- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Urgensi Shared Book Reading at Home Pada Kemampuan Membaca Anak Usia 4-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5805Keywords:
anak usia dini, kemampuan membaca, shared book readingAbstract
Kegiatan membaca buku bersama atau Shared Book Reading (SBR) merupakan kegiatan membaca bersama yang dilakukan orang tua dengan anaknya di rumah. Kegiatan SBR memiliki pengaruh dan kaitannya dengan kemampuan membaca anak, sehingga SBR menjadi hal yang sangat signifikan untuk diimplementasikan dan dibiasakan oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat urgensi pelaksanaan SBR pada kemampuan membaca anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian orang tua yang memiliki anak usia 4-6 tahun di Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu survei, dilakukan dengan pengisian kuesioner melalui Google Form. Tahap analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SBR memiliki urgensi terhadap kemampuan membaca anak usia 4-6 tahun. Namun, dalam mengoptimalkan SBR diperlukan adanya faktor penunjang seperti pengadaan fasilitas berupa buku bacaan, lingkungan literasi yang nyaman di rumah, serta pendampingan kegiatan SBR yang lebih maksimal.
Downloads
References
Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., & Munthe, S. A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan.
Altani, A., Protopapas, A., Katopodi, K., & Georgiou, G. K. (2020). From individual word recognition to word list and text reading fluency. Journal of Educational Psychology, 112(1), 22–39. https://doi.org/10.1037/edu0000359
Aryani, R., & Fuziah, P. Y. (2021). Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Disleksia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1127–1137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.645
Chairilsyah, D. (2019). Web-Based Application to Measure Motoric Development of Early Childhood. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13, 1–14. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPUD.131.01
Chandra, C., Rahman, R., Damaianti, V. S., & Syaodih, E. (2021). Krisis Kemampuan Membaca Lancar Anak Indonesia Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 903–910. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.848
DESY, H. (2020). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di Paud Hasanuddin Majedi Banjarmasin. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 1(2), 37–44. https://doi.org/10.37905/jjll.v1i2.9227
Dimosthenous, A., Kyriakides, L., & Panayiotou, A. (2020). Short- and long-term effects of the home learning environment and teachers on student achievement in mathematics: A longitudinal study. In School Effectiveness and School Improvement (Vol. 31, Issue 1, pp. 50–79). Taylor & Francis. https://doi.org/10.1080/09243453.2019.1642212
Fahitah, I., & Watini, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kartu Huruf. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 105–117. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.7603
Fajrin, N. P., & Purwastuti, L. A. (2022). Keterlibatan Orang tua dalam Pengasuhan Anak pada Dual Earner Family: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2725–2734. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1044
Guo, Y., Puranik, C., Kelcey, B., Sun, J., Dinnesen, M. S., & Breit-Smith, A. (2021). The Role of Home Literacy Practices in Kindergarten Children’s Early Writing Development: A One-Year Longitudinal Study. Early Education and Development, 32(2), 209–227. https://doi.org/10.1080/10409289.2020.1746618
Hermawati, N. S., & Sugito, S. (2021). Peran Orang Tua dalam Menyediakan Home Literacy Environment (HLE) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1367–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1706
Indonesia. (1990). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 1990 tentang Pendidikan Prasekolah. Jakarta.
Ismaniar, Jamaris, & Wisroni. (2019). Improving Children’ 's Early Reading Skills Using Home Environmental Print Model. 382(Icet), 403–406. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.101
Irhandayaningsih, A. (2019). Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 3(2), 109–118. https://doi.org/10.14710/anuva.3.2.109-118
Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Kucirkova, N., & Grøver, V. (2022). The Importance of Embodiment and Agency in Parents’ Positive Attitudes Towards Shared Reading with Their Children. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1007/s10643-022-01415-1
Laila, A. N., & Candraloka, O. R. (2019). Pemanfaatan Potensi Alam sebagai Alat Permainan Edukatif di PAUD Delima Jobokuto Jepara. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 76. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.2883
Meilasari, D., & Diana, R. R. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Literasi Pada Anak Usia Dini. JEA (Jurnal Eduakasi AUD), 8(1), 41–55. https://doi.org/10.18592/jea.v8i1.6364
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook, 2nd ed. In Qualitative data analysis: An expanded sourcebook, 2nd ed. (pp. xiv, 338–xiv, 338). Sage Publications, Inc.
Nasrida, V., & Royanto, L. R. M. (2022). Mengoptimalkan Dukungan Ibu dalam Meningkatkan Minat Baca Anak di Situasi Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5209–5219. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2811
OECD Science, T. and I. O. (2023). OECD Science, Technology and Innovation Outlook 2023. https://www.oecd-ilibrary.org/science-and-technology/oecd-science-technology-and-innovation-outlook-2023_0b55736e-en
Puspitasari, C. A., Islamiyah, R., & Umami, Y. S. (2018). Pengaruh Intensitas Ibu Membacakan Dongeng Terhadap Perilaku Baik Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 37–41. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13344
Rakimahwati, R. (2018). Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 1–11. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.292
Republik Indonesia. (1989). Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Ritonga, F. R., & Fathiyah, K. N. (2023). Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penggunaan Media Big Book untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5907–5918. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4560
Rose, E., Lehrl, S., Ebert, S., & Weinert, S. (2018). Long-term relations between children’s language, the home literacy environment, and socioemotional development from ages 3 to 8. In Early Education and Development (Vol. 29, Issue 3, pp. 342–356). Taylor & Francis. https://doi.org/10.1080/10409289.2017.1409096
Rozi, M. F. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Taruna Poltekip Tingkat II Prodi Manajemen Pemasyarakatan. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 97–106. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i2.97-106
Setyaningsih, U., & Indrawati, I. (2022). Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3701–3713. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2340
Shunhaji, A., & Fadiyah, N. (2020). Efektivitas Alat Peraga Edukatif (APE) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Corporate Governance (Bingley), 10(1), 54–75. https://doi.org//10.51275/ALIM.V2I1.157
Silinskas, G., Torppa, M., Lerkkanen, M.-K., & Nurmi, J.-E. (2020). The home literacy model in a highly transparent orthography. In School Effectiveness and School Improvement (Vol. 31, Issue 1, pp. 80–101). Taylor & Francis. https://doi.org/10.1080/09243453.2019.1642213
Simanjuntak, G. M., Widyana, R., & Astuti, K. (2020). Pembelajaran Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Pra-Membaca Pada Anak Usia Pra-Sekolah. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 51–54. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.21082
Sinaga, E. S. (2019). Pengaruh Gender Anak Dan Kebiasaan Orang Tua Membacakan Buku Terhadap Kemampuan Literasi Awal Anak Usia Dini. JPP PAUD FKIP Untirta, 6(November 2019), 127–138. https://doi.org//10.30870/jpppaud.v6i2
Sinaga, E. S., Dhieni, N., & Sumadi, T. (2022). Pengaruh Lingkungan Literasi di Kelas terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. 6(1), 279–287. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Umiarso, U., Baharun, H., Zamroni, Z., Rozi, F., & Hidayati, N. (2021). Improving Children’s Cognitive Intelligence Through Literacy Management. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1588–1598. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1817
Van der Wilt, F., Smits-van der Nat, M., & van der Veen, C. (2022). Shared Book Reading in Early Childhood Education: Effect of Two Approaches on Children’s Language Competence, Story Comprehension, and Causal Reasoning. Journal of Research in Childhood Education, 36(4), 592–610. https://doi.org/10.1080/02568543.2022.2026540
Widodo, M. M., & Ruhaena, L. (2018). Lingkungan Literasi Di Rumah Pada Anak Pra Sekolah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.3059