Environmental Health Perspectives, 108 Suppl(Suppl 3), 545–553. https://doi.org/10.1289/ehp.00108s3545

Purba, D. H., Kushargina, R., Ningsing, W. I. F., Lusiana, S. A., Lazuana, T., Ramania, … Utami, N. (2021). Kesehatan dan Gizi Untuk Anak. (R. Watrianthos, Ed.), Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Rahayu, H. K., Herawati, H. D., Rusiyono, R., Gizi, P., Kesehatan, F. I., Ata, U. A., … Alma, U. (2019). Peningkatan Kapasitas Guru Terkait Pendidikan Gizi dan Kesehatan Untuk Pencegahan Stunting di Lingkungan PAUD Teacher Capacity Building Related to Nutrition and Health Education for Stunting Prevention in PAUD, 2070–2076.

Regar, E., & Sekartini, R. (2013). Hubungan Kecukupan Asupan Energi dan Makronutrien dengan Status Gizi Anak Usia 5-7 Tahun di Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur Tahun 2012. EJournal Kedokteran Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.23886/ejki.1.3001.

Ruhmawati, T. T., Rachman Hakim, A., Fitri Hilman, A., & Sudiyat, R. (2022). Pengembangan Media Promosi Kesehatan Buku Saku “Germas†Bagi Kader Kesehatan. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 14(1), 43–49. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v14i1.2015

Saputri, R. A., & Tumangger, J. (2019). Hulu-Hilir Penanggulangan Stunting Di Indonesia. Journal of Political Issues, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.33019/jpi.v1i1.2

Shobrun, Y., Fatmawati, Mahriza, R., & Pratiwi, S. H. (2023). Mencerdaskan Generasi Bangsa Melalui Penanganan Stunting Pada PAUD Holistik Integratif. International Jurnal for Educational Community Service, 2(1), 18–23. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5724

Soviyati, E., Utari, T. S. G., & Marselina, S. (2021). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stunting Di Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan. Journal of Midwifery Care, 1(02), 138–148. https://doi.org/10.34305/jmc.v1i02.299

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alf. Bandung.

Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. (2019). Strategi Nasional Percepatan Pencegahan Stunting 2018-2024 (Kedua). Jakarta.

WHO. (2013). Infant and Young Child Feeding. IAP Textbook of Pediatrics, 127–127. https://doi.org/10.5005/jp/books/11894_132

Wijayanti, R., & Purwandari, H. (2006). Dampak Penggunaan Modul Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Ketrampilan Keluarga Dalam Menstimulasi Tumbuh Kembang Bayi. Jurnal Keperawaatn Soedirman, 1(2), 83–90. https://dx.doi.org/10.20884/1.jks.2006.1.2.82

Yadika, A. D. N., Berawi, K. N., & Nasution, S. H. (2019). The Influence of Stunting on Cognitive Development and Learning Achievement. Jurnal Majority, 8(2), 273–282. https://doi.org/10.31901/24566772.2023/17.1-2.661

Downloads

Published

27-05-2024

How to Cite

Sekriptini, A. Y., Sopiah, C., & Kisai, A. A. (2024). Inovasi Modul Edukasi Gizi AUD untuk Mencegah Stunting pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 327–342. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5924

Issue

Section

Articles