Multimedia Pembelajaran Permainan Edukatif untuk Mengembangkan Aspek Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini

Author


Sri Suharti(1Mail), Mulyadi Eko Purnomo(2), Karoma Karoma(3),
Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia(1)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia(2)
Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 559KB]

Published : 2023-12-31

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 38 times PDF Downloaded: 11 times

Abstract


Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang penulis lakukan ditemukan beberapa hal yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu masih terbatasnya penggunaan multimedia pembelajaran nilai agama dan moral, metode pembelajaran kurang bervariasi, dan pembelajaran masih menggunakan lembar kerja siswa sehingga perlu inovasi multimedia pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan multimedia pembelajaran permainan edukatif yang teruji validitasnya, kepraktisannya, keefektifannya. Metode penelitian menggunakan kombinasi pengembangan model Alessi & Trollip dan evaluasi formatif dari Tessmer. Produk multimedia pembelajaran divalidasi oleh ahli para ahli yaitu ahli materi dan media kemudian diujicobakan penggunaannya dalam uji coba individu, kelompok kecil, dan lapangan untuk menguji kepraktisan dan keefektifan penggunaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan teruji validitas, praktikalitas, dan efektifitasnya dibuktikan dengan hasil 93,57% kategori baik sekali. Dengan demikian pengembangan multimedia pembelajaran permaianan edukatif yang dikembangkan  dinyatakan valid, praktis, dan efektif.


Keywords


multimedia; pembelajaran; permainan edukatif; nilai agama dan moral

References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866.

Adpriyadi, A. (2018). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Perspektif Ki Hajar Dewantara. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 34-40. https://doi.org/10.14421/jga.2016.12-01.

Aisyah, A. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 77–84. https://doi.org/10.24903/jw.v5i2.528

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Apsari, Y., Lisdawati, I., & Mulyani, E. R. (2020). Alat Permainan Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 3(1), 38-47. https://doi.org/10.310675/abdimas.v1i1.31.

Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224-229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224

Arum, R. P., Sholehah, A. M. A., & Fatmawati, F. (2021). Pemanfaatan Game Online Sebagai Permainan Edukatif Modern Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak. Jurnal Buah Hati, 8(1), 33-48. https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1342.

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Aziz Al Mubarok, Ahmad Aly Syukron. (2021). Alat Permainan Edukatif Dalam Menanamkan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9 (1), 94-114. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.10103.

Badiro, D., Syuhendri, S., & Fathurohman, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Android Berbasis Teori Perubahan Konseptual Materi Tata Surya Dan Fase Bulan Mata Kuliah ipba. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 103-112. https://doi.org/10.36706/jipf.v6i1.7825.

Bastian, A., Zaliluddin, D., Ramdani, A. M., Informatika, P. S., Teknik, F., & Majalengka, U. (2019). Pengembangan Media Learning Game Al- Qur ’ an. Infotech, 5, 29–33.

Behnamnia, N., Kamsin, A., Ismail, M. A. B., & Hayati, S. A. (2022). A review of using digital game-based learning for preschoolers. In Journal of Computers in Education (Issue 0123456789). Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/s40692-022-00240-0

Creswell, J. W. (2016). Reflections on the MMIRA the future of mixed methods task force report. Journal of Mixed Methods Research, 10(3), 215-219. https://doi.org/10.1177/1558689816650298.

Dewi, N. P. A. P., & Agung, A. A. G. (2021). Game Education Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 149. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35439

Dewi, T. A., & Widyasari, C. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5691–5701. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3121

Dewi, N. P. A. P., & Agung, A. A. G. (2021). Game Education Berbasis Multimedia Interaktif Pada Aspek Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 149-157.https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35439.

Djamas, D., Tinedi, V., & Yohandri. (2018). Development of interactive multimedia learning materials for improving critical thinking skills. International Journal of Information and Communication Technology Education, 14(4), 66–84. https://doi.org/10.4018/IJICTE.2018100105

Fadlillah, M. (2017). Bermain dan Permainan. Kencana.

