Pengembangan Recycling Limbah Menggunakan Metode Steam Loose Part pada Pembelajaran Anak Usia Dini

Author


Robiatul Adawiyah(1Mail), Muhamad Nurholis(2), Muhamad Doni Tabrani(3), Yuri Alam Fathallah(4),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas La Tansa Mahiro, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam KH. Abdul Kabier, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 350KB]

Published : 2023-12-16

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 344 times PDF Downloaded: 233 times

Abstract


Pengadaan dan pengembangan media pembelajaran anak usia dini dapat dilakukan dengan cara pembuatan dan pemanfaatan lingkungan sekitar menggunakan metode Steam Loose Part. Penelitian ini dilakukan di tujuh lembaga PAUD. Metode yang digunakan yaitu pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi. Prosedur dalam penelitian ini menggunakan model lima tahap (Mantap) yang dimodifikasi dari model pengembangan Borg dan Gall, meliputi: tahap pendahuluan, tahap pengembangan model, tahap validasi model, tahap uji efektifitas, dan tahap diseminasi. Hasil kegiatan dalam penelitian pengabdian kepada masyarakat pengembangan Recycling limbah menggunakan metode Steam Loose Part termasuk pada kategori baik, dengan presentase 79,36%. Serangkaian kegiatan yang mengandung komponen Steam dan material Loose Part semuanya memiliki unsur dalam aspek perkembangan anak usia dini yang terdiri dari kognitif, fisik motorik, nilai agama dan moral, sosio emosional, bahasa dan seni.


Keywords


recycling limbah; steam loose part; pembelajaran anak usia dini

References


AECT Task Force on Definition and Terminology. (1979). The definition of educational technology. Association for Educational Communications and Technology.

Damayanti, A., Rachmatunnisa, S., & Rahmawati, L. (2020). Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Steam Dengan Media Loose Parts. Jurnal Buah Hati , 7(2), 74–90. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1124

Ellizah, D. L., Fadlaini, M., Aerin, W., Istiningsih, I., & Rokhimawan, M. A. (2020). Planning of PAUD Learning with STEAM (Science, Technology, Art, and Math) Approach. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 9(2), 67–72. https://doi.org/10.15294/ijeces.v9i2.39359

Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Berbasis STEAM and Loose Part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 15(2), 263–278. https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917

Kaenah, K., Utami, S. Y., Muawwanah, U., & Moha, L. (2023). Implementation of Loose Part Media to Increase Creativity in Early Childhood. Indonesian Journal of Early Childhood Educational Research, 1(2), 87–96. https://doi.org/10.31958/ijecer.v1i2.8157

Maarang, M., Khotimah, N., & Lily, N. M. (2023). Analisis Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran STEAM Berbasis Loose Parts. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 309–320. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.215

Masripah, I., Subhi, M. A., Stai, S., Bandung, J., & Barat, I. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Loose Part. IZZAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 16–22. https://izzan.stai-sabili.net/index.php/JM/article/view/14

Maya, F. S., & Atikah, C. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Basicedu, 7(4), 2418–2428. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5697

Novitasari, N., & Zaida, N. A. (2022). Pembelajaran STEAM Pada Anak Usia Dini. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE), 6(1), 69–82. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i1.330

Nur, A., Hakim, M., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2023). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Khirani, 1(2), 114–122. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i2.280

Nur, N., & Nugraha, M. S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di RA Al-Manshuriyah Kota Sukabumi. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 1(5), 73–93. https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i5.158

Oktavia Lestari, M., & Karim Halim, A. (2022). Penggunaan Media Loose Part dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Tunas Harapan. Jurnal Family Education, 2(3), 271–279. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i3.69

Putri, M. A., Wulandari, C., & Febriastuti, A. R. (2021). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEAM Berbahan Loose Parts dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 pada Anak Usia Dini. ABNA : Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 118–130. https://oldjournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/abna/article/view/4484

Ratna, A., Arbarini, M., & Loretha, A. F. (2023). Pembelajaran STEAM dengan Media Loose Parts di Kelompok Bermain Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3227–3240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4468

Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.17509/JPA.V6I1.48199

Saputri, P. M. (2020). Kompetensi Profesional Guru PAUD dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini Pada TK Al-Khairiyah Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/9197

Sukmawati, N. I., Ika, N., & Rakhmawati, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Critical Thinking And Problem Solving) Pada Anak Usia Dini. In Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1). https://journal-stiayappimakassar.ac.id/index.php/Concept/article/view/238

Sumarni, S. (2019). Model Penelitian dan Pengembangan (R&D) Lima Tahap (MANTAP).

Syafi’i, I., & Dianah, N. D. (2021). Pemanfaatan Loose Parts dalam Pembelajaran Steam pada Anak Usia Dini. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1203

Trinanda, M. A., & Yaswinda, Y. (2022). The Effect of Using Loose Parts Media on Critical Thinking Ability in Children Aged 5-6 Years in Learning in Kindergarten. Proceedings of the 6th International Conference of Early Childhood Education (ICECE-6 2021), 668, 46–49. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220602.010

Witarsa, R., & Alim, M. L. (2022). Kompetensi Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5799–5807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3258


Refbacks

  • There are currently no refbacks.