Urgensi Shared Book Reading at Home Pada Kemampuan Membaca Anak Usia 4-6 Tahun

Authors

  • Novita Rahmadhini Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Jember, Indonesia https://orcid.org/0009-0009-7872-1282
  • Moniqa Rindri Brilian Amori Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Jember, Indonesia
  • Sha Zha Tanita Nur Riswanto Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Jember, Indonesia
  • Intan Muharommah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Jember, Indonesia
  • Senny Weyara Dienda Saputri Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5805

Keywords:

anak usia dini, kemampuan membaca, shared book reading

Abstract

Kegiatan membaca buku bersama atau Shared Book Reading (SBR) merupakan kegiatan membaca bersama yang dilakukan orang tua dengan anaknya di rumah. Kegiatan SBR memiliki pengaruh dan kaitannya dengan kemampuan membaca anak, sehingga SBR menjadi hal yang sangat signifikan untuk diimplementasikan dan dibiasakan oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat urgensi pelaksanaan SBR pada kemampuan membaca anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian orang tua yang memiliki anak usia 4-6 tahun di Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu survei, dilakukan dengan pengisian kuesioner melalui Google Form. Tahap analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SBR memiliki urgensi terhadap kemampuan membaca anak usia 4-6 tahun. Namun, dalam mengoptimalkan SBR diperlukan adanya faktor penunjang seperti pengadaan fasilitas berupa buku bacaan, lingkungan literasi yang nyaman di rumah, serta pendampingan kegiatan SBR yang lebih maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., & Munthe, S. A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan.

Altani, A., Protopapas, A., Katopodi, K., & Georgiou, G. K. (2020). From individual word recognition to word list and text reading fluency. Journal of Educational Psychology, 112(1), 22–39. https://doi.org/10.1037/edu0000359

Aryani, R., & Fuziah, P. Y. (2021). Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Disleksia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1127–1137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.645

Chairilsyah, D. (2019). Web-Based Application to Measure Motoric Development of Early Childhood. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13, 1–14. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPUD.131.01

Chandra, C., Rahman, R., Damaianti, V. S., & Syaodih, E. (2021). Krisis Kemampuan Membaca Lancar Anak Indonesia Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 903–910. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.848

DESY, H. (2020). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di Paud Hasanuddin Majedi Banjarmasin. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 1(2), 37–44. https://doi.org/10.37905/jjll.v1i2.9227

Dimosthenous, A., Kyriakides, L., & Panayiotou, A. (2020). Short- and long-term effects of the home learning environment and teachers on student achievement in mathematics: A longitudinal study. In School Effectiveness and School Improvement (Vol. 31, Issue 1, pp. 50–79). Taylor & Francis. https://doi.org/10.1080/09243453.2019.1642212

Fahitah, I., & Watini, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kartu Huruf. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 105–117. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.7603

Fajrin, N. P., & Purwastuti, L. A. (2022). Keterlibatan Orang tua dalam Pengasuhan Anak pada Dual Earner Family: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2725–2734. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1044

Guo, Y., Puranik, C., Kelcey, B., Sun, J., Dinnesen, M. S., & Breit-Smith, A. (2021). The Role of Home Literacy Practices in Kindergarten Children’s Early Writing Development: A One-Year Longitudinal Study. Early Education and Development, 32(2), 209–227. https://doi.org/10.1080/10409289.2020.1746618

Hermawati, N. S., & Sugito, S. (2021). Peran Orang Tua dalam Menyediakan Home Literacy Environment (HLE) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1367–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1706

Indonesia. (1990). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 1990 tentang Pendidikan Prasekolah. Jakarta.

Ismaniar, Jamaris, & Wisroni. (2019). Improving Children’ 's Early Reading Skills Using Home Environmental Print Model. 382(Icet), 403–406. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.101

Irhandayaningsih, A. (2019). Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 3(2), 109–118. https://doi.org/10.14710/anuva.3.2.109-118

Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Kucirkova, N., & Grøver, V. (2022). The Importance of Embodiment and Agency in Parents’ Positive Attitudes Towards Shared Reading with Their Children. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1007/s10643-022-01415-1

Laila, A. N., & Candraloka, O. R. (2019). Pemanfaatan Potensi Alam sebagai Alat Permainan Edukatif di PAUD Delima Jobokuto Jepara. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 76. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.2883

Meilasari, D., & Diana, R. R. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Literasi Pada Anak Usia Dini. JEA (Jurnal Eduakasi AUD), 8(1), 41–55. https://doi.org/10.18592/jea.v8i1.6364

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook, 2nd ed. In Qualitative data analysis: An expanded sourcebook, 2nd ed. (pp. xiv, 338–xiv, 338). Sage Publications, Inc.