Gilutz, S. (2019). Child-Centered Design. Exploring Key Issues in Early Childhood and Technology, 12(1), 49–54. https://doi.org/10.4324/9780429457425-9

Gultom, O., Yus, A., & Sriadhi, S. (2021). Development of Interactive Learning Multimedia Reading Early Children’s Beginning. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 24–34. https://doi.org/10.33258/birle.v4i1.1552

Gustina, G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Edukatif Cari Kata Berbasis Android untuk Menstimulasi Pembelajaran HOTS. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 31–46. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.269

Hardiyanti, F. P., & Azizah, N. (2019). Multimedia of Educational Game for Disability Intellectual Learning Process: A Systematic Review. 296(Icsie 2018), 360–368. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.66

Harjanty, R., Rachman, S. A., & Hardianti, F. (2020). Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Model Parenting. Jurnal Ilmiah Global Education, 1(2), 156–169. https://doi.org/10.55681/jige.v1i2.49

Jumiati, J., Rahakabauw, H., & Budiarti, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital untuk Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1757–1760. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.630

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 tahun. Jurnal Warna, 2 (2), 15–28. https://doi.org/10.98679/warna.v1i2.2.

Khoiriah, M. A., Sujarwo, S., & Handayani, P. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Video Tutorial dan Gambar Terhadap Motivasi dan Kemandirian Belajar Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6360–6374. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3197

Kristanto, A., Mustaji, Mariono, A., Sulistiowati, & Afifah. (2019). Development of education game media for xii multimedia class students in vocational school. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012117

Lestari, N., & Wirasty, R. (2019). Pemanfaatan Multimedia Dalam Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Amaliah: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 3(2), 349-353. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.289.

M, A., & Trollip. (2001). Multimedia for Learning: Methods and Development. Perason Education. Inc.

Martin, T. (2013). Planning & Conducting Formatif Evaluation. Rountledge Toylor &Francis Group.

Muammar, Q. (2021). Pengembangan Alat Permainan Edukatif untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Sanabil.

Muazzomi, N. (2017). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Microsoft Powerpoint. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(1), 133–142. http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/110

Nasution, M. F., & Darwis, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 068074 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 45-54. https://doi.org/10.33342/egjppp.v2i2.23.

Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7607

Rahmi, A. A., Hizriyani, R., & Sopiah, C. (2022). Analisis Teori Hierarki of Needs Abraham Maslow Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 320–328. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.385

Rosalina, L. (2018). Pengembangan Game Edukatif Matematika Berbentuk Power Point Untuk Anak Usia 5-6 Tahun [Undergraduate Thesis]. Universitas Sriwijaya.

Saputri, D. Y., Rukayah, R., & Indriayu, M. (2018). Need Assessment of Interactive Multimedia Based on Game in Elementary School: A Challenge into Learning in 21st Century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1–8. https://doi.org/10.24331/ijere.411329

Sasongko, N. D. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Mengenal Konsep dan Lambang Bilangan PAUD. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 82. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3571

Spector, J. M., Merrill, M. D., Elen, J., & Bishop, M. J. (2014). Handbook of research on educational communications and technology: Fourth edition. Handbook of Research on Educational Communications and Technology: Fourth Edition, 1–1005. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5

Suningsih, T., Rahelly, Y., & Rukiyah. (2020). Development of Interactive Multimedia on Material Introduction the Wild Animal in Kindergarten: Research and Development in Early Childhood Teacher Education Program. ASSEHR Journal, 44(2), 1–4. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.001

Supandi, S., Hamid, F., Musayyadah, M., Sahibudin, M., & Wardi, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Bag untuk Keaksaraan (Arab dan Latin) Awal pada Anak TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5850–5862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3203

Susanty, M., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4493–4506. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2622

Syafdaningsih, & Suningsih, T. (2020). Development of authentic assessment model in the field of mathematic for early childhood in Palembang City. Journal of Physics: Conference Series, 1480(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1480/1/012077

Syafrizal, A., Andika, R., & Panggabean, A. P. (2018). Perancangan Game Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan HTML 5 Berbasis Multimedia Interaktif. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.1002/2452155.

Vitianingsih, A. V. (2017). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1). https://doi.org/10.25139/inform.v1i1.220

Wahidah, A. S., & Farida, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Dalam Meningkatkan Aspek Nilai Agama Dan Moral Di Ra an-Nur Dero. Kurikula : Jurnal Pendidikan, 5(2), 156–194. https://doi.org/10.56997/kurikula.v5i2.715


Refbacks

  • There are currently no refbacks.