Penanaman Nilai - Nilai Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di Sekolah Multikultural

Authors

  • Sri Mardianti Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Nur Cholimah Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Fitri Tjiptasari Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5767

Keywords:

nilai-nilai toleransi, anak usia dini, sekolah multikultural

Abstract

Toleransi merupakan salah satu nilai karakter yang  wajib diajarkan pada pendidikan anak usia  dini.  Salah satu  jenis toleransi  yang ada adalah toleransi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penanaman nilai-nilai toleransi pada anak usia 5-6 tahun di sekolah multikultural. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman yaitu dengan menggunakan Interactive model yang terdiri dari Data Reduction, Display Data, dan Verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini dalam pembentukan karakter toleransi di lingkungan sekolah multikultural di awali dengan adanya perencanaan. Kemudian, Penanaman sikap toleransi dituangkan dalam aktivitas belajar. Penanaman nilai-nilai agama dan moral yang diajarkan dalam konsep pembelajaran multikultural akan menjadikan anak memiliki sikap toleransi terhadap sesama, memiliki pengetahuan tentang menghargai dan menghormati perbedaan, serta memiliki keterampilan untuk menerapkan pengetahuan dan sikap tersebut dalam berinteraksi dengan teman sebaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulloh. (2001). Pluralisme Agama Dan Kerukunan Dalam Keagamaan. Kompas.

Adams, L. D., & Ebbeck, M. (1997). The Early Years and the Development of Tolerance. International Journal of Early Years Education, 5(2), 101–106. https://doi.org/10.1080/0966976970050202

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Anggita, I. S., & Suryadilaga, M. A. (2021). Mengajarkan Rasa Toleransi Beragama Pada Anak Usia Dini Dalam Persepektif Hadis. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 110–118. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/12538

Bakar, A. (2015). Konsep Toleransi dan Kebebasan Beragama. TOLERANSI: Media Komunikasi Umat Beraga,A, 7(2), 123–131. https://media.neliti.com/media/publications/40377-ID-konsep-toleransi-dan-kebebasan-beragama.pdf

Chairilsyah, D. (2019). Raising Tolerant Attitude to Children. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(3), 81–90. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i3.38

Hasanah, U. (2018). Metode Pengembangan Moral Dan Disiplin Bagi Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1), 91–116. https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.1.91-116

Ilmi, I., Kurniasih, I., & Abidin, J. (2021). Penanaman Sikap Toleransi pada Anak Usia Dini melalui Pola Pembiasaan (Studi Kasus di TK Meraih Bintang Pangandaran, Jawa Barat). Al-Idrak: Jurnal Pendidikan Islam Dan Budaya, 1(2), 158–167. https://jurnal.stitalihsan.ac.id/index.php/alidrak/article/view/21/12

Karima, N. C., Ashilah, S. H., Kinasih, A. S., Taufiq, P. H., & Hasnah, L. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Agama dan Moral Terhadap Anak Usia Dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 17(2), 273–292. https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i2.6482

Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, 137 (2014).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Novrinda, Kurniah, N., & Yulidesni. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Potensia, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526

Nurhayati, D. A. (2023). Toleransi Budaya Dalam Masyarakat Multikultur (Studi Kasus Peran Masyarakat Dalam Menoleransi Pendatang di Kota Serang). Prosiding Seminar Nasional Komunikasi, Administrasi Negara Dan Hukum, 1(1), 95–102. https://doi.org/10.30656/senaskah.v1i1.187

Nurma, & Purnama, S. (2022). Penanaman Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini di TK Harapan Bunda Woyla Barat. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 53–62. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/download/11531/7002

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Putri, N. R. (2021). Kurangnya Sikap Toleransi Sudah Jadi Hal Biasa bagi Warga Indonesia? Kompasiana. https://www.kompasiana.com/noviaramadhanti/6088de0b8ede48170f32aa12/kurangnya-sikap-toleransi-sudah-jadi-hal-biasa-bagi-warga-indonesia

Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Ritonga, S. (2021). Penanaman Nilai dan Pembentukan Sikap pada Anak Melalui Metode Keteladanan dan Pembiasaan dalam Keluarga. Kaisa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 131–141. http://ejournal.kampusmelayu.ac.id/index.php/kaisa/article/view/290

Sakallı, Ö., Tlili, A., Altınay, F., Karaatmaca, C., Altınay, Z., & Dağlı, G. (2021). The Role of Tolerance Education in Diversity Management: A Cultural Historical Activity Theory Perspective. SAGE Open, 11(4). https://doi.org/10.1177/21582440211060831

Sri Wulan Anggraeni, Harmawati, Yufika Utari, & Yayan Alpian. (2022). Analisis Nilai Karakter Yang Termuat Dalam Buku Cerita Anak Kisah Pangeran Bangsa. Buana Ilmu, 7(1), 172–200. https://doi.org/10.36805/bi.v7i1.3026

Sulaeka, B., & Susanto, R. (2023). Peran dan Strategi Guru dalam Penanaman Nilai Toleransi sebagai Upaya Meminimalisir Terjadinya Bullying antar Sesama Siswa di Sekolah Dasar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 8(1), 137–143. https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi%0APeran

Syamsudin, A. (2012). Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 105–112. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/viewFile/3018/2511

Tirza, J., Cendana, W., & Araini, T. K. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini tentang Toleransi Beragama sebagai Implementasi Sila Pertama Pancasila. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 101–108. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.6915

Watson, K. (2017). Talking Tolerance Inside the “Inclusive†Early Childhood Classroom. Occasional Paper Series, 2016(36), 1–15. https://doi.org/10.58295/2375-3668.1163

Zahro, A., Eliyanah, E., Pratiwi, Y., Hastuti, W. D., Hassan, H., & Nurjannah, A. A. (2022). The Development of Tolerance-Promoting Children’s Stories as Instructional Media in Elementary School. Proceedings of the 2nd World Conference on Gender Studies (WCGS 2021), 649, 104–110. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220304.015

Zain, A. (2020). Strategi Penanaman Toleransi Beragama Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 97–111. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4987

Zaini. (2010). Penguatan Pendidikan Toleransi Sejak Usia Dini. TOLERANSI: Media Komunikasi Umat Beraga,A, 2(1), 16–30. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi/article/view/423/404

Downloads

Published

29-12-2023

How to Cite

Mardianti, S., Cholimah, N., & Tjiptasari, F. (2023). Penanaman Nilai - Nilai Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di Sekolah Multikultural. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7476–7483. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5767

Issue

Section

Articles