Life Skills Anak Usia Dini: Penilaian dan dampaknya bagi perkembangan anak

Authors

  • Aip Saripudin Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Jajang Aisyul Muzakki Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5908

Keywords:

anak usia dini, penilaian life skill, perkembangan anak

Abstract

Life skills (kecakapan hidup) merupakan kemampuan anak dalam melakukan aktifitas yang mendorong kemandirian anak yang perlu dikenalkan sejak dini baik di sekolah maupun di lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan kegiatan life skill, penilaian serta dampaknya terhadap perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi serta FGD. Analisis menggunakan analisis eksplorasi dengan tahapan pengumpulan data, pengelompokan data, identifikasi hasil, pengkodean data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian life skills telah dilakukan dengan menggunakan autentik assesmen. Satuan PAUD telah memfasilitasi kegiatan life skills anak melalui berbagai kegiatan rutin yang dilakukan di sekolah walaupun antar sekolah layanannya berbeda-beda. Hasil penilaian menunjukan bahwa life skill anak usia dini yang diamati di 6 satuan PAUD memperoleh prosentase sebesar 77,65%. Hal ini berdampak pada berkembangnya aspek social emosional, kemandirian, kedisiplinan, kritis, memahami aturan serta kesiapan sekolah anak pada jenjang berikutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2012). An authentic assessment model in the teaching and learning of character education-based reading comprehension. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 164–178. http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v0i2.1301

Ali, M., & Munastiwi, E. (2021). Kreativitas Guru dalam Mengajarkan Kecakapan Hidup pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 35. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.9476

Aris, N. (2012). Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Pada Siswa Kelas 1 Sd Juara Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Kontribusi Pendidikan Matematika Dan Matematika Dalam Membangun Karakter Guru Dan Siswa, November, 1–8. http://eprints.uny.ac.id/7499/

Creswell. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Pearson Education, Inc.

Fatimah Zahro, I. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 92–111. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/95

Ibrahim, M. A. A. (2011). Performance assessment of semiempirical molecular orbital methods in describing halogen bonding: Quantum mechanical and quantum mechanical/molecular mechanical-molecular dynamics study. Journal of Chemical Information and Modeling, 51(10), 2549–2559. https://doi.org/10.1021/ci2002582

Ismaniar. (2009). Pengembangan Kecakapan Hidup (Life Skills) pada Anak Usia Dini di Lembaga RA/BA. Working Paper. FIP UNP, Padang..

Maulidiyah, E. C. (2017). Asesmen perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.1.45-64

Nuralita Fajri, D., Yuliati, N., & Putu Indah Budyawati, L. (2020). Analisis Pelaksanaan Asesmen Perkembangan Anak. Jurnal Edukasi, 7(2), 17. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i2.22680

Pekis, A., & Gourgiotou, E. (2017). Parental Perceptions about Children’s Authentic Assessment and the Work Sampling System’s implementation. International Journal of Assessment Tools in Education, 4(2), 182–182. https://doi.org/10.21449/ijate.318250

Podmore, V., Blenkin, G. M., & Kelly, A. V. (1992). Assessment in Early Childhood Education. British Journal of Educational Studies, 40(3), 306. https://doi.org/10.2307/3120906

Rina, G., & Karmila, M. (2020). Pendidikan Keterampilan Hidup (Life Skill) Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Keluarga. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 53. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15473

Zulkifli, N. I., Majid, R. A., & Hassan, A. (2016). The Assessment of Children’s Performance at Child Care Centre. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 234, 64–73. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.220

Downloads

Published

31-12-2023

How to Cite

Saripudin, A., & Muzakki, J. A. (2023). Life Skills Anak Usia Dini: Penilaian dan dampaknya bagi perkembangan anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 8081–8090. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5908

Issue

Section

Articles