Permainan Tradisional Suku Ngalum Ok dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter pada Anak Usia Dini

Author


Yan Dirk Wabiser(1), Elka Mimin(2Mail), Veronika Iryouw(3),
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Cenderawasih, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 424KB]

Published : 2024-08-09

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 280 times PDF Downloaded: 114 times

Abstract


Permainan tradisional berperan luas dalam tumbuh kembang anak termasuk penanaman nilai-nilai karakter dalam diri anak usia dini. Dengan demikian, suku Ngalum Ok sebagai subjek penelitian dan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai karakter dalam permainan tradisional suku Ngalum Ok. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif metode deskriptif dan pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi. Analisis data dilakukan dalam empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional suku ngalum ok seperti womnong taungek dakbit atuk okhit mengandung nilai-nilai karakter pada anak usia dini seperti disiplin, toleransi, integritas dan gotong-royong. Upaya penggalian nilai-nilai karakter dalam permainan tradisional sebagai wujud pembelajaran kontekstual yang berkontribusi terhadap tumbuh kembang anak, selain itu juga sebagai upaya preventif terhadap eksistensi permainan tradisional.


Keywords


nilai-nilai karakter; permainan tradisional; anak usia dini; suku ngalum ok

References


Alvi, R. R., Jais, M., Ayub, D., Fitrilinda, D., & Ramadhani, N. (2021). Identifikasi Nilai Karakter dalam Permainan Tradisional Cak Bur. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(2), 104–111. https://doi.org/10.15294/jnece.v5i2.49187

Cecep, Fahmi, A. I., & Purwaningsih, H. (2023). Meningkatkan Disiplin Anak Melalui Kegiatan Antri Cuci Tangan Menggunakan Kartu Antrian. Jurnal Tahsinia, 4(1), 93–104. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.349

Fitrianingtyas, A., Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., Winarji, B., & Nurjanah, N. E. (2023). Mengembangkan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5675–5686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4970

Hajeni, H., Rahmatia, R., & Syam, R. (2023). Permainan Tradisional Kola-Kola Tematik untuk Penguatan Karakter Anak Usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7088–7096. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5538

Herwina, Rahmah, & Mahesa, E. (2024). Penanaman Nilai Karakter Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6612–6620.

Husain, R. I., & Walangadi, H. (2021). Permainan Awuta, Ponti dan Kainje dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1352–1358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.839

Ismoko. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Motorik Anak. Jurnal Pendidikan Jasmani, 2(1), 146–154. https://www.ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jemani/article/view/272

Lestari, B. B., & Suhartono. (2021). Kegiatan Pesta Siaga Untuk Mengembangkan Karakter Jujur Dan Gotong Royong Siswa Sdn Betro Sedati Sidoarjo. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(2), 19–28. http://103.98.176.9/index.php/malihpeddas/article/view/11154

Lumbin, N. F., Yakob, R., Daud, N., Yusuf, R., Rianti, & Ardini, P. (2022). Permainan Tradisional Gorontalo Ponti dalam Menumbuhkan Nilai-nilai Karakter Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 52–59. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.41219

Muslihin, H. Y., Respati, R., Shobihi, I., & Shafira, S. A. (2021). Kajian Historis dan Identifikasi Kepunahan Permainan Tradisional. Sosial Budaya, 18(1), 36–43. https://doi.org/10.24014/sb.v18i1.11787

Nur, H., & Asdana, M. F. (2020). Pergeseran Permainan Tradisional Di Kota Makasar. Phinisi Integration Review, 3(1), 17–29.

Perdima, F. E., & Kristiawan, M. (2021). Nilai-nilai Karakter pada Permainan Tradisional Hadang di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5342–5351. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1640/pdf

Pitaloka, D. L., Dimyati, & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Rahayu, E. (2023). Peran Permainan Tradisional dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal on Education, 05(04), 17721–17737.

Rianto, H., & Yuliananingsih. (2021). Menggali Nilai-Nilai Karakter Dalam Permainan Tradisional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 120–134. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2440

Saputra. (2017). Permainan Tradisional vs Permainan Modern Dalam Penanaman Nilai Karakter Di Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal, 1(1), 84–94. http://103.114.35.30/index.php/pgsd/article/viewFile/1400/1183

Sholikin, M., Fajrie, N., & Ismaya, E. A. (2022). Nilai Karakter Anak Pada Permainan Tradisional Gobak Sodor dan Egrang. Jurnal Educatio, 8(3), 1111–1121. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3035

Tanfidiyah, N. (2017). Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Mobil-Mobilan Dalam Pembelajaran Tematik. SENDIKA: Seminar Pendidikan, 1(1), 56–65.

Taroreh, B. S & Satria, M. H. (2020). Implementasi Permainan CBA Pada Pembelajaran Atletik Sebagai Solusi Alternatif Melestarikan Permainan Tradisional Di Sumatera Selatan. Curere: Jurnal Ilmiah, 4(1).

Yani, I. (2017). Stimulasi Perkembangan Anak Melalui Permainan Tradisional Suku Batak Toba. Jurnal Ilmiah Visi PGTK PAUD Dan DIKMAS PGTK PAUD Dan DIKMAS, 12(2), 89–98. https://doi.org/10.21009/jiv.1202.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.