- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Penanaman Nilai - Nilai Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di Sekolah Multikultural
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5767Keywords:
nilai-nilai toleransi, anak usia dini, sekolah multikulturalAbstract
Toleransi merupakan salah satu nilai karakter yang wajib diajarkan pada pendidikan anak usia dini. Salah satu jenis toleransi yang ada adalah toleransi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penanaman nilai-nilai toleransi pada anak usia 5-6 tahun di sekolah multikultural. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman yaitu dengan menggunakan Interactive model yang terdiri dari Data Reduction, Display Data, dan Verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini dalam pembentukan karakter toleransi di lingkungan sekolah multikultural di awali dengan adanya perencanaan. Kemudian, Penanaman sikap toleransi dituangkan dalam aktivitas belajar. Penanaman nilai-nilai agama dan moral yang diajarkan dalam konsep pembelajaran multikultural akan menjadikan anak memiliki sikap toleransi terhadap sesama, memiliki pengetahuan tentang menghargai dan menghormati perbedaan, serta memiliki keterampilan untuk menerapkan pengetahuan dan sikap tersebut dalam berinteraksi dengan teman sebaya.
Downloads
References
Abdulloh. (2001). Pluralisme Agama Dan Kerukunan Dalam Keagamaan. Kompas.
Adams, L. D., & Ebbeck, M. (1997). The Early Years and the Development of Tolerance. International Journal of Early Years Education, 5(2), 101–106. https://doi.org/10.1080/0966976970050202
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Anggita, I. S., & Suryadilaga, M. A. (2021). Mengajarkan Rasa Toleransi Beragama Pada Anak Usia Dini Dalam Persepektif Hadis. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 110–118. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/12538
Bakar, A. (2015). Konsep Toleransi dan Kebebasan Beragama. TOLERANSI: Media Komunikasi Umat Beraga,A, 7(2), 123–131. https://media.neliti.com/media/publications/40377-ID-konsep-toleransi-dan-kebebasan-beragama.pdf
Chairilsyah, D. (2019). Raising Tolerant Attitude to Children. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(3), 81–90. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i3.38
Hasanah, U. (2018). Metode Pengembangan Moral Dan Disiplin Bagi Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1), 91–116. https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.1.91-116
Ilmi, I., Kurniasih, I., & Abidin, J. (2021). Penanaman Sikap Toleransi pada Anak Usia Dini melalui Pola Pembiasaan (Studi Kasus di TK Meraih Bintang Pangandaran, Jawa Barat). Al-Idrak: Jurnal Pendidikan Islam Dan Budaya, 1(2), 158–167. https://jurnal.stitalihsan.ac.id/index.php/alidrak/article/view/21/12
Karima, N. C., Ashilah, S. H., Kinasih, A. S., Taufiq, P. H., & Hasnah, L. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Agama dan Moral Terhadap Anak Usia Dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 17(2), 273–292. https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i2.6482
Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, 137 (2014).
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Novrinda, Kurniah, N., & Yulidesni. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Potensia, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526
Nurhayati, D. A. (2023). Toleransi Budaya Dalam Masyarakat Multikultur (Studi Kasus Peran Masyarakat Dalam Menoleransi Pendatang di Kota Serang). Prosiding Seminar Nasional Komunikasi, Administrasi Negara Dan Hukum, 1(1), 95–102. https://doi.org/10.30656/senaskah.v1i1.187
Nurma, & Purnama, S. (2022). Penanaman Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini di TK Harapan Bunda Woyla Barat. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 53–62. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/download/11531/7002
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Putri, N. R. (2021). Kurangnya Sikap Toleransi Sudah Jadi Hal Biasa bagi Warga Indonesia? Kompasiana. https://www.kompasiana.com/noviaramadhanti/6088de0b8ede48170f32aa12/kurangnya-sikap-toleransi-sudah-jadi-hal-biasa-bagi-warga-indonesia
Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
Ritonga, S. (2021). Penanaman Nilai dan Pembentukan Sikap pada Anak Melalui Metode Keteladanan dan Pembiasaan dalam Keluarga. Kaisa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 131–141. http://ejournal.kampusmelayu.ac.id/index.php/kaisa/article/view/290
Sakallı, Ö., Tlili, A., Altınay, F., Karaatmaca, C., Altınay, Z., & Dağlı, G. (2021). The Role of Tolerance Education in Diversity Management: A Cultural Historical Activity Theory Perspective. SAGE Open, 11(4). https://doi.org/10.1177/21582440211060831
Sri Wulan Anggraeni, Harmawati, Yufika Utari, & Yayan Alpian. (2022). Analisis Nilai Karakter Yang Termuat Dalam Buku Cerita Anak Kisah Pangeran Bangsa. Buana Ilmu, 7(1), 172–200. https://doi.org/10.36805/bi.v7i1.3026
Sulaeka, B., & Susanto, R. (2023). Peran dan Strategi Guru dalam Penanaman Nilai Toleransi sebagai Upaya Meminimalisir Terjadinya Bullying antar Sesama Siswa di Sekolah Dasar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 8(1), 137–143. https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi%0APeran
Syamsudin, A. (2012). Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 105–112. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/viewFile/3018/2511
Tirza, J., Cendana, W., & Araini, T. K. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini tentang Toleransi Beragama sebagai Implementasi Sila Pertama Pancasila. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 101–108. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.6915
Watson, K. (2017). Talking Tolerance Inside the “Inclusive†Early Childhood Classroom. Occasional Paper Series, 2016(36), 1–15. https://doi.org/10.58295/2375-3668.1163
Zahro, A., Eliyanah, E., Pratiwi, Y., Hastuti, W. D., Hassan, H., & Nurjannah, A. A. (2022). The Development of Tolerance-Promoting Children’s Stories as Instructional Media in Elementary School. Proceedings of the 2nd World Conference on Gender Studies (WCGS 2021), 649, 104–110. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220304.015
Zain, A. (2020). Strategi Penanaman Toleransi Beragama Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 97–111. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4987
Zaini. (2010). Penguatan Pendidikan Toleransi Sejak Usia Dini. TOLERANSI: Media Komunikasi Umat Beraga,A, 2(1), 16–30. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi/article/view/423/404