Abstract


Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang penulis lakukan ditemukan beberapa hal yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu masih terbatasnya penggunaan multimedia pembelajaran nilai agama dan moral, metode pembelajaran kurang bervariasi, dan pembelajaran masih menggunakan lembar kerja siswa sehingga perlu inovasi multimedia pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan multimedia pembelajaran permainan edukatif yang teruji validitasnya, kepraktisannya, keefektifannya. Metode penelitian menggunakan kombinasi pengembangan model Alessi & Trollip dan evaluasi formatif dari Tessmer. Produk multimedia pembelajaran divalidasi oleh ahli para ahli yaitu ahli materi dan media kemudian diujicobakan penggunaannya dalam uji coba individu, kelompok kecil, dan lapangan untuk menguji kepraktisan dan keefektifan penggunaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan teruji validitas, praktikalitas, dan efektifitasnya dibuktikan dengan hasil 93,57% kategori baik sekali. Dengan demikian pengembangan multimedia pembelajaran permaianan edukatif yang dikembangkan  dinyatakan valid, praktis, dan efektif.


Keywords


multimedia; pembelajaran; permainan edukatif; nilai agama dan moral