Abstract


Pengadaan dan pengembangan media pembelajaran anak usia dini dapat dilakukan dengan cara pembuatan dan pemanfaatan lingkungan sekitar menggunakan metode Steam Loose Part. Penelitian ini dilakukan di tujuh lembaga PAUD. Metode yang digunakan yaitu pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi. Prosedur dalam penelitian ini menggunakan model lima tahap (Mantap) yang dimodifikasi dari model pengembangan Borg dan Gall, meliputi: tahap pendahuluan, tahap pengembangan model, tahap validasi model, tahap uji efektifitas, dan tahap diseminasi. Hasil kegiatan dalam penelitian pengabdian kepada masyarakat pengembangan Recycling limbah menggunakan metode Steam Loose Part termasuk pada kategori baik, dengan presentase 79,36%. Serangkaian kegiatan yang mengandung komponen Steam dan material Loose Part semuanya memiliki unsur dalam aspek perkembangan anak usia dini yang terdiri dari kognitif, fisik motorik, nilai agama dan moral, sosio emosional, bahasa dan seni.


Keywords


recycling limbah; steam loose part; pembelajaran anak usia dini