Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak di Sangkhom Islam Wittaya School saat Pandemi Covid-19

(1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia

Copyright (c) 2020 Muammar Qadafi
DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.591
Download Full Text:

Received : 2020-06-04 | Published : 2020-07-02
Abstract
Kebijakan study from home selama pandemi COVID-19 menimbulkan masalah baru bagi pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan prolematika dan strategi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak usia dini selama pandemi COVID-19 di Sangkhom Islam Wittaya School Thailand. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitiannya adalah tiga orang guru Bahasa Inggris yang berasal dari Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan terdapat pada proses adaptasi pola baru yang mengharuskan guru, siswa, serta orang tua untuk meningkatkan kompetensi di bidang teknologi; keterampilan Bahasa Inggris orang tua yang tidak memadai; dan biaya operasional untuk membeli paket data internet. Sedangkan strategi yang digunakan oleh guru adalah menjalin komunikasi dengan orang tua untuk memberikan informasi terkait rencana pembelajaran, menyiapkan materi dengan menggunakan video maupun lembar kegiatan atau tugas yang mudah dipahami, dan menyiapkan platform pembelajaran online seperti YouTube, line group, dan google classroom.
Keywords
References
Arango, C. (2020). Lessons Learned From the Coronavirus Health Crisis in Madrid, Spain: How COVID-19 Has Changed Our Lives in the Last 2 Weeks. Biological Psychiatry, 1–2. https://doi.org/10.1016/j.biopsych.2020.04.003
bangkok.unesco.org. (2020). Education Minister Nataphol Teepsuwan on COVID-19 strategy in Thailand. Retrieved from https://bangkok.unesco.org/content/education-minister-nataphol-teepsuwan-covid-19-strategy-thailand
Chuenpraphanusorn, T., Boonchart, J., Chombuathong, S., Thitipetchkool, C., Moonlaphat, K., & Snguanyat, O.-O. (2016). The Standard ’ s Development of Kindergarten Teachers of the Department of Local Administration , Thailand by “ Coaching and Mentoring ” method under the model of “ On the Job Training ” Asst . Prof . Dr . Teeradet Chuenpraphanusorn Ms . Kanchulee Moonlap. Mediterranean Journal of Social Sciences, 7(4), 353–362. https://doi.org/10.5901/mjss.2016.v7n4p
EPI, E. (2019). The world’s largest ranking of countries and regions by English skills. Retrieved July 4, 2020, from https://www.ef.co.id/epi/
Greenstone, M., & Nigam, V. (2020). Does Social Distancing Matter ? Becker Friedman Institute for Economics Working Paper Series, (26). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3561244
Hanafi, H., Adu, L., & Muzakkir. (2018). Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Hewi, L., & Asnawati, L. (2021). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158–167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530
Kemendikbud. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Retrieved April 28, 2020, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/strategi
Kurniati, E., Kusumanita, D., Alfaeni, N., & Andriani, F. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Abstrak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Maulana, I., & Nurhafizah. (2019). Analisis Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 657–665. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/266
Muhdi, & Nurkholis. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19 Abstrak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212–228. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535
Munandar, A. (2018). Pengantar Kurikulum. (A. Munandar, Ed.) (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.
O’Malley, J. M., & Chamot, A. U. (1995). Learning Strategies in Second Language Acquisition. New York: Cambridge University Press.
Platsidou, M., & Athena, S. (2014). Exploring relationships with grade level , gender and language proficiency in the foreign language learning strategy use of children and early adolescents Exploring relationships with grade level , gender and language proficiency in the foreign language l. International Journal of Research Studies in Language Learning, (June). https://doi.org/10.5861/ijrsll.2014.778
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Putri, R. S., & Santoso, P. B. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Qadafi, M. (2019). Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Aspek Moral Agaram Anak Usia Dini. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1–19.
Rafika, D. (n.d.). YouTube. Retrieved June 1, 2020, from https://www.youtube.com/channel/UCSC-Nlobdp9ur2fW102i6Lw
Safitri, D. (2019). Menjadi Guru Profesional. (S. Anwar, Ed.) (1st ed.). Tembilahan: PT. Indragiri Dot Com.
Schmeck, R. R. (Ed.). (1988). Learning Strategies and Learning Styles (1st ed.). New York: Plenum Press. https://doi.org/10.1007/978-1-4899-2118-5
Sophya, I. V. (2013). Pembelajaran Bahasa Inggri Melalui Lagu pada Anak Usia Dini. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 1(1), 1–21.
Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. (I. B. A. L. Manuaba, Ed.). Badung: Nilacakra Publishing House.
webfact. (2020). PM Prayut puts decision on lockdown off by a week. Retrieved May 31, 2020, from https://forum.thaivisa.com/topic/1160690-pm-prayut-puts-decision-on-lockdown-off-by-a-week/
WHO. (2020). Pertanyaan dan Jawaban Terkait Corona Virus. Retrieved June 9, 2020, from https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public
Wikipedia. (2020). COVID-19 Pandemic in Thailand. Retrieved May 31, 2020, from https://en.wikipedia.org/wiki/COVID-19_pandemic_in_Thailand
Article Metrics


This article can be traced from:
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.