Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2020

Amalina Amalina(1Mail),
(1) Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Amalina Amalina

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592

Download Full Text:   [File Size  : 650KB]  Language : ID
Received : 2020-06-04  |  Published : 2020-07-18

Abstract


Pentingnya pembelajaran matematika bagi anak usia dini membuat orang tua ikut mengambil peran dalam menanamkan konsep matematika kepada anak disamping pengajaran di sekolah. Namun, sejak pandemi Covid-19 semua kegiatan belajar mengajar harus dilakukan sepenuhnya dari rumah. Oleh karena itu, tulisan ini mengkaji tentang bagaimana pembelajaran matematika bagi anak usia dini yang dilakukan di rumah yang tentunya dibawah pengawasan dan arahan dari orang tua. Melalui Literature review, penelitian ini dapat menjadi salah satu referensi bagi orang tua untuk dapat terus memotivasi anak mereka dalam belajar matematika secara sederhana dan menyenangkan dari rumah di tengah masa pandemi Covid-19. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa pembelajaran matematika bagi anak usia dini dimasa pandemi Covid-19 hendaknya pembelajaran yang menyenangkan dan objek pembelajaran adalah dari hal sederhana yang dekat dengan anak atau hal yang digemari anak. Sesuai dengan hakikat anak usia dini bermain sambil belajar, belajar seraya bermain sehingga anak tidak sadar bahwa permainan yang mereka lakukan atau hal sederhana yang disampaikan orang tua kepada anak adalah pembelajaran matematika.


Keywords


pembelajaran matematika; anak usia dini; covid-19

References


A’yun, Q., Prihartanti, N., & Chusniatun, C. (2016). Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling). Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 13(2), 33–40. http://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/2601

Anderson Gary, & Arsenault, N. (1998). Fundamentals of Educational Research (2nd Editio). The Falmer Press.

Elyana, L. (2020). Manajemen Parenting Class Melalui Media E- Learning. Sentra Cendekia, 1(1), 29–35. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/jsc.v1i1.1191

Fauziddin, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini melalui Permainan Jam Pintar di Taman Kanak-Kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49-54. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.55

Fitria, A. (2013). (2013). Mengenalkan dan Membelajarkan Matematika Pada Anak Usia Dini. Mu’adalah. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2)., 1(2), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/jsga.v1i2.675

Gugus Tugas Nasional, T. (2020). Berita Terkini, Data Sebaran Global dan Indonesia Kasus COVID 19. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. https://covid19.go.id/

Haerudin, Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviana, V., & Sitorus, Y. I. (2020). Peran Orangtua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Universitas Singaperbangsa Karawang, 3(1), 1–12.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2021). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158–167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

Kemdikbud, D. P. (2020). Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak Dirumah. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–26.

Kemendikbud. (2020a). Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana Di Indonesia Surat Edaran Sekretaris Jenderal No.15 Tahun 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Kemendikbud. (2020b). Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan, dan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah. Biro Kerjasama Dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id

L. R. Gay, G., & E. Mills, P. A. (2009). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications 9th. Pearson Education, New Jersey.

Lestariningrum, A. (2015). Pemanfaatan media biji-bijian sebagai sumber belajar bidang pengembangan matematika pada anak usia dini. Efektor, 2(2), 1–7. https://doi.org/doi.org/10.29407/e.v2i2.71

Maulid, Y. r. (2020, May). Kesempatan Anak Belajar Matematika di Tengah Masa Pandemi Seperti Ini. Kompasiana, 1–2. https://www.kompasiana.com/yennyrohmahm/5eb96730d541df0dc52fe412/kesempatan-anak-belajar-matematika-di-tengah-masa-pandemi-seperti-ini?page=2

Mirawati, M., Anggarasari, N. H., & Nurkamilah, M. (2018). Fun Cooking: Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.230

Muhdi, & Nurkolis. (2021). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212–228. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535

Nasution, M. K. (2017). Penelaahan literatur. Teknik Penulisan Karya Ilmiah, 3. Sumatera utara. Researchgate. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.14333.26086

Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11. https://doi.org/doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C., Wijayanti, L., Putri, R., & Santoso, P. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Respitawulan, Nurul Afrianti, Y., & Permanasari, U. (2014). Konstruksi Origami Sebagai Strategi Pembelajaranmatematika Untukanakusia Dini. Prosiding SNaPP2017 Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora, pISSN 2089-3590 | eISSN 2303-2472, 120–126.

Sabri, A., Warmansyah, J., Amalina, A., & Aswirna, P. (2020). Implementasi Pengintegrasian Keislaman Dalam Pengenalan Konsep Matematika Anak Usia Dini. 2020, 4(1), 23–30. https://doi.org/doi.org/10.15548/mej.v4i1.1240

Subarto, S. (2020). Momentum Keluarga Mengembangkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Di Tengah Wabah Pandemi Covid-19. ’ADALAH, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.15408/adalah.v4i1.15383

Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Ulya, H., & Istiandaru, A. (2016). Permainan pasaran dalam pembelajaran matematika materi aritmetika sosial untuk menumbuhkan karakter kewirausahaan. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2016, 88–93. http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/18

Wardhani, D. K. (2017). Peran guru dalam menerapkan pembelajaran matematika yang menyenangkan bagi anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2), 153-159. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/9355

Warmansyah, J. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 99–120. https://doi.org/10.21009/JPUD.101.06

Warmansyah, J. (2019). Efektifitas Game Powerpoint Dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Permulaan Di Tk Asyofa Padang. Ta’dib, 22(2), 105. https://doi.org/10.31958/jt.v22i2.1198

Wulansuci, G., & Kurniati, E. 2019. (2019). Pembelajaran Calistung ( Membaca , Menulis , Berhitung) Dengan Resiko Terjadinya Stress Akademik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(1).

Zaini, A. (2015). (2015). Bermain sebagai Metode untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. ,. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Atfal, 3(1), 118–134. https://doi.org/dx.doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656

Zasa, Y. U., Choeron, R. C., & Ka’arayeno, A. J. (2019). Hubungan Kebiasaan Bermain Gadget Dengan Kualitas Tidur Pada Anak Usia Prasekolah Di Tk Dharma Wanita Landin. Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 4(2).

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan (1st ed). Yayasan Obor indonesia.

Zhang, G., Wu, L., Zhou, L., Lu, W., & Mao, C. (2016). Television watching and risk of childhood obesity: a meta-analysis. The European Journal of Public Health, 26(1), 13–18. https://doi.org/10.1093/eurpub/ckv213


Article Metrics

 Abstract Views : 1174 times
 PDF Downloaded : 381 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.