Pengaruh Aktivitas Membaca Nyaring pada Pembentukan Karakter Anak Usia Dini

Author


Siti Sekar Ayu Fadillah(1Mail), Zazirah S(2), Eva Fitria Yulianty(3), Yuliana Eva Riany(4),
Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak, IPB University, Indonesia(1)
Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak, IPB University, Indonesia(2)
Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak, IPB University, Indonesia(3)
Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak, IPB University, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2024-07-20

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 304 times PDF Downloaded: 126 times

Abstract


Perkembangan anak usia dini merupakan hal penting yang harus orang tua lakukan pemantauan sekaligus stimulasi. Masa ini, menjadi momen yang paling tepat untuk mengajarkan dan menumbuh kembangkan berbagai aspek perkembangan termasuk nilai moral dan karakter. Karakter berperan besar dalam membangun kepribadian anak, diantaranya memberikan dampak pada anak untuk memiliki perilaku baik. Selain itu, karakter juga berdampak terhadap kualitas interaksi sosial, rasa percaya diri serta ketahanan anak dalam menghadapi masalah saat ia dewasa. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan melakukan sebar angket melalui google form sebanyak 59 orang ibu di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor yang tergabung dalam sebuah komunitas Bogor Read Aloud. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah kegiatan membaca nyaring berperan dalam pembentukan karakter anak. Hasil penelitian ini menunjukkan stimulus membaca nyaring pada pembentukan karakter anak hanya 3.3%. Temuan lain di dalam penelitian ini adalah peran pola asuh menjadi faktor penting dalam pembentukan karakter.


Keywords


anak usia dini, pembentukan karakter, membaca nyaring, pengasuhan anak

References


Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24

Althof, W., & Berkowitz*, M. W. (2006). Moral education and character education: their relationship and roles in citizenship education. Journal of Moral Education, 35(4), 495– 518. https://doi.org/10.1080/03057240601012204

Annisa, Choirul. (2022). Peran Ibu Terhadap Karakter Anak Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Dan Pola Asuh. Prosiding ANSOPS 2nd Annual Conference of Pesantren Studies.

Annisa, Choirul. (2019). Kajian neurosains: Rasionalisasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika berbasis strategi metakognitif. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 7(2).

Anggraeni Dwiyani,Rafiyanti Syawalia. (2022). Pengaruh Dongeng terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tanbusai, 6(1), https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3296

Ambariani, A., & Rakimahwati, R. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6065-6073. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4326

Badhwar, N. K. (2017). Moral Character. In International Encyclopedia of Ethics (pp. 1–13). https://doi.org/10.1002/9781444367072.wbiee354.pub2

Daniels, Elizabeth., Mandleco, Barbara., Luthy, K. E. (2012). Assessment, management, and prevention of childhood temper tantrums. Journal of the American Academy of Nurse Practitioners, 24(10), 569–573. https://doi.org/10.1111/j.1745-7599.2012.00755.x

Djamarah, S. B. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. PT. Rineka Cipta.

Dewi, I., Haryati, E., & Chandra, A. (2023). Story Telling dan Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5531-5538. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5162

Fitroh S. F, Sari E. D. N. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 76-149

Hastuti, Dwi. (2015). Pengasuhan Teori, Prinsip dan Aplikasinya di Indonesia. Bogor: IPB Press

Herawati, N. I. (2011). Menghadapi Anak Usia Dini yang Temper Tantrum. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Hewi, L. A. (2015). Kemandirian usia dini di suku bajo. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 76. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.091

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 28-38.

Islamiah, Fajriyatul., Fridani, Lara., Supena, A. (2019). Konsep Pendidikan Hafidz Qur’an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 30. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.132

Jim Trelease. (2006). The Read-Aloud Handbook). Penguin Books: Jakarta

Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26777

Munthe, A. P., & Halim, D. (2019). Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar. Satya Widya, 35(2), 98–111. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p98-111

Moleong, J, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mustafa, M. S. (2016). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Di Madrasah Tahfidz Al-Qur’an Al-Imam ’Ashim Tidung Mariolo, Makassar. Al-Qalam, 18(2), 245. https://doi.org/10.31969/alq.v18i2.73

Ratna Megawangi. (2009). Menyemai Benih Karakter. Jakarta: Indonesia heritage foundation

Rusadi, B. E. (2018). Implementasi Pembelajaran Tahfiz Al-Quran Mahasantri Pondok Pesantren Nurul Quran Tangerang Selatan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 162–173. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i1.1920

Rustini Tin. (2018). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Dini Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10321

Robinson, A. (2021). A Comparison Between Preschool Teachers’ Read-Aloud Techniques With Fictional and Informational Picture Books in Small Groups. Reading Horizons: A Journal of Literacy and Language Arts, 60 (1). https://scholarworks.wmich.edu/reading_horizons/vol60/iss1/5

Santrock, J. W. (2007). Child Development, Eleven edition, McGraw Hill International Edition: 2007.

Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Halaman, 2(1), 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v2i1p1-19.305

Soehendro, P. (2011). Bercerita pada anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional. (Online). (diacu pada Juli, 04 2024). (diakses pada: https://repositori.kemdikbud.go.id/578/1/24%20BERCERITA%20PADA%20ANAK.pdf)

Thomas Lickona. (2012). Educating For Character, Mendidik untuk Membentuk Karakter. Bumi Aksara). 81.

Turan, F., & Ulutas, I. (2016). Using Storybooks as a Character Education Tools. Journal of Education and Practice, 7, 169-176.

Ulfa Danni Rosada. (2016). Memperkuat Karakter Anak Melalui Dongeng Berbasis Media Visual. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(1). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/583

Yunika Nurheliza. (2019). Hubungan Konsep Diri dengan Perilaku Moral Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 2019, 2(3), Pages 73-80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.