- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Recycling Limbah Menggunakan Metode Steam Loose Part pada Pembelajaran Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5757Keywords:
recycling limbah, steam loose part, pembelajaran anak usia diniAbstract
Pengadaan dan pengembangan media pembelajaran anak usia dini dapat dilakukan dengan cara pembuatan dan pemanfaatan lingkungan sekitar menggunakan metode Steam Loose Part. Penelitian ini dilakukan di tujuh lembaga PAUD. Metode yang digunakan yaitu pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi. Prosedur dalam penelitian ini menggunakan model lima tahap (Mantap) yang dimodifikasi dari model pengembangan Borg dan Gall, meliputi: tahap pendahuluan, tahap pengembangan model, tahap validasi model, tahap uji efektifitas, dan tahap diseminasi. Hasil kegiatan dalam penelitian pengabdian kepada masyarakat pengembangan Recycling limbah menggunakan metode Steam Loose Part termasuk pada kategori baik, dengan presentase 79,36%. Serangkaian kegiatan yang mengandung komponen Steam dan material Loose Part semuanya memiliki unsur dalam aspek perkembangan anak usia dini yang terdiri dari kognitif, fisik motorik, nilai agama dan moral, sosio emosional, bahasa dan seni.
Downloads
References
AECT Task Force on Definition and Terminology. (1979). The definition of educational technology. Association for Educational Communications and Technology.
Damayanti, A., Rachmatunnisa, S., & Rahmawati, L. (2020). Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Steam Dengan Media Loose Parts. Jurnal Buah Hati , 7(2), 74–90. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1124
Ellizah, D. L., Fadlaini, M., Aerin, W., Istiningsih, I., & Rokhimawan, M. A. (2020). Planning of PAUD Learning with STEAM (Science, Technology, Art, and Math) Approach. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 9(2), 67–72. https://doi.org/10.15294/ijeces.v9i2.39359
Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Berbasis STEAM and Loose Part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 15(2), 263–278. https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917
Kaenah, K., Utami, S. Y., Muawwanah, U., & Moha, L. (2023). Implementation of Loose Part Media to Increase Creativity in Early Childhood. Indonesian Journal of Early Childhood Educational Research, 1(2), 87–96. https://doi.org/10.31958/ijecer.v1i2.8157
Maarang, M., Khotimah, N., & Lily, N. M. (2023). Analisis Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran STEAM Berbasis Loose Parts. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 309–320. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.215
Masripah, I., Subhi, M. A., Stai, S., Bandung, J., & Barat, I. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Loose Part. IZZAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 16–22. https://izzan.stai-sabili.net/index.php/JM/article/view/14
Maya, F. S., & Atikah, C. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Basicedu, 7(4), 2418–2428. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5697
Novitasari, N., & Zaida, N. A. (2022). Pembelajaran STEAM Pada Anak Usia Dini. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE), 6(1), 69–82. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i1.330
Nur, A., Hakim, M., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2023). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Khirani, 1(2), 114–122. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i2.280
Nur, N., & Nugraha, M. S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di RA Al-Manshuriyah Kota Sukabumi. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 1(5), 73–93. https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i5.158
Oktavia Lestari, M., & Karim Halim, A. (2022). Penggunaan Media Loose Part dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Tunas Harapan. Jurnal Family Education, 2(3), 271–279. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i3.69
Putri, M. A., Wulandari, C., & Febriastuti, A. R. (2021). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEAM Berbahan Loose Parts dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 pada Anak Usia Dini. ABNA : Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 118–130. https://oldjournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/abna/article/view/4484
Ratna, A., Arbarini, M., & Loretha, A. F. (2023). Pembelajaran STEAM dengan Media Loose Parts di Kelompok Bermain Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3227–3240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4468
Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.17509/JPA.V6I1.48199
Saputri, P. M. (2020). Kompetensi Profesional Guru PAUD dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini Pada TK Al-Khairiyah Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/9197
Sukmawati, N. I., Ika, N., & Rakhmawati, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Critical Thinking And Problem Solving) Pada Anak Usia Dini. In Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1). https://journal-stiayappimakassar.ac.id/index.php/Concept/article/view/238
Sumarni, S. (2019). Model Penelitian dan Pengembangan (R&D) Lima Tahap (MANTAP).
Syafi’i, I., & Dianah, N. D. (2021). Pemanfaatan Loose Parts dalam Pembelajaran Steam pada Anak Usia Dini. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1203
Trinanda, M. A., & Yaswinda, Y. (2022). The Effect of Using Loose Parts Media on Critical Thinking Ability in Children Aged 5-6 Years in Learning in Kindergarten. Proceedings of the 6th International Conference of Early Childhood Education (ICECE-6 2021), 668, 46–49. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220602.010
Witarsa, R., & Alim, M. L. (2022). Kompetensi Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5799–5807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3258