Abstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kelompok Bermain Nur Masithah Sampang. Penelitian dengan kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data: wawancara kepada 1 kepala sekolah, 3 guru dan 2 orang tua. Teknik pengolahan data: reduksi, penyajia data dan penyimpulan. Teknik keabsahan data dengan kredibelitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian: tahap perencanaan kurikulum: (1) analisis kebutuhan: analisis internal yakni alat permainan edukatif, guru dan perlengkapan pembelajaran. Analisis eksternal yakni masukan orang tua dan kebijakan pemerintah. (2) landasan filosofi: Al-Qur’an, Hadits, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Peraturan Pemerintah, dan Peraturan Presiden. (3) desain kurikulum: merancang kurikulum melalui permainan edukatif, pendidikan agama dan olahraga; validasi kurikulum oleh pengawas pendidikan anak usia dini dan dinas pendidikan kabupaten; implementasi kurikulum dengan 2 hari permianan edukatif, 1 hari pendidikan agama dan 1 hari olah raga; evaluasi kurikulum melalui raport siswa. (4) rencana induk pengembangan: penyediaan alat permainan edukatif, pelatihan guru dan mengikutkan lomba. Kesimpulan: proses perencanaan kurikulum terlaksana dengan baik dan menghasilkan kurikulum sesuai yang diinginkan sekolah dan masyarakat.