- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Life Skills Anak Usia Dini: Penilaian dan dampaknya bagi perkembangan anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5908Keywords:
anak usia dini, penilaian life skill, perkembangan anakAbstract
Life skills (kecakapan hidup) merupakan kemampuan anak dalam melakukan aktifitas yang mendorong kemandirian anak yang perlu dikenalkan sejak dini baik di sekolah maupun di lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan kegiatan life skill, penilaian serta dampaknya terhadap perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi serta FGD. Analisis menggunakan analisis eksplorasi dengan tahapan pengumpulan data, pengelompokan data, identifikasi hasil, pengkodean data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian life skills telah dilakukan dengan menggunakan autentik assesmen. Satuan PAUD telah memfasilitasi kegiatan life skills anak melalui berbagai kegiatan rutin yang dilakukan di sekolah walaupun antar sekolah layanannya berbeda-beda. Hasil penilaian menunjukan bahwa life skill anak usia dini yang diamati di 6 satuan PAUD memperoleh prosentase sebesar 77,65%. Hal ini berdampak pada berkembangnya aspek social emosional, kemandirian, kedisiplinan, kritis, memahami aturan serta kesiapan sekolah anak pada jenjang berikutnya.
Downloads
References
Abidin, Y. (2012). An authentic assessment model in the teaching and learning of character education-based reading comprehension. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 164–178. http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v0i2.1301
Ali, M., & Munastiwi, E. (2021). Kreativitas Guru dalam Mengajarkan Kecakapan Hidup pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 35. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.9476
Aris, N. (2012). Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Pada Siswa Kelas 1 Sd Juara Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Kontribusi Pendidikan Matematika Dan Matematika Dalam Membangun Karakter Guru Dan Siswa, November, 1–8. http://eprints.uny.ac.id/7499/
Creswell. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Pearson Education, Inc.
Fatimah Zahro, I. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 92–111. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/95
Ibrahim, M. A. A. (2011). Performance assessment of semiempirical molecular orbital methods in describing halogen bonding: Quantum mechanical and quantum mechanical/molecular mechanical-molecular dynamics study. Journal of Chemical Information and Modeling, 51(10), 2549–2559. https://doi.org/10.1021/ci2002582
Ismaniar. (2009). Pengembangan Kecakapan Hidup (Life Skills) pada Anak Usia Dini di Lembaga RA/BA. Working Paper. FIP UNP, Padang..
Maulidiyah, E. C. (2017). Asesmen perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.1.45-64
Nuralita Fajri, D., Yuliati, N., & Putu Indah Budyawati, L. (2020). Analisis Pelaksanaan Asesmen Perkembangan Anak. Jurnal Edukasi, 7(2), 17. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i2.22680
Pekis, A., & Gourgiotou, E. (2017). Parental Perceptions about Children’s Authentic Assessment and the Work Sampling System’s implementation. International Journal of Assessment Tools in Education, 4(2), 182–182. https://doi.org/10.21449/ijate.318250
Podmore, V., Blenkin, G. M., & Kelly, A. V. (1992). Assessment in Early Childhood Education. British Journal of Educational Studies, 40(3), 306. https://doi.org/10.2307/3120906
Rina, G., & Karmila, M. (2020). Pendidikan Keterampilan Hidup (Life Skill) Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Keluarga. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 53. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15473
Zulkifli, N. I., Majid, R. A., & Hassan, A. (2016). The Assessment of Children’s Performance at Child Care Centre. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 234, 64–73. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.220