Nasrida, V., & Royanto, L. R. M. (2022). Mengoptimalkan Dukungan Ibu dalam Meningkatkan Minat Baca Anak di Situasi Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5209–5219. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2811

OECD Science, T. and I. O. (2023). OECD Science, Technology and Innovation Outlook 2023. https://www.oecd-ilibrary.org/science-and-technology/oecd-science-technology-and-innovation-outlook-2023_0b55736e-en

Puspitasari, C. A., Islamiyah, R., & Umami, Y. S. (2018). Pengaruh Intensitas Ibu Membacakan Dongeng Terhadap Perilaku Baik Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 37–41. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13344

Rakimahwati, R. (2018). Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 1–11. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.292

Republik Indonesia. (1989). Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Ritonga, F. R., & Fathiyah, K. N. (2023). Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penggunaan Media Big Book untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5907–5918. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4560

Rose, E., Lehrl, S., Ebert, S., & Weinert, S. (2018). Long-term relations between children’s language, the home literacy environment, and socioemotional development from ages 3 to 8. In Early Education and Development (Vol. 29, Issue 3, pp. 342–356). Taylor & Francis. https://doi.org/10.1080/10409289.2017.1409096

Rozi, M. F. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Taruna Poltekip Tingkat II Prodi Manajemen Pemasyarakatan. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 97–106. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i2.97-106

Setyaningsih, U., & Indrawati, I. (2022). Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3701–3713. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2340

Shunhaji, A., & Fadiyah, N. (2020). Efektivitas Alat Peraga Edukatif (APE) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Corporate Governance (Bingley), 10(1), 54–75. https://doi.org//10.51275/ALIM.V2I1.157

Silinskas, G., Torppa, M., Lerkkanen, M.-K., & Nurmi, J.-E. (2020). The home literacy model in a highly transparent orthography. In School Effectiveness and School Improvement (Vol. 31, Issue 1, pp. 80–101). Taylor & Francis. https://doi.org/10.1080/09243453.2019.1642213

Simanjuntak, G. M., Widyana, R., & Astuti, K. (2020). Pembelajaran Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Pra-Membaca Pada Anak Usia Pra-Sekolah. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 51–54. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.21082

Sinaga, E. S. (2019). Pengaruh Gender Anak Dan Kebiasaan Orang Tua Membacakan Buku Terhadap Kemampuan Literasi Awal Anak Usia Dini. JPP PAUD FKIP Untirta, 6(November 2019), 127–138. https://doi.org//10.30870/jpppaud.v6i2

Sinaga, E. S., Dhieni, N., & Sumadi, T. (2022). Pengaruh Lingkungan Literasi di Kelas terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. 6(1), 279–287. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Umiarso, U., Baharun, H., Zamroni, Z., Rozi, F., & Hidayati, N. (2021). Improving Children’s Cognitive Intelligence Through Literacy Management. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1588–1598. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1817

Van der Wilt, F., Smits-van der Nat, M., & van der Veen, C. (2022). Shared Book Reading in Early Childhood Education: Effect of Two Approaches on Children’s Language Competence, Story Comprehension, and Causal Reasoning. Journal of Research in Childhood Education, 36(4), 592–610. https://doi.org/10.1080/02568543.2022.2026540

Widodo, M. M., & Ruhaena, L. (2018). Lingkungan Literasi Di Rumah Pada Anak Pra Sekolah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.3059

Downloads

Additional Files

Published

07-08-2024

How to Cite

Rahmadhini, N., Amori, M. R. B., Riswanto, S. Z. T. N., Muharommah, I., & Saputri, S. W. D. (2024). Urgensi Shared Book Reading at Home Pada Kemampuan Membaca Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(3), 635–647. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5805

Issue

Section

Articles