Author
Yan Dirk Wabiser(1), Elka Mimin(2), Veronika Iryouw(3),
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Cenderawasih, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 424KB]
Published : 2024-08-09
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 280 times PDF Downloaded: 114 timesAbstract
Permainan tradisional berperan luas dalam tumbuh kembang anak termasuk penanaman nilai-nilai karakter dalam diri anak usia dini. Dengan demikian, suku Ngalum Ok sebagai subjek penelitian dan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai karakter dalam permainan tradisional suku Ngalum Ok. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif metode deskriptif dan pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi. Analisis data dilakukan dalam empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional suku ngalum ok seperti womnong taungek dakbit atuk okhit mengandung nilai-nilai karakter pada anak usia dini seperti disiplin, toleransi, integritas dan gotong-royong. Upaya penggalian nilai-nilai karakter dalam permainan tradisional sebagai wujud pembelajaran kontekstual yang berkontribusi terhadap tumbuh kembang anak, selain itu juga sebagai upaya preventif terhadap eksistensi permainan tradisional.
Keywords
References
Alvi, R. R., Jais, M., Ayub, D., Fitrilinda, D., & Ramadhani, N. (2021). Identifikasi Nilai Karakter dalam Permainan Tradisional Cak Bur. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(2), 104–111. https://doi.org/10.15294/jnece.v5i2.49187
Cecep, Fahmi, A. I., & Purwaningsih, H. (2023). Meningkatkan Disiplin Anak Melalui Kegiatan Antri Cuci Tangan Menggunakan Kartu Antrian. Jurnal Tahsinia, 4(1), 93–104. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.349
Fitrianingtyas, A., Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., Winarji, B., & Nurjanah, N. E. (2023). Mengembangkan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5675–5686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4970
Hajeni, H., Rahmatia, R., & Syam, R. (2023). Permainan Tradisional Kola-Kola Tematik untuk Penguatan Karakter Anak Usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7088–7096. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5538
Herwina, Rahmah, & Mahesa, E. (2024). Penanaman Nilai Karakter Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6612–6620.
Husain, R. I., & Walangadi, H. (2021). Permainan Awuta, Ponti dan Kainje dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1352–1358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.839
Ismoko. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Motorik Anak. Jurnal Pendidikan Jasmani, 2(1), 146–154. https://www.ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jemani/article/view/272
Lestari, B. B., & Suhartono. (2021). Kegiatan Pesta Siaga Untuk Mengembangkan Karakter Jujur Dan Gotong Royong Siswa Sdn Betro Sedati Sidoarjo. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(2), 19–28. http://103.98.176.9/index.php/malihpeddas/article/view/11154
Lumbin, N. F., Yakob, R., Daud, N., Yusuf, R., Rianti, & Ardini, P. (2022). Permainan Tradisional Gorontalo Ponti dalam Menumbuhkan Nilai-nilai Karakter Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 52–59. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.41219
Muslihin, H. Y., Respati, R., Shobihi, I., & Shafira, S. A. (2021). Kajian Historis dan Identifikasi Kepunahan Permainan Tradisional. Sosial Budaya, 18(1), 36–43. https://doi.org/10.24014/sb.v18i1.11787
Nur, H., & Asdana, M. F. (2020). Pergeseran Permainan Tradisional Di Kota Makasar. Phinisi Integration Review, 3(1), 17–29.
Perdima, F. E., & Kristiawan, M. (2021). Nilai-nilai Karakter pada Permainan Tradisional Hadang di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5342–5351. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1640/pdf
Pitaloka, D. L., Dimyati, & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Rahayu, E. (2023). Peran Permainan Tradisional dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal on Education, 05(04), 17721–17737.
Rianto, H., & Yuliananingsih. (2021). Menggali Nilai-Nilai Karakter Dalam Permainan Tradisional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 120–134. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2440
Saputra. (2017). Permainan Tradisional vs Permainan Modern Dalam Penanaman Nilai Karakter Di Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal, 1(1), 84–94. http://103.114.35.30/index.php/pgsd/article/viewFile/1400/1183
Sholikin, M., Fajrie, N., & Ismaya, E. A. (2022). Nilai Karakter Anak Pada Permainan Tradisional Gobak Sodor dan Egrang. Jurnal Educatio, 8(3), 1111–1121. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3035
Tanfidiyah, N. (2017). Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Mobil-Mobilan Dalam Pembelajaran Tematik. SENDIKA: Seminar Pendidikan, 1(1), 56–65.
Taroreh, B. S & Satria, M. H. (2020). Implementasi Permainan CBA Pada Pembelajaran Atletik Sebagai Solusi Alternatif Melestarikan Permainan Tradisional Di Sumatera Selatan. Curere: Jurnal Ilmiah, 4(1).
Yani, I. (2017). Stimulasi Perkembangan Anak Melalui Permainan Tradisional Suku Batak Toba. Jurnal Ilmiah Visi PGTK PAUD Dan DIKMAS PGTK PAUD Dan DIKMAS, 12(2), 89–98. https://doi.org/10.21009/jiv.1202.1
Refbacks
- There are currently no refbacks